Thursday, January 17, 2008

SATE KUDA : MAKE U HOT

Bos saya yang mirip bintang iklan obat kumis Firdaus, tiba-tiba menugaskan saya untuk liputan a la ekstrim kuliner. Sate Kuda !

“Sekali-kali kita tampilin menu yang sensasional, donk !” alasan si Bos. sambil mlintir kumis. Wah, tumben, batin saya. Maklum saja, dulu saya sudah mengusulkan Empal Gajah dan Brengkes Cecak ditolak mentah-mentah. Seketika, otak saya yang super lemot, ibarat intel pentium satu ini berusaha keras mikir, tempat penjual sate kuda di Surabaya. Saya pun meminta bantuan dengan melempar pandangan iba. Tapi berondong ini dan gentong pura-pura sibuk nyabutin jenggot. Sementara seorang teman, mengalihkan diri dengan sok sibuk corat-coret kertas yang membentuk ikat kepala Naruto. Puewwwww…..

“Kok nggak tahu seh, katanya tukang makan !” protes Bos.
“Yeeee….kalau daging kuda, mikir dua kali kalau mo makan!" kelit saya.
“ Kok dua kali ?”
“Iya pertama mikir enak atau enggak !”
“Yang kedua ?”
“Kalau enak, saya boleh nambah, Bos ?”
“Dasar…*Dwarapalaaaaaaaaaa!!!!” bentak si Bos.
*Dwarapala adalah patung wanita raksasa penjaga pintu candi yang membawa senjata gada.
(Idihhh..najis benernya, saya disamain sama si Dwarapala, tapi daripada disamain sama Hanoman… yo wislah ora opo-opo !)

Memanggul tugas mulia inilah, akhirnya saya dan Bimbim datang ke warung Pak Cecep yang berada di jalan Raya Bukit Darmo Golf.
“Kok nggak ada kuda yang berkeliaran, Bim ?”
(bayangan saya, penjual sate kuda ini punya halaman luas dimana banyak kuda berkeliaran. Nanti pembeli bisa menunjuk sendiri kuda mana yang mau dijagal. Yah mirip seperti resto seafood yang memajang ikan gurami. Jadi begitu ada yang pesan langsung dibanting)
“Lah, itu ada kuda,” kata Bimbim sambil menunjuk mobil Mitsubishi Kuda.
“Wah, bisa rompal gigiku, mangan iku !”

Daging kudanya ternyata didatangkan dari Kediri, Harga daging kuda ini cukup mahal, dibanding daging sapi. Sekitar Rp 50-60 ribu per kilonya.
Nah, ada satu rahasia dari penjual, jika memilih daging kuda.

“Kudanya tidak boleh keseleo!’ ujar Pak Cecep.
“Kuda yang keseleo, dagingnya berwarna merah tua, kalau dibuat sate pasti keras,” jelasnya.

Satu porsi sate kuda, terdiri sepuluh tusuk. Bumbunya berupa kacang halus, kecap, bawang goreng, cabe rawit, serta bawang merah.
Ya sudah, akhirnya saya cicipin. Sumpah…saya sebenarnya enggak tega buat makan. Tapi, ini adalah risiko pekerjaan. Saya coba satu potong. Daging kuda yang dijadikan sate ini ternyata tidak keras, tidak berbau amis. Dagingnya mirip dengan daging kerbau.

Mengenai khasiat daging kuda, menurut Pak Cecep baik untuk obat alternatif. Misalnya, untuk obat penyakit asma, kolesterol tinggi, atau TBC. “Daging kuda bagi pria dipercaya mampu mendongkrak libido biar tambah hot di atas ranjang !” katanya blak-blakan.
Untuk soal satu ini, belum bisa dibuktikan.Soalnya si Bimbim meski sudah menghabiskan sembilan tusuk sate, semangkuk besar gule dan dua porsi nasi statusnya masih joko tong-tong dan belum punya sparing partner di ranjang. Oalaa…mesakno, Bim ! Wis mangan sate jaran tapi nggak onok musuh’e …!
Nah, buat kaum lelaki yang tidak mampu beli viagra, saatnya melirik sate kuda. Sudah kenyang, harganya pun murah hanya Rp 10 ribu. Ntar kasih tahu saya, ya bagaimana khasiatnya. :)


37 comments:

  1. wah ntar habis makan langsung nendang2....
    siiiiiip.....
    :D

    ReplyDelete
  2. pengen ngerti kasiate?
    ajaken sharukhan mangan nang kene mbak...
    ngko nek manjur aku kandanono.

    ReplyDelete
  3. hi hi..bener tuh berkasiat
    ( penasaran mode ON )

    ReplyDelete
  4. kuda keleselo dagine alot? lha nek kuda liar?

    ReplyDelete
  5. Mardies10:35 AM

    Hehehe... nggak mau membayangkan. Belum-belum sudah nggak mau :P

    ReplyDelete
  6. abis makan sate kuda langsung lari kencang???

    kudaku lari...gagah perkosa.....hihihihi

    ReplyDelete
  7. Dih, pas baca soal mikir2nya itu,
    aku pikir yg kedua si Mbok bakalan mikir soal 'kasihan kudanya, aku ndak tega',
    gak taunya, huh!
    ck ck ck [-(

    ReplyDelete
  8. Waduh, satenya pedas nggak nih?

