Wednesday, December 28, 2016

Pecel Pitik Gandrung Banyuwangi



Kanjeng Manda Lagi Nyimak Sajen

Sebenarnya sudah beberapa kali sih ke Banyuwangi, dan ngga pernah cucok sama kulinernya. Contohnya, Rujak Soto, duh bingung dah rasane. Apalagi Pecel Rawon, huuu..ngga matching blass. 

Tapi, beberapa lalu ke Banyuwangi, duh saya serasa nemu harta karun, karena bisa menikmati kuliner khas Banyuwangi yang ora umum, otentik dan enak. 
Bupati Azwar Anas dan Errol Jonathans (bos saya)
Critanya, kantor saya dapat undangan dari orang nomor satu Banyuwangi, yaitu Bapak Abdullah Azwar Anas, Bupati Banyuwangi. Allhamdulilah saya katut, hahaha… soalnya khan ngga semua bisa berangkat, jadi kayaknya di ayak, dan ayakannya bolong..loh saya segede gaban isok lolos.



Pertama  ke Pantai Boom. Bayangan saya, bayangan saya loh yah. Pantai Boom itu ada water boomnya, eh water parknya.. eh ternyata ngga ada. Ya Cuma pantai gitu aja, ploong melompong, harap maklum ternyata sedang tahap pembanguan oleh Pelindo III.


Rasa kecewa saya agak terobati begitu disuguhi prasmanan oleh pihak Pelindo. Saya langsung jatuh cintaa..begitu menikmati PECEL PITIK, duh Nikmat bangets. Bentar saya jelasin dulu definisi Pecel Pitik,  bukan kayak penyetan or sambelan, yang kalau kita liat di warung-warung namanya pecel, tibakno  dipenyet sambel. Gletek. Bukaan !!  Atau, kayak bumbu pecel yang dikasih air. Bukaan juga loh. Pecel Pitik ini malah mirip urap-urap. Iya suerrrr, nggak bolooong…eh bohong! Jadi parutan kelapa muda, soalnya pas dimakan masih nyes nyes berair, dan manis. Lek klopo tuek lak sepooo…Dan ayamnya, ayam kampung dibakar dulu. Sederhana bangets sih, sumpah wenak . 
 
Nah,..pas ke desa Kemiren,  sekantor dihibur nari Gandrung. Huah..saya ikutan joget, soale ketiban sampur. Habis joget..kemringet, disuguhi…dan lagi-lagi Pecel pitik . Dan ini yang otentik lagi, digulung daun pisang. Lengkap ada lalapan dan rebusan kangkung, bendoyo, manisa, dan dipotong gede-gede. Kalau dimakan langsung isok keloloten wis.
 


Duh hari itu tak pernah kulupa wis, lah saya hampir kepancal bis, gara-gara keasikan ngebisin Pecel Pitik  sak tampah, sakjane isin ..tapi yo opo maneh..suasananya itu loh yang hangat, ramah bikin saya semangat ngabisin suguhan… *hualaaaasaaaane onok ae


NB : Terima kasih Pak Bupati Azwar Anas dan staff yang sangat ramah. Dan suguhannya yang menggoda. Pak Bupati, saya mau kalau diundang lagi...pleasee..pleaseee *ngarep diuncal pecel pitik.

Liburan ke Bali? Yuk, Kunjungi 7 Tempat Wisata Kuliner Terindah Ini

Bicara kuliner, masakan khas Bali menjadi salah satu yang paling digemari. Apalagi jika tempatnya diselimuti keindahan alam, tentu meng...