Monday, February 28, 2011

Sego Bok

Makan enak bonus towel-towel cuman di sini

Menyebut Bok, pastinya mengingatkan pada panggilan ibu-ibu asal Madura. Uniknya, nasi bok ini sangat populer di kota Malang. Penjual nasi bok yang terkenal di Malang, salah satunya dekat Pasar Comboran.

Dulu sama emak saya, karena males antr
i, biasanya sengaja bawa rantang. Begitu datang, itu lodeh tewel, iwak ceker, segala macam jeroan langsung ditumplek blek ke dalam rantang. Saya tau orang yang antri pada senewen lihat kelakuan emak saya. Hihiihi…. Maaf..maaf.


Pas pulang ke Malang saya masih ketemu sama si bok langganan saya ini, modelnya sama, gelungnya sama, suaminya pun tetep sama. *dikethok ulek-ulek

“Adoh mbak,… peno kapan teko?”

“Tadi malam, bok!”
“Duh, peno iki awet, yo?”

“Awet enom..tak iye?” *senyum senang
“Dudu… awet lemu!”
“Jambu …..@#$%*$#@!”

Nyebelin sakjane, habis yang denger wong sak comboran. Malah suaminya pake towel-towel lengan saya, mastiin yang menggelambir itu lengan apa paha? *aduhh

Nih sambel jempolan, dah. Nggak kayak sambel penyetan yang rada cair, tapi sambelnya itu keset, pekat, aromanya mantap, yang pasti pake terasi pilihan, karena sedep bangets.


Awalnya, si bok ini rada pelit ngasih sambel, tapi gara-gara saya sumpahin, “Bok, mugi-mugi rejekimu akeh, selamat dunia akhirat!” Eh, sejak itu saya malah disodorin tempat sambel, disuruh ngambil sendiri. Hehehee.


Satu lagi yang bikin saya penasaran sejak dulu adalah dendeng kelapanya. Coba bayangin, kelapa parut itu kok bisa nyatu dan lengket, dan gurih bak kerupuk. Saya perhatiin sich, di dalamnya itu ada irisan daging tipis, kayak-kayaknya ini dijadikan media pemersatu parutan kelapa itu. *Hmm…Investigasi Selebritis


Makan sego bok memang nggak mbosenin, soalnya pilihan lauknya banyak, mulai ayam goreng, telur, jeroan ati ayam, empal goreng, jantung sapi, dendeng dan paru sapi. Ada dua jenis sayur sebagai pelengkapnya, yaitu nangka muda dan lodeh manisa. Bisa dibayangkan satu porsi menu ini, lauknya hampir menutupi seluruh permukaan nasi.


Biar di Surabaya juga ada yang jual Nasi Bok, tapi nggak bisa ngalahin Nasi Bok di Pasar Comboran, depan Blanwir. Soal menghadapi risiko ditowel-towel, saya nggak khawatir, ntar kalau berani-berani megang lengan, langsung saja braak..bruuuk, tak smack down.


Nasi Bok Madura
Jl Pasar Besar Malang

Jl Comboran
Deket Stasiun Kota Baru

10 comments:

  1. Enak banget koyone mba, aku liat gambare ae lsg luwe he..he.. oh ya regane larang ra mbak?

    ReplyDelete
  2. rasane pasti awek le enak yo mbak ?

    koyo omongane mbok itu, “Dudu… awet lemu!” hahahahah.....jan njaluk di smack down mbok iki,

    ReplyDelete
  3. wah ini dia reporter kuliner handal se indonesia. salam kenal mbak

    ReplyDelete
  4. sego bok ada gak ya di jakarta bok? susah bok, iya gak bok?

    hehehe

    ReplyDelete
  5. @herru : sudah diobok-obok belon, sampai mabok, ntar ane tabok,pake sendok, jedhok.. Hihihihi

    ReplyDelete
  6. hehehee....
    dibilang awet lemu?
    langsung lempar uleg uleg aja Mbak!!!
    Huahahaaa

    ReplyDelete
  7. kayake enak mbak :D
    /*ngiler thok nek mbukak blog'e smpyn :(

    ReplyDelete
  8. Mbak Manda iki ancen senengane marai ngiler ae.
    Siang2 liat gambare,jd kruwes2 wetengku Mbak.. :))

    ReplyDelete
  9. aku jg punya temen keturunan madura, ibunya jualan nasi gitu di dalam pasar besar, enak bgt.

    kl jl pasar besar, jl comboran, bukannya stasiun kota lama mbak? deket smanda sekolahku dulu

    ReplyDelete
  10. pengen aku....
    salam kenal..

    ReplyDelete

Liburan ke Bali? Yuk, Kunjungi 7 Tempat Wisata Kuliner Terindah Ini

Bicara kuliner, masakan khas Bali menjadi salah satu yang paling digemari. Apalagi jika tempatnya diselimuti keindahan alam, tentu meng...