Skip to main content

Tempe Penyet

Duit Cupet, tapi ingin makan dengan porsi kuli ?
Tempe penyet adalah jawabannya
.

Di Surabaya yang jualan tempe penyet ini seabrek, paling terkenal di daerah UNAIR dan RS Dr. Soetomo.Yang paling laris adalah Tempe Penyet HO-HA.
Saya penasaran berat, kenapa sih warung di pinggir jalan ini ramai sekali, sampai
ndlosor-ndlosor gitu yang beli. Rahasianya ternyata adalah sambal-nya yang sangat pedas. “Bibir ini rasanya sampai ndower saking pedesnya,” kompor seorang teman menjawab penasaran saya.

Saya memang nggak suka pedes. Tapi, saya bener-bener tertantang untuk mencoba sambelnya. Saya pesen, penyetan tempe, terong dan ikan P ( aduh, apa ya bahasa Indonesianya). Digoreng garing, terus dipenyet di atas sambalnya..nyoottttt. Nasinya masih hangat. Lalapan seger, ditambah semangkuk kobokan buat cuci muka..eh tangan. Saya coba sedulit.. sambelnya, wah Mantap Tenan !!!.
Akhirnya, secuil tempe goreng yang sudah tercampur dengan sambal saya santap..hmm..enak.Paduan tempe dan sambal, terbalut dalam sekepal nasi hangat. Tapi, tiba-tiba tenggorok saya seperti kebakar …

Ternyata bener pedesnya kayak Setannnnnnnn….Oiiii!!. “Ho..ha..ho…ha..ho ..ha,” mulut saya membentuk huruf O, A seraya menyebul-nyebul kayak ikan koi.


Saya segera ambil kobokan, hampir saja saya kalap mau minum. Untunglah, urat syaraf masih normal tidak mengambil tindakan menjijay-kan itu. Segera es teh ukuran jumbo yang menyelamatkan.
Hohaaaa…saya gabres-gabres blingsatan gara-gara kepedesan.
Muka saya matang kayak kesemek. (Ada ijo, kuning blentang-blentong campur aduk sama bedak yang luntur). Hu..hu..untuk sementara saya tergugu… untuk mengambil dua keputusan sulit.
“Apakah saya akan terus makan, dengan risiko kepedasan ? ataukah saya menyudahi episode fear factor kali ini ?” Sambil menenangkan diri, saya pesen satu gelas teh ukuran jumbo.

Dan ternyata saudara-saudara…rasa pedesnya ini yang bikin ketagihan. Soalnya, begitu saya berhenti sejenak. Lah kok mulut saya berdecap-decap pengen dipedesin lagi !


Ibarat adegan yang bolak-balik di remote, Saya pun makan lagi, kepedesan, gabres-gabres ditawar dengan es teh. Lalu lanjut lagi, ganti ambil secuil terong goreng, didulit sambal..gabres-gabres ditawar dengan es teh. Gitu terus… sampai akhirnya hanya menyisakan lalapan kemangi.

Karena cukup TOP, nama warung ini menulari penjual tempe penyet lainnya, dengan menamai, Warung Tempe Penyet HA-HA, HA-HO, HOAH, dan AHHA. Yah, mungkin nama itu mencerminkan efek samping setelah menyantapnya.
Oh ya, saya punya usulan nama, jika Anda kelak ingin berbisnis di ladang ini. Saya punya usulan nama menarik yaitu warung tempe penyet Oooh Yes…..Oooh No.
Hehehe..Seru toh ?

Foto : Dok. Warung Cangkruk

Comments

  1. weee... aku yo tau mangan ho ha iki, ancen sambel fear factor tenan! :D btw fotone kok uapik?

    ReplyDelete
  2. doh kalo pedas-pedas saya nyerah dah, gak mampu usus saya menahan serangan cabe sebakul. bisa pesan yg gak pedas gak? kalo bisa yuk dah kesana lagi...

