Wednesday, August 10, 2011

Kena Azab


Siapa bilang pekerjaan saya nggak ada risikonya. Nih buktinya …

Jauh-jauh hari sebelum bulan Ramadhan. Saya ngebut ngumpulin bahan liputan. Soalnya liputan makanan pas bulan puasa nggak bisa makan. Berhubung bulan puasa dah mepet. Saya sepakat sama Anton, bakal liputan enam tempat dalam satu hari. Dan mulailah misi mulia ini

Anton & Me

Pertama Sebuah resto mewah, dengan hiburan live musicnya. Kami disambut hangat sama ownernya, setelah wawancara, kami lalu diajak makan. Menunya, Rawon campur, Ayam Panggang, Iga Bakar, Urap-Urap dan minuman 5 macam.

“Mbak Mendol, ini masih pertama lho, makannya jangan banyak-banyak!” ingat Anton.


“Ah..tenang, Ton. Ibarate iki pemanasan, santai ae jeeee… !” sok yakin.

Tibalah Tempat kedua. Restoran seafood. Kami disuguhi gurami bakar, gurami goreng, lodeh, nasi sebakul dan es puding ya
ng jadi andalannya. Wuih.. lihat makanan itu, saya sudah lemes. Kok akeh men yoooo… padahal saya cuma berdua. Mencoba bersikap sopan, saya ngomong sama yang ownernya.

“Mbak… sebelumnya saya minta maaf ya, mungkin nanti makannya nggak maksimal. Soalnya kami masih harus liputan empat temp
at lagi!”

“Oh..iya. gpp. Nyantai saja mbak!” kata si pemilik.

Pas makan, ternyata, gurami bakarnya weeenak seka
li. Bumbu pedas yang mengkaramel di kulit ikan membuat saya bolak-balik nambah nasi. Gilee… Sementara gurami gorengnya disikat sama Anton. Tapi Anton pinter makannya nggak pakai nasi.

“Ealahh.. Mbak, Katanya nggak maksimal. Guraminya kok, mbok habisin sendiri!” protes Anton.


Weeeeh… iyo. Kok tak entekno,yo!” nada tak percaya.

Di tempat kedua ini saya menghabiskan gurami bakar dan nasi setengah bakul. Glekkk!

Pindah ke tempat ketiga Kali ini tempat penjual makanan ringan. Yaitu Ketan bubuk. Porsinya kecil, semangkok kecil. Kami cuma pesen satu porsi.
“Ton, aku nyicip doank, ya. Ntar kamu yang menghabiskan!” perintah saya

Saya pun mencicipi ketan bubuk ini. W
ih.. enak tibak’e. Ketannya pulen, trus bubuk delenya gurih, paduan asin, manisnya pas. Saya jadi nyesel menyuruh Anton makan. Soalnya enak sih. Hmm.. daripada nggak enak hati. Disepakati ketan bubuknya dibagi dua. Sip!

Tempat Keempat Sebuah tempat makan di tengah sawah. Makanannya ayam goreng dan udang goreng. Apesnya, pas acara makan, ownernya malah bersikeras nungguin kami. Dia ikutan makan, celakanya, setiap piring saya kosong langsung ditambah nasi sama lauknya. Ampuuuun … bener-bener susah dah nolaknya.


Kalau si Anton pinter ngelesnya. Pas mau ditambahin nasi, dia buru-buru berdiri. Sambil ngomong, “sudah..pak. saya mau motoin suasana restonya dulu yaa..!” katanya sambil ngacir.


Tinggalah saya jadi tumbal, untuk menghabiskan satu bakul nasi dan setengah ayam goreng. Hadeww!


Tempat Kelima
Singgahlah kami ke warung Bebek! Oh My God. Everbody Knew kalau saya adalah PEMUJA BEBEK! Biar bumi berguncang, tak mungkin daku berpaling dari Bebek Goreng. Tanpa ba..bi..bu. Kita langsung disuruh makan. Adooh… saya yang kenyang, kok tiba-tiba seperti habis sedot lemak. Perut saya kok jadi terasa ringan pas lihat potongan daging bebek.

Saya pun bermain cantik di sini. Makan bebeknya nggak pake nasi. Jadi saya towal-towel dagingnya sama sambel.


