Thursday, December 13, 2007

Di Sini Ada (Rawon) Setan

Jaman sekarang, setan malah dicari-cari orang. Apalagi pas lapar …

Makanan yang satu ini cukup sensasional, setiap orang dari luar kota, artis, pejabat selalu menyebut Rawon Setan sebagai salah satu makanan yang harus dinikmati saat berkunjung ke Surabaya. Bahkan karena penasaran ada teman saya bertanya, “apa bener, ada setan yang jualan rawon ?Aiih…niat bener setan masak, bathin saya.

Sejarah rawon Embong Malang sudah ada sejak 1953. Dirintis pertama kali oleh Musiyah. Mulai berjualan pukul dua sampai pagi hari. Pembelinya, saat itu adalah pekerja dan pengunjung kafe dan bar-bar yang banyak bertebaran di daerah itu. Mbak Endang, salah satu penerusnya bercerita, karena langganan rawon neneknya kebanyakan pekerja malam, bahkan sempat dijuluki "Rawon Hostes".

Rawon Setan yang ada di Embong Malang, dulu dikelola oleh dua orang, yaitu Bu Mulyadi (Bu Sup) dan Mbak Endang. Musyiah, adalah nenek dari Mbak Endang, dan Bu Mul adalah mantunya. Sejak dua tahun lalu, keduanya sudah tidak akur lagi, dan memutuskan membuka sendiri.Mereka jelas-jelas perang terbuka, di setiap spanduk, terpasang foto wajah mereka ( gaya 3X4, khas foto KTP), sebagai trade mark-nya.


Jika dua tahun lalu, Anda bertanya “ di mana sih rawon setan ?” pasti semua menjawab di depan hotel JW Marriott di jalan Embong Malang. Tapi, kalau sekarang, agak susah menjawabnya, karena rawon setan sudah membuka cabang di mana-mana dan hampir semua mengklaim sebagai "SETANNYA RAWON"

Waktu masih akur, rawon setan tersohor karena, potongan dagingnya besar-besar. Aromanya gurih kaya rempah dan taburan bawang goreng. Kuahnya…sedep bener, kentel nggak pelit ngasih kluwek. Rasanya makin marem, ditambah sambal, kerupuk udang dan taburan tauge pendek. Kurang puas dengan lauk daging, biasanya saya nambah, "telur asin, tempe mendhol, bergedel kentang, gorengan paru, babat, dan usus."

Lalu “setan” yang mana yang direkomendasikan ? Hhmm… agak sulit menurut saya, karena masing-masing setan punya pemuja sendiri-sendiri. Atau, Anda coba sendiri, untuk memutuskan memuja aliran “nikmat” berikut ?


Rawon Embong Malang (Mbahnya Setan)
Jl Embong Malang (depan JW Marriott)

Rawon Bu Sup (Mantunya Setan)
Jl Jemursari 138
Jl KutisariUtara 42
Jl Kedungdoro 22 b
G-Walk CitaRaya

Rawon Mbak Endang (Cucunya Setan)
Jl Simpang Dukuh (Depan Kompleks Andika Plaza)
Jl HR Mohammad
Jl Genteng Kali
Bandara Internasional Juanda

26 comments:

  1. didut si tukang makan2:06 AM

    ehem ehem ...*masuk list kuliner yg hrs dicoba*

    ReplyDelete
  2. Kudune sing paling enak iku sing punyanya "mbahnya setan", lha wong mbah'e ngono lho... simbah2 kok dilawan...

    laperrrr...

    ReplyDelete
  3. rawon ini mahal. memang sih bikin penasaran tamu2 dari luar surabaya. tapi sbg penduduk dlm surabaya sendiri kayaknya aku ogah bayar segitu mahal buat satu porsi mangkok hehe.

    btw titip link:
    http://mimimama.blogspot.com/2006/09/legenda-rawon-setan.html

    ReplyDelete
  4. lah kok satu porsi mangkok, maksudnya satu porsi rawon, ato satu mangkok rawon gitu lho. korslet :D

    ReplyDelete
  5. http://deteksi.wordpress.com4:37 AM

    wa.. jadi inget masa muda, pulang siaran jam 1 dini hari langsung meluncur ke rawon setan, makan kenyang, pulang, tidur...

    waktu itu rawon setan hanya di depan jw.mariot itu, jadi gak bingung. rasanya otentik. khas potongan daging segede gaban :D

    *jd laper..*

    ReplyDelete
  6. mungkin kalo saya yg nyoba rawon ituh bakal kerasukan setan..soalnya nambah melulu...
    duuuhh laper euuuyyy

    ReplyDelete
  7. pernah nyoba rawon ngguling??? aku tadi lewat trus lihat.. itu gimana ya? apa makan rawonnya sambil guling2 gitu?

    ReplyDelete
  8. jik enak rawonku :P

    @anang: bukannya rawon nguling? nguling kan nama daerahnya

    ReplyDelete
  9. http://www.inijie.com6:19 PM

    Blom pernah nyoba, dan anehnya kok aku gak penasaran ya :D Secara, kata orang2 masih kalah dgn Rawon Kalkulator Taman Bungkul.

    Hmm, kalo udah urusan duit.. sodara bisa jadi gak akur ya. Miris.

