Skip to main content

Harga Bintang 5 Rasa Kaki 5

Jadi inget kata simbok, kalau kedluduk penjual yang mahal.
“Sing penting ikhlas be
n dadi Daging!”



Saya mau cerita tentang makanan yang bahan-bahannya murah meriah tapi begitu disajikan harganya bisa sok ajeb..ajeb. Seperti pas makan lontong mie di food court.

Saya bener-bener dengan takjub dengan harga yang dibandrol yaitu Rp 10 ribu. Sebagai se
sama penjual, (yeah..saya khan di rumah selain jualan kupang, juga lontong balap dan lontong mie).

Dengan harga segitu, menurut saya agak nggak masuk akal, cuman tahu tiga iris, lentho diremet trus dikasih udang empat biji sama diguyur cambah dan mie kuning.

Saya mengerti bener harga di pasar, wong cambah itu lho setegah kilo cuman Rp 2500, kalau dilihat dari takarannya yang sak umit, cambah setengah kilo bisa jadi 15-20 porsi !!!

Soal harga ternyata cukup sensitif dan bisa jadi omongan,loh. Seperti Alim, temen sekantor dapat kiriman sms, yang ditunjukin ke saya. “Hati-hati makan ayam goreng di warung kaki lima daerah Islamic Center, Aku makan berempat kena Rp 350 ribu!”

Yah, memang mestinya di cross chek dulu, sih. Ma
kannnya mungkin cuman sekali, tapi kalau embah-embuh gimana?

Cerita lain, lontong balap terkenal di Surabaya, lagi-lagi bahannya cuman sak ucrit. Tiga potong lontong diiris tipis, tahu dua iris, dan lentho.Nah, yang membuat porsinya jadi sak umbruk tentu saja cambah. That’s All !! dan Harganya Rp 9 ribu !!!




Soal kejenthok, saya juga pernah ngalami. Saya penasaran sama warung kaki lima di daerah Indrapura. Kok selalu rame. Saya bujuk mysharuhkan buat makan di sana. “Ayolah aku penasaran, kok kalau lewat mesti rame!” ngeluarin jurus rayuan cap kadal tiga.

Mampirlah kami di sana. Seperti biasa saya langsung mesen menu favorit BEBEK GORENG !My sharuhkan milih BABAT GORENG.
Pas enak-enak makan, orang sebelah mbayar. “Bu, sampun. Ayam goreng 2, nasi 2, es teh 2, b
erapa?”

Sekilas, ibu penjual yang genduttt itu oret-oret kertas, lalu berkatalah si ibu genduttt ini “Semuanya Rp 48 ribu !” Si mas ini kayaknya ndak siap dengan harga segitu, dia pun ngomong ke temannya."Mangan sak munu, papat wolu, cuk!”

Saya yang makan langsung keseretan, wuihhhh… makan berdua segethuuu. Padahal pasarannya seporsi ayam or bebek sepotongnya Rp 9 ribu itu pun sudah termasuk nasi. Kemudian ada juga pembeli lain yang mbayar, “makan tiga, bebek dua, lele satu, tambah nasi sama bebek satu, minumnya es jeruk lima!” Teman-teman…tahukah berapa total jendral Rp 160 rebuuuuuuu.

Wah saya kemringet mak gobyos, makan pun tak tenang, saya pun wurung mo nambah bebek goreng. Keweden dewe. Sampai akhirnya saya pun giliran mbayar,
Bu..u..u, bebek goreng setunggal, babat goreng setunggal, sekul’e tigo, ngombene es teh tigo. Pinten, nggihh…h ?”


Dengan jurus awut-awut, ibu penjual gendutttttt ini mulai corat-coret. “Hmm… semuanya Rp 44 ribu!”
Wuih… lumayan regone. Selamet..selamet, duit limapuluh ribu masih susuk neh. Hehehehe.


Terpengaruh bukunya Gobidn Vasdev, Happines Inside. Saya coba mengambil hal positip soal harga –harga yang aneh bin ajaib ini.
Kalau di mall ya harap dimaklumi, karena si pedagang khan nyewa. Toh harga yang dibayar sepadan dengan suasananya yang adem dan nyaman.

Nah kalau warung kaki lima, mahal. Ya dimaklumi juga, mereka mungkin memperhitungkan kalau sewaktu-waktu diobrak, tenda dan kursi diambil sama satpol PP, mereka butuh modal gede untuk memulai lagi. Ya..toh!


Ya, sudahlah. Ingat kata simbok.
“Ikhlas….ikhlas ben dadi …Da..…da..…Ngdut!” Hihii.....

Comments

  1. byk tuh di surabaya makanan kaki lima harga bintang lima hehe, kadang sy juga berfikir enaknya dimana koq orang2 pada suka, mungkin dari selera lidah kali ya, lidah orang sulawesi beda sama lidah orang surabaya :D hehehe

    ReplyDelete
  2. halah mbak, nang jakarta sak ndayak sing koyok ngunu, rasane ra mbejaji tapi regone wiiihhhh...sego atos kratak2 ae 3000. lha rego beras seliter sing apik ae 5500, iku wes dadi wakehhhhh....
    /*malah ngomil2 hihihihi

    ReplyDelete
  3. Liat fotonya aja udah ngiler. Pasti maknyusss nih kayaknya. Sukses selalu.
    http://PakOsu.wordpress.com/

    ReplyDelete
  4. iyaaa Mbaak......masih murah di indonesia tapinya .....kata pada yang pernah ke singapura....es siwalan gulo klopo....sak gelas........piro jal mbak..........
    dua belas dollar...
    tobat.....lungo pasar dewe,blonjo,gawe dewe....bikin sendiri sepuluh ribu rupiah bisa buat sekeluarga.

    bon a petit.....

