Skip to main content

Crumbling Tool

Takut masuk ke resto fine dining karena nggak ngerti table manner ? *sama donk.

Biar sering keluar masuk resto mewah, tap
i saya sering keder juga kalau sudah lihat susunan macam-macam alat makan di meja. Ternyata nggak seburuk film Pretty Women yang keongnya mencelat sampai-sampai ditangkap pelayan. Karena resto kelas atas sudah mengatasipasi buat menghadapi konsumen yang kayak saya.

Pengalaman saya pas diundang ke Vis a Vis , Rest
o Perancis di JW Marriott. Begitu datang saya disuguhi beragam canape. Canape ini adalah roti-roti kecil yang dihiasi dengan berbagai macam topings modelnya kayak goreng-gorengan-lah.


Salah satunya Escargot Loraine. Kuenya keren, gurih, diatasnya ada seperti jamur, pas dimakan rasanya kenyul-kenyul. Oalaa…ternyata itu adalah siput. Hihihi..nggak nyangka siput yang sering keinjek di halaman kantor pas hujan jadi makanan keren a la Perancis.

Nah, pas makan , para waitersnya khan pada siap-siap di kiri dan kanan. Yang menarik perhatian saya bukan mas-mas waitersnya yang ganteng dan ramah.

Tapi sesuatu yang metungul di balik saku baju mereka. Jadi para waiters ini di saku bagian atas ada bolpoint, warnanya keemasan.



Saya jadi tau kegunaan alat itu. Pas saya asyik menyantap kue siput itu, remah-remah kuenya berjatuhan di meja.
Lalu pas per
gantian menu dari makanan pembuka ke maincourse, para waiters ini membersihkan meja, Bladalah ….mereka mengeluarkan alat ini, dan ternyata memang bukan bolpoint.

Ini adalah crumbling tool, bentuknya seperti bolpoint, tapi tengahnya bolong dan ujungnya meruncing. Karena fungsinya seperti serok sampah, alat ini mendorong kotoran atau rempah-rempah.

Dan ditampung di atas piring kotor. Kata Mas-nya alat ini juga berfungsi
membersihkan saus yang belepotan.

“Lho Mas, kalau ditekan ke saus bukannya tambah mbleber.“


“Iya memang menimbulkan noda di taplak
nya, tapi kalau tangan kita nempel ke saus sudah tidak lengket.”

Saya pun langsung latah mempraktekanny
a. Ih… beneran sausnya nggak ngotorin tangan, soalnya sudah merembes ke taplaknya. *Terkagum-kagum.

Karena alat inilah , meja yang acak kad
ut penuh remah, dan noda saus jadi bersih dan rapi.

Tapi puncak dari hidangan ini, menurut saya ketika menikmati Dark Chocolate Souffle with Cherry Jubile and Vanilla Ice Cream. Makannya harus cepat soalnya ntar rotinya cepet turun. Inilah ciri khas lain dari makanan penutup Perancis memadukan panas sama dingin. Aduh enak bener deh, apalagi saya khan seneng bangets ame namanya cokelat.

Saya sing seneng-seneg saja dengan makanan Perancis, masuk kok sama selera saya, cuman yang bikin nggak sreg itu ya ukurannya. Mungil-mungil porsinya
. Ndak kukuh……. Habis liputan ini saya ngacir ke nasi padang, apalagi kalau bukan nyari kikil sama ayam Pop. Huheueueueeu

Next Post : Djatilegi Terrace & Resto

Comments

  1. masio mungil2 nek njupuke wakehhhh yho podo ae mbakkk2, ngunu jik nambah nasi padang ??? ckckckckckc

    ReplyDelete
  2. nasi padang lauknya hati angsa berlemak :P~
    hihih...

    ReplyDelete
  3. soufle coklat....stroberi..es grim...??....cleguk......

    ReplyDelete
  4. hehehehe Ndolll.....mbok piye2 o weteng Jowo..yen durung enek segane ga wareg....
    *koyoaku*

    ReplyDelete
  5. perancis? halah aku cuman kenal french fries. eh sama french kiss hihihi :P

    ReplyDelete
  6. Hmm..nyummm..nyummm enak banget kayaknya!