    *ngiler*

    ReplyDelete
  9. kalo di kabupaten jeneponto kuda ne di coto atau di buat sop konro mbak manda

    ReplyDelete
  10. welah, daging kuda katanya manis ya?! besok nyobain ah! sate kuda.. biar tambah HOT! hahahahhaah

    ReplyDelete
  11. Brengkes cecak?
    Bah...nggak akan pernah beli!
    Nggak bisa bayangin gimana saat aku yang notabene takut cecak makan nie brengkes!
    Ai..2
    Males!

    ReplyDelete
  12. Nanti pembeli bisa menunjuk sendiri kuda mana yang mau dijagal
    (eh gimana caranya blockquote di blogger yah?)

    asli ngakak guling-guling baca yang ini... =))

    kalo sifut kan orang langsung makan habis. lha kalo kuda? sebulan juga gak habis kalo dimakan sendiri

    kecuali kuda laut! hehehe...

    ReplyDelete
  13. kuda kok makan kuda...

    ReplyDelete
  14. hwahaahaha
    kudanya ga boleh keseleo..
    terus kalo yang panuan gimana?

    ReplyDelete
  15. herru9:33 AM

    lho... kok gak onok cerita khasiat sate kuda buat Manda? kan diajeng makan juga toh?

    piye hasilnya?

    ReplyDelete
  16. aku kok gilo y mbak manda..ngelihat kuda ada dah wedeni.tapi khasiat nya itu loh yang bikin kepengen nyoba...

    ReplyDelete
  17. sate kuda memang tokcer bisa menyehatkan dan menambah vitalitas.... :D

    ReplyDelete
  18. yakin tuh kuda bikin hot???? kudanya pake bikini ya???? hehehe

    ReplyDelete
  19. aku suka makan daing alot2...kalo gituh pesen yg keseleo ajah degh ...

    wow...bs penambha kejantanan..bisa2 bangkrut lah ituh si jamu kuku bima TL :P

    ReplyDelete
  20. abis makan sate kuda, rambut mbak manda rontok ga? katanya sih bikin rambut rontok krn dagingnya panas. (namanya juga sate, tentu aja panas kan abis dibakar dagingnya :P)

    ReplyDelete
  21. mbak, nggak mbungkus buat kangmas shah rukh khan?? :D

    ReplyDelete
  22. ada-ada aja ampe kudanya ngga bole keseleo...

    ReplyDelete
  23. Emange kuda ono sing engkel? :))

    ReplyDelete
  24. bapaknya bonaro12:18 AM

    wah kalo saya nyoba, bisa2 vanya punya adik lagi ... :)

    ReplyDelete
  25. Kalo sampeaan pengen tau dimana dapetnya sate kuda disini

    ReplyDelete
  26. Pusat Sate kuda disini http://saifulanwar.multiply.com/photos/album/9/warung_sate_kuda_mbah_modin_kuwak_kediri

    ReplyDelete
  27. Anonymous6:53 AM

    haiii para penggemar sate kuda.. Aku juga pernah cobain tuh. Kalo kalian mau yang rasanya bener-bener enak, makan sate kuda tuh di warung Special Kuliner sate kuda DEN BAGUS Jalan Bendul Merisi 22 Surabaya. Cabangnya ada di Jl. Dukuh Kupang Timur Jalur 8, Sby. Buener-bener Muuuaanteppp.. Selain sate ada juga tongseng, sate goreng, rica-rica.. Cobain choy..

    ReplyDelete
  28. saya juga punya alamat penjual sate kuda di kawasan Jakarta Timur : pak H. Lili di Rawa Domba Rt.07 Rw.09, Duren Sawit, Jakarta Timur. Telp. 021-91048555

    ReplyDelete
  29. Aditya6:27 PM

    Maksih infonya Pak Tommy...
    Insya Allah ntar sore mau sy kunjungi, sy perlu untuk pengobatan...

    ReplyDelete
  30. Anonymous5:17 AM

    sate kuda enak tenan makyoss, cobain aja sendiri dijamin top markotop

    ReplyDelete
  31. baru ada rencana makan nanti di bendul merisi ... xxoxoxo

    ReplyDelete
  32. Anonymous1:58 PM

    ati ati lho yo....kuda iku hewan tergolong PET/hewan tdk dikonsumsi manusia...menurut pakar di amrik ada virus yg bisa membahayakan manusia kalo dikonsumsi,beda dg sapi,ayam ato hewan ternak lainya.

    ReplyDelete
  33. aku jual daging kuda8991772992
    1kg 65ribu

    ReplyDelete
  34. aduh kasian baget kuda kok disate, tikus aja deh

    ReplyDelete
  35. HUm... Buat referensi yang pengen makan sate kuda Khas YOGYA boleh ke daerah Cibubur tepatnya di Cikeas, Gn. Putri (samping gerbang utama Cibubur Country)
    Kedai sate kuda TURONGGO milik P Daryono..
    Hum... rasanya di jamin Mak Nyus....
    Beda kayak sate2 yang biasa berbumbu kacang atau kecap... kalau ini bumbunya rasanya khas.... buanget... Pokok nya gak nyesel.

    Boleh Pesan juga loh kalau mau tanya2 bisa hubungi : 0877 7002 0303 / 021 9530 0681

    ReplyDelete
  36. Anonymous2:34 AM

    Ada yang tau CP sate dan sop kuda di Jalan pemuda rawamangun??? minta dong cp nya

    ReplyDelete
  37. aduhh jadi tambah lapar.. :)

    ReplyDelete