“Wah… makan nggak pakai nasi, kalau habis empat potong, yo podo aeee mbak! Protes Anton.Hihihi


Tempat keenam
Dalam perjalanan ke tempat keenam. Saya sudah kekeyangan. Perut saya atos. Tiba-tiba kepala saya berat sekali. Mata saya ngabur. Susah bernafas. Ya Allah… saya dikasih cobaan apa nih! Bathin saya

Perut saya mual. Tiba..tiba… Byarrrrrrrrrrrrr!!!! Saya muntah dalam perjalanan ke resto yang keenam. Dipinggir jalan saya Hoek....Hoek Byurrrrrr!

Sementara si Anton nggak ada empati sama sekali. Dia malah ketawa-tawa. Setiap ada orang yang ngeliatin saya, eh…si Anton malah teriak.

“Maaaf yaa…lagi hamil muda!!!” katanya sambil ketawa ngakak


“Woiii..Ton. Hamil gundulmu! Wong aku iki lemu permanen kok!” asem tenan Anton.

Setelah menenangkan diri. Dan mengatur nafas. Saya geleng-geleng sendiri, sambil mbatin, inilah ganjaran orang yang murko, mangan nggak aturan akhirnya dikasih azab muntah dipinggir jalan. Duuuuh..


“Jadi gimana, lanjut liputan, opo muleh ae, mbak?” tanya Anton, jongos saya.


Hmm.. saya bimbang. Saya kepalkan kedua tangan, lalu dengan semangat bak kompor komatsu, saya teriak.


“Demi profesionalisme, dan tanggung jawab sebagai redaktur kuliner. Mari kita teruskan perjuangan kita, Ton. Jangan menyerah, dan putus asa, apalagi sampai nggak mau makan!. Ingat. Kita ada jurnalis kuliner sejati, tak akan patah arang cuma gara-gara kelenger kebanyakan makan. Ayo kita teruskan liputan, dan makan lagi!”


Anton memandang saya, lalu …… Hoekkkkk!!! Ganti Anton yang muntah……
Hahahahahahaha…Kapok Koen!

17 comments:

  1. hihihihi... mesti lucu ceritane mbak mendol iki :D

    ReplyDelete
  2. Mwahahahaaa... =))

    ReplyDelete
  3. Anonymous4:54 AM

    hahahahahahaha

    ReplyDelete
  4. waduh mbak, ndak kebayang ki maem akeeh bgt. kok yo iso wetengnya amot he..he.e.

    ReplyDelete
  5. temenan hoek tah?
    halah halah halah....ancen gendeng sarap kabeh wong loro iku.

    ReplyDelete
  6. =))...mesti lucu critane. salam kenal mbak mendol. kapan dulin ke malang? kok jd penasaran pengen kopdar :d

    ReplyDelete
  7. huahahahaahhaha...sumpah aku nguakakkkk mbak huahahahahaha......

    iku lak akal2ane smpyn mbak, muntah tengah dalan, ben wetenge cukup kanggo makanan di tempat ke-6 huahahahahah

    ReplyDelete
  8. Anonymous10:07 AM

    lokasi nya dimana aja ????

    ReplyDelete
  9. Mangan akeh, gratisan pisan plus muntah pisan ... :D

    ReplyDelete
  10. @anonymous: Hihiihi... situ mo tau tempat saya hoekk byurrrrrr

    ReplyDelete
  11. Lucu mbak ceritanya...

    Kapan-kapan ajak kami yah mbak;-)

    Ini beneran yah mbak? Gak ngebanyangin ekspresi si pemilik resto saat itu. hehehe.

    Sukses terus yah mbak :)

    Ayu Bakery, Donut & Cookies

    ReplyDelete
  12. hahahahaha...mbak mendol iki lucu strategine,
    dikosongi disek pas wes penuh, sakdurunge sesi terakhir liputan ^^
    mbak, kupangmu pindah endi sidoe???

    ReplyDelete
  13. Anonymous7:18 AM

    wis medhon bobot-e neng. mari poso getu lohh?

    ReplyDelete
  14. mblokek....xixixixi

    ReplyDelete
  15. Makanannya enaaakkk :D

    ReplyDelete
  16. makane mbak ingat pesan pak bondan, katanya kan jangan makan berlebihan. jadi mubazir deh makanannya.. hiks

    ReplyDelete
  17. selalu cengar-cengir baca tulisan2 di blog ini
    hehee.. segerr

    ReplyDelete

Liburan ke Bali? Yuk, Kunjungi 7 Tempat Wisata Kuliner Terindah Ini

Bicara kuliner, masakan khas Bali menjadi salah satu yang paling digemari. Apalagi jika tempatnya diselimuti keindahan alam, tentu meng...