    ReplyDelete
  7. wong mangan iku sing penting nyaman, masio tempate neng restoran sing magrong-magrong tapi lek ga nyaman sumpah mati panganane ora enak.....sak walike masio mangan iwak pe neggone pasar wonokromo sing bukak e jam 11 bengi, tapi nyaman yo tetep enak.....

    ReplyDelete
  8. Hmmm,, aku dah icip juga yang Dark Chocolate Souffle with Cherry Jubile and Vanilla Ice Cream,,

    enak sih...tapi kalo porsinya bisa 2 kali tambah enak tuh..
    hehehehhee

    ReplyDelete
  9. wih...wih..wih...mantapnyaaa.... mau donk.

    ReplyDelete
  10. Mungil-mungil porsinya. Ndak kukuh……. Habis liputan ini saya ngacir ke nasi padang, apalagi kalau bukan nyari kikil sama ayam Pop. Huheueueueeu

    >> hahaha, jadi kepengen makan sate padangnya Sederhana. enak euyyyy!!

    ReplyDelete
  11. duh, mampus aku kalo soal table manner dan gini2an sejenis. pernah lho kejadian beneran di Lung Yuan, mbak. salto cuminya pas mau tak potong! pas rame pula itu hari Senin dan awal bulan

    ReplyDelete
  12. I enjoy reading this blog. Could tell me how I could subscribing with it? By the way I discovered this blog through Aol.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rejekine Wong Lemu

Memory Gubeng Pojok

Kisah Cinta Sharukhan dan Spring Bed


Tempat makan lawas, dengan harga ramah di kantong ini salah satunya, Gubeng Pojok. Saya punya memori indah dengan depot satu ini. Ya masa-masa jaman pacaran sama my sharukhan, masa-masa habis nonton bioskop di Mitra, dah gitu kelaparan nyari makan. Ke sini tempatnya. Alasannya, murah bangets, masuklah buat my sharukhan yang pacarnya sekali makan bisa 2-3 piring…hihihi

Seporsinya dulu cuman Rp 8 ribu-an, ngga beratlah kalau saya nambah 2 kali, masih masuk akal. Hihihi..
Tidak ada yang berubah di gubeng pojok, kursi meja suasananya tetep. Yang berubah harganya. Sekarang sudah Rp 11.000,- tapi masih murah seh nurut saya. 


Dari dulu sampai sekarang my sharukhan seleranya tetep. Krengsengan, sama jeruk anget. Wis!. Kalau saya juga tetep, kare ayam, nasi goreng, rawon. Maksutnya habis makan rawon, nambah nasi goreng, kadang kare ayam. Ya maksutnya pancetnya nambah 2 sampai 3 piring getoooo.


Pilihan kita duduk di pojokan, sambil mengenang masa pacaran…cieee c…

Makan Enak, Nyantai di Hotel Berbintang dengan Pemandangan Indah Luar Biasa

Yuks, bro and sis.. tandai kalender kalian, buat bisa berlibur ke sini. Pesan online bayar mudah Pake Traveloka aja, pesan tiket pesawat, booking hotel, perjalanan, traveling. ... Ngga pake mumet, cukup satu ketukan, pembayaran beres….duh, senangnya.

 Bali yang indah seakan tak ada satukata yang bisa melukiskan keindahannya. Bali yang memesona membuat wisatawan selalu datang kembali untuk menikmati pesonanya. Bali yang menawan membuat siapapun akan datang dan membuktikan sendiri cantik dan mengagumkannya sebuah pulau kecil di timur Indonesia ini.
Salah satu keindahan alam yang menjadi magnet wisatawan adalah Pantai Nusa Dua yang berada di ujung selatan Pulau Dewata ini. Pantai ini dikenal dengan pantai terbersih dan cukup nyaman karena tidak secrowded Pantai Kuta. Juga tidak seeksklusif Pantai Seminyak yang memiliki berbagai macam resor dengan harga fantastis.
Di Pantai Nusa Dua ini kamu bisa memilih Grand Nikkosebagai penginapan di Bali. Lokasinya berada di Jl. Nusa Dua Selatan, Benoa, …