    ReplyDelete
  5. hahaha..ngakak bacanya soalnya pengalaman pribadi, kalo dijakarta di daerah blok M tuh mbak ketoprak yang biasanya sepiring 3rb di blok M jadi 13rb aseeem bener padahal ya di gerobak dorong, abis itu kalo mo makan di sekitaran sana mending masuk KFC atau Solaria aja wis jelas2 ono rego ono rupo..P

    ReplyDelete
  6. walah......yo rapopo, kolo-kolo digepuk.......ngiras ngirus amal yo to mbak....hehehehehe.......

    ReplyDelete
  7. aku yo podo pernah mangan daerah indrapura ... mari mbayar langsung misuh "larang cuk" ... wakakakakkaka

    ReplyDelete
  8. @arai: jangan-jangan pembeli yang misuh-misuh itu awakmu yoo. hehehe

    ReplyDelete
  9. mbak mendol..pesen bebek goreng 1, babat goreng 1, tapi nasi nya 3 ? satu lagi untuk siapa mbak ? jangan2...hahaha..

    saya juga memperhitungkan masalah harga makanan, mbak.tapi ini pesen keluarga saya yang sampe sekarang masuk dalam jiwa raga cempluk, enek rego, enek rupo..maksudnya, kalo harga mahal dibarengi dengan masakan yang enak maka wajarlah.tapi kalo udah harga mahal tapi masakan biasa atau standar maka cukup sekali kita kesana..hehehe

    ReplyDelete
  10. hahaha~ ada juga to yg kejedot harga kek gini :)

    ReplyDelete
  11. hahaha...
    berarti menipu konsumen dong. itu pasti bikin kapok. kalau di jakarta ada rasa bintang lima harga kaki lima, karena kokinya mantan koki di hotel bintang lima yang buka usaha di kaki lima.
    http://PakOsu.wordpress.com/

    ReplyDelete
  12. Hmmmm..emang banyak pedagang yang ngawor dalam hal ngasih harga. Tapi sudahlah, ikhlaaaaaaaaass ben dadi daging.

    Smpean iki lucuuuu mbak. Kudu ngguyu dewe aq moco tulisan smpean. Dadi tambah luwe wetengku!

    ReplyDelete
  13. Bener ndol apa kata simbok
    Aku klo pedagang kaki lima njur rodo ngepruk yo tak jar no wae.... Melazzz rakyat cilik
    Tapi yen rumah makan ngepruk yo ra tak wenehi tip sing ngelayani aku

    ReplyDelete
  14. hhhmmmm..mantapz nih masakannya, bisa di cicipi g yah?

    ReplyDelete
  15. hari gini masih puasa, nemu ni blog tentang makanan, moga puasa ane g makruh....

    ReplyDelete
  16. pagi pagi liat beginian... jadi ngiler deh
    watch vampire diaries online

    ReplyDelete
  17. ahhahahahha....kasian mbaknya....semoga dagingnya mbak pun gg ngeluh dgn hargae...hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rejekine Wong Lemu

Memory Gubeng Pojok

Kisah Cinta Sharukhan dan Spring Bed


Tempat makan lawas, dengan harga ramah di kantong ini salah satunya, Gubeng Pojok. Saya punya memori indah dengan depot satu ini. Ya masa-masa jaman pacaran sama my sharukhan, masa-masa habis nonton bioskop di Mitra, dah gitu kelaparan nyari makan. Ke sini tempatnya. Alasannya, murah bangets, masuklah buat my sharukhan yang pacarnya sekali makan bisa 2-3 piring…hihihi

Seporsinya dulu cuman Rp 8 ribu-an, ngga beratlah kalau saya nambah 2 kali, masih masuk akal. Hihihi..
Tidak ada yang berubah di gubeng pojok, kursi meja suasananya tetep. Yang berubah harganya. Sekarang sudah Rp 11.000,- tapi masih murah seh nurut saya. 


Dari dulu sampai sekarang my sharukhan seleranya tetep. Krengsengan, sama jeruk anget. Wis!. Kalau saya juga tetep, kare ayam, nasi goreng, rawon. Maksutnya habis makan rawon, nambah nasi goreng, kadang kare ayam. Ya maksutnya pancetnya nambah 2 sampai 3 piring getoooo.


Pilihan kita duduk di pojokan, sambil mengenang masa pacaran…cieee c…

Makan Enak, Nyantai di Hotel Berbintang dengan Pemandangan Indah Luar Biasa

Yuks, bro and sis.. tandai kalender kalian, buat bisa berlibur ke sini. Pesan online bayar mudah Pake Traveloka aja, pesan tiket pesawat, booking hotel, perjalanan, traveling. ... Ngga pake mumet, cukup satu ketukan, pembayaran beres….duh, senangnya.

 Bali yang indah seakan tak ada satukata yang bisa melukiskan keindahannya. Bali yang memesona membuat wisatawan selalu datang kembali untuk menikmati pesonanya. Bali yang menawan membuat siapapun akan datang dan membuktikan sendiri cantik dan mengagumkannya sebuah pulau kecil di timur Indonesia ini.
Salah satu keindahan alam yang menjadi magnet wisatawan adalah Pantai Nusa Dua yang berada di ujung selatan Pulau Dewata ini. Pantai ini dikenal dengan pantai terbersih dan cukup nyaman karena tidak secrowded Pantai Kuta. Juga tidak seeksklusif Pantai Seminyak yang memiliki berbagai macam resor dengan harga fantastis.
Di Pantai Nusa Dua ini kamu bisa memilih Grand Nikkosebagai penginapan di Bali. Lokasinya berada di Jl. Nusa Dua Selatan, Benoa, …