    ReplyDelete
  3. ooo... makan tempe penyet...
    bikin mata byar pet,
    bikin lidah koyo keslemet,
    persis koyo wong kesambet.
    enaknya abis itu minum es dawet
    ato yang anget-anget
    trus yang mbayarin cak slamet
    wahhh enak banget...
    pastinya gak bikin mumet
    kalo dompet lagi mampet
    Makasih ya cak Slamet...
    tapi laen kali jangan tempe penyet
    inget... inget...

    iihh komen ini keren banget...
    hhmm apa lagi kesambet?? kekekeekkk :D

    ReplyDelete
  4. iku moto dewe tah? jane pas poto kepedesan yo dipajang

    ReplyDelete
  5. mendol, kayaknya nama waung yang kamu usulin itu harus segera kita realisasikan deh... ntar tempatnya dibuat kotak-kotak gitu.. trus rombongnya model aquarium gitu... plus dentuman house music.. dug... jedhug... jedhum...

    ReplyDelete
  6. "Oh ya, saya punya usulan nama, jika Anda kelak ingin berbisnis di ladang ini. Saya punya usulan nama menarik yaitu warung tempe penyet Oooh Yes…..Oooh No.
    Hehehe..Seru toh ?"

    Ya ampun Luna otak mesumnya gak hilang he...he...he...

    ReplyDelete
  7. mhhhhhhhh mhhhhhhhhh ahhhhhhhhhh mhhhhhhhhhhhhhh ........ mhhhhhh hmmmmmmm ohhhhhhh ohhhhhhhh....

    -pedesen mode ON-

    ReplyDelete
  8. iwak P = iwak pleki ? :P
    ... dan aku yakin es teh-nya meski jumbo pastinya ga cuma satu kali, ya to ?

    ReplyDelete
  9. Fahmi:
    Fotonya, punya warung cangkruk di hotel garden..hihihi.

    Mas Gandhi :
    Sipp...habis sampeyan pulang dari Jakarta yoooo

    Rey:
    Cak Slamett..nama-mu dicatut !!

    deteksi:
    wakakakaka......*dasar germo moro seneng !!!

    Ustadz Landy:
    Kok mesum ? aduh otaknya ustadz kale yang mesum. Saya khan cuma ngusulin nama. Ntar,kalau pembukaan, ustadz saya undang buat ceramah yaa...Oh Yess..Ohh No !!

    Sluman-slumun:
    kepedesan apa lagi nafsu seh ?!

    Sayur:
    Iwak P itu iwak Pari, dijamin si Pleki yo doyan kok Pak Lik. Es jumbo cuman habis 3 gelas kok :)

    ReplyDelete
  10. enake rek.......jadi kangen makan tempe penyet......

    ReplyDelete
  11. isnuansa10:42 PM

    tempe penyet, kok tempene ga di penyet2 yo?

    ReplyDelete
  12. iyo temenan uenak warung iki.
    ada saingannya warung ha-ho...
    tp ga eleng mana sing ha-ho mana sing ho-ha podo enake....
    pilihan menunya cuma 2: asli ma palsu..
    kl asli tempe-telor-iwak pe
    kl palsu tempe-telor tok ga pake iwak pe...
    kl pilihan sambel koyoke ga onok. pedes kabeh...
    hmmmmmm kemecer lambeku....

    ReplyDelete
  13. duueehh nyeritainnya bikin aku kebelet pgn makan pedes...
    emang sepedes itu yah??? penasarannnnn

    ReplyDelete
  14. wah sama mbak, saya juga suka mr.p eh ikan p, enaknya dipenyet dengan sambel bawang :)

    ReplyDelete
  15. hu ha ha hu hu ha ha ha ha hu

    *antara kepedesan dan gagu*

    ReplyDelete
  16. Lah tempat sing sampeyan makan iku sing Ho Ha endi?? kan akeh nang kunu??



    OOwww Yesss OOwww Nooo OOwww My DOG..!!!