    ReplyDelete
  10. aku kok belum tau di ajak makan2 disini yo... btw makan rawon di RAWON SETAN itu top karena rasa atau karena nama


    kunjungi galeri nirmana dengan posting terbaru unan unan

    ReplyDelete
  11. " potongan dagingnya besar-besar. Aromanya gurih kaya rempah dan taburan bawang goreng. Kuahnya…sedep bener, kentel nggak pelit ngasih kluwek. Rasanya makin marem, ditambah sambal, kerupuk udang dan taburan tauge pendek. Kurang puas dengan lauk daging, biasanya saya nambah, "telur asin, tempe mendhol, bergedel kentang, gorengan paru, babat, dan usus."

    Ya Allah mendol kok kamu kaya setan makannya he..he..he...

    ReplyDelete
  12. Buat nn alias Landy / anjas/ ember :

    ah, ngga aku khan kelasnya bukan setan tapi "Si Manis Jembatan merah Plasa" :)

    ReplyDelete
  13. di Jakarta ada cabang di Kemang raya..saya sering kesana, dan memang masih gede gede dagingnya..uhh jadi lapaerrr

    ReplyDelete
  14. aku gelemmmm....rawon oiiii make lalap kecambah sama sambel trasi, trus krupik ny siok...wuihhhhh enakkkk seger
    ndak perduli..setan dhemit ato uwong tenan.....kekekeke

    ReplyDelete
  15. http://lisan.gudangbaca.com/3:32 AM

    Klo di Jakarta ada rawon setan ngga yah? Karena saya baru tau niey ada makanan ini ^^

    ReplyDelete
  16. rawon ya? ... jadi pingin.
    bedanya apa sih sama konro makassar bumbunya

    ReplyDelete
  17. Jadi, sebenernya kenapa dibilang Setan, mbok?
    *garuk2 pala masih ndak ngerti*
    hehehe, perseteruannya mirip ayam Suharti yah, mbok? :D

    btw, si mbok gede banged itu mbok tulisan dagingnya gede2,
    si mbok napsu nihhh


    *kaboorrr xP*

    ReplyDelete
  18. di casablanca-jakarta udah ada juga cabangnya Mbak Endang... tapi kok masih lebih enak pas masih jaman rawon setan masih akur di depan jw makerot...

    ReplyDelete
  19. hmm..rawon..manyus pisan euy..alhamdulillah pernah coba tuh rawon mbak..

    ReplyDelete
  20. Mbak La, aku laperrr.... mau nyipin rawonnya :D

    Pakai mendhol yaaa, mbak :D

    ReplyDelete
  21. Aku pernah liat di Kemang Jaksel ada Rawon Setane mba Endang.....asli gaya, atau jangan2 Setan Beneran, he....heee....

    ReplyDelete
  22. Mbak, pernah makan Rawon Rampal di Malang nggak?

    ReplyDelete
  23. nico kurnianto2:40 AM

    saya belum pernah coba, tapi katanya orang-orang yagn sudah coba rasanya biasa. mungkin setelah antri lama perut terasa lapar dan makanan menjadi enak...kali!

    ReplyDelete
  24. aduuuhh.. ngga enak banget rawonnya. Kapok kesana.. ini rawon paling ngga enak yang aku pernah makan. Masih enakan rawon pucang yang biasa bgt bumbunya itu.
    Temenku malah lebih ekstrim lagi, katanya rawonnya kok bau rada gimana gt ya.. akhirnya udah beli ngga dimakan

    ReplyDelete
  25. Anonymous3:02 AM

    kalo aku setuju bgt tuh nama rawon setan... tp bkn krn bukanya malam hari. nama itu sangat pas dan kita baru sadar ketika kita uda slese makan n nunggu mbak kasir yg ketus n cuek bilang harganya... baru deh kita bilang SETAAAANNNN.... rasa n harganya bener2 gak sesuai...

    ReplyDelete
  26. Biro Travel Haji Plus dan Umrah terbesar Indonesia , mrpk penyelenggara Haji Plus dan umrah resmi dan legal, didukung tim yg sudah pengalaman dlm memberikan layanan bg jamaah haji plus maupun jamaah umrah. Seja 1990 tlh berangkatkan lebih dr 50,000 jamaah dr seluruh wilayah Indonesia, bergabunglah dan dptkan solusi cerdas bg yg ingin menunaikan ibadah haji dan ibadah umroh dgn biaya murah dan bahkan gratis haji 2012 dan umrah 2012 - biro umroh 2012
    Ramuan yg terdiri dr bahan herbal alami melancarkan darah, membersihkan toksin berbahaya. termasuk organ yg sakit disebabkan penyakit spt hipertensi, diabetes, stroke, asam urat, kolesterol tinggi dan mampu membantu kesuburan , yg sulit hamil dpt segera mendpt momongan. Obat ini punya efek obat kuat, memfungsikan kembali impotensi dan ejakulasi dini .

    TOKEK = tokek adalah nama umum untuk menyebut cecak besar anggota marga gekko, suku Gekkonidae. (Gekko gecko), Tokek juga disebut dengan tokay.

    Mengatasi Tekanan Darah Tinggi atau Hipertensi,Tekanan darah tinggi atau hipertensi mjd salah satu faktor penyebab stroke, serangan jantung, dan juga gagal ginjal. Bagaimana cara mencegah hipertensi?

    Butik Online Baju Hamil muslimah & Baju menyusui muslimah di Indonesia, dengan harga relatif murah namun kualitas.Baju Hamil Muslim Modern Terbaru 2011 Busana Baju Hamil khusus muslimah. Baju menyusui khusus muslimah.

    ReplyDelete

Lactogrow Happy Wonderland ; Taman Bermain Impian

Happy bangets, pas ada undangan …. “Ajak anaknya ya….”  Wah, sudah kebayang wajah Si Mala, yang pasti sumringah. Undangan ini da...