    ReplyDelete
  17. tau ga, selama KKN gw makan tempe mulu. Bosen gw.

    ReplyDelete
  18. aku yo seneng mbak manda tempe penyet

    ReplyDelete
  19. awas, jangan kebanyakan sambelnya.. bahaya non.. hehehehehe...

    ReplyDelete
  20. Waduh, kalo pedasnya kayak gitu aku nggak berani makan. Takut perut mulas-mulas. Pakai lombok 1 aja ya?

    ReplyDelete
  21. saya pernah makan tuh tempe penyet..hihihih...saya juga suka pedes...:D

    ReplyDelete
  22. wakaakkaa....... namanya aja HOHA, jadinya ya hoha..wakakakka.

    jadi penasaran nihy... duh napa Icha buta jalan yah! pengen nyobain juga nih.

    ReplyDelete
  23. di Jogja,, di depan koperasi mahasiswa (kopma) ugm,, ada warung makan Hollywood,, nasi+tahu goreng (3)+sambel 2 macem cuman Rp 2.500.. tapi minumnya air putih.. huehe..


    jogja memang surganya makanan murah..! *kedip-kedip*

    ReplyDelete
  24. setuju... emg enak sih.
    sekedar tips, tambah kecap manis... jauh lebih enak.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rejekine Wong Lemu

Memory Gubeng Pojok

Kisah Cinta Sharukhan dan Spring Bed


Tempat makan lawas, dengan harga ramah di kantong ini salah satunya, Gubeng Pojok. Saya punya memori indah dengan depot satu ini. Ya masa-masa jaman pacaran sama my sharukhan, masa-masa habis nonton bioskop di Mitra, dah gitu kelaparan nyari makan. Ke sini tempatnya. Alasannya, murah bangets, masuklah buat my sharukhan yang pacarnya sekali makan bisa 2-3 piring…hihihi

Seporsinya dulu cuman Rp 8 ribu-an, ngga beratlah kalau saya nambah 2 kali, masih masuk akal. Hihihi..
Tidak ada yang berubah di gubeng pojok, kursi meja suasananya tetep. Yang berubah harganya. Sekarang sudah Rp 11.000,- tapi masih murah seh nurut saya. 


Dari dulu sampai sekarang my sharukhan seleranya tetep. Krengsengan, sama jeruk anget. Wis!. Kalau saya juga tetep, kare ayam, nasi goreng, rawon. Maksutnya habis makan rawon, nambah nasi goreng, kadang kare ayam. Ya maksutnya pancetnya nambah 2 sampai 3 piring getoooo.


Pilihan kita duduk di pojokan, sambil mengenang masa pacaran…cieee c…

Makan Enak, Nyantai di Hotel Berbintang dengan Pemandangan Indah Luar Biasa

Yuks, bro and sis.. tandai kalender kalian, buat bisa berlibur ke sini. Pesan online bayar mudah Pake Traveloka aja, pesan tiket pesawat, booking hotel, perjalanan, traveling. ... Ngga pake mumet, cukup satu ketukan, pembayaran beres….duh, senangnya.

 Bali yang indah seakan tak ada satukata yang bisa melukiskan keindahannya. Bali yang memesona membuat wisatawan selalu datang kembali untuk menikmati pesonanya. Bali yang menawan membuat siapapun akan datang dan membuktikan sendiri cantik dan mengagumkannya sebuah pulau kecil di timur Indonesia ini.
Salah satu keindahan alam yang menjadi magnet wisatawan adalah Pantai Nusa Dua yang berada di ujung selatan Pulau Dewata ini. Pantai ini dikenal dengan pantai terbersih dan cukup nyaman karena tidak secrowded Pantai Kuta. Juga tidak seeksklusif Pantai Seminyak yang memiliki berbagai macam resor dengan harga fantastis.
Di Pantai Nusa Dua ini kamu bisa memilih Grand Nikkosebagai penginapan di Bali. Lokasinya berada di Jl. Nusa Dua Selatan, Benoa, …