Sunday, November 18, 2007

Its Manggo Time

Lagi musim mangga sepertinya …
Buah mangga tidak sekedar dimakan biasa, atau dijus. Pas saya diundang Surabaya Plaza Hotel, saya menemukan sajian serba mangga, mulai appetizer sampai dessert. Menu-menu bertema mangga ini disajikan dengan sangat istimewa dan unik. Ada Parfait Manggo, Mahi-mahi sambal Mangga, Panacota Mangga, Terrine Manggo, Mini Manggo Pie, dan Dome Manggo
Sebenarnya tidak ada bosannya, makan buah mangga. Karena jenisnya banyak sekali. Ada beberapa mangga yang sangat familiar dan menjadi favorit saya.

Mangga Gadung(an), ada yang tahu kenapa namanya Gadung ? Padahal ini bukan mangga jadi-jadian, kenapa ya disebut Gadungan ?
Kweni, waduh kalau makan ini saya selalu batuk. Karena serik di tenggorokan. Paling pas dibuat manisan. Lha kalau sudah dibuat manisan..saya baru doyaaaan.
Manalagi – Di depan rumah lagi berbuah lebat mangga ini. Mentahnya enak dibuat rujak, didulit ama garam plus lombok sudah kemeces di mulut. Namanya, dalam sekali…soalnya kalau makan satu kayaknya nggak cukup. Tapi.mau..mau lagi (lha kok kayak iklan momogi) ???

Kalijiwo/lalijiwo, ini mangga yang sering buat saya emosi. Rasanya manis , tapi bentuknya kecil sekali..nggak telaten ngupasnya. Biasanya embok saya telaten ngupasin buat saya, seperti namanya, kalau sudah makan ini seperti lalijiwo, alhasil....satu keresek besar bisa saya habisin sendiri .

Mangga Madu,
ini mangga manissss sekali bak madu. Sayangnya seratnya juga banyak. Embah saya punya cara sendiri menyantap mangga ini. Mangga ini pertama dibanting-banting dulu, atau dipukul ama ulek-ulek.. nggak terlalu keras, asalkan dibuat empuk dagingnya. Lalu di ujung mangga dibuat lubang kecil ..lalu dikenyut. Praktiss..nggak pakai ngupas.

Poh Lanang,
aduh nama Indonesianya saya lupa…yang jelas embok saya, sering nyebutnya Poh Lanang…waktu masih kecil, saya sih cuek aja soal namanya. Tapi ..sekarang kalau diamat-amati ternyata Poh Lanang, bentuknya emang kayak “itu” *ngikikk

Foto by : Tiara-Si Anak Magang

21 comments:

  1. lagi musim mangga ya? pohon depan kantor juga pada berbuah nih...

    ReplyDelete
  2. disini juga lagi musim tuh mangga, dimana orang jual mangga, tapi gak ada yang di olah seperti itu

    ReplyDelete
  3. he, iya, di rumahku juga lagi banyak mangga nih. kemaren dikirimi seseorang karena kebonnya lagi panen :D

    ReplyDelete
  4. Ndol, ada yang kurang. Mangga yang bokongnya warna merah. Aku ya lupa namanya. Yang pasti bukan beruk.

    ReplyDelete
  5. aku minggu wingi menek wit pelem sebelah gedung trus rujakan karo rek-arek :D nekaaaatttzzzzz

    ReplyDelete
  6. mangga kweni enaknya dibuat es mbak, slurrppp...
    mbak, itu mangga kalijiwo apa talijiwo tho? aku kok taunya talijiwo yaa?

    psssttt... jadi Tiara yaa... kekekekekekkk. Anton kamu ketauaaann... hehehee :D

    ReplyDelete
  7. Mau donk mendol

    ReplyDelete
  8. Bentuknya cantik2 ya, jadi eman buat dipangan. Kalo aku mending di jus aja.. slurp2.. :D

    ReplyDelete
  9. hm...dredes air liur ini melihat makan makanan enak dan begizi di blog mbak manda...no comment ma ni makanan..mantap abis deh..

    ReplyDelete
  10. baru denger ada mangga yg hrs dibanting2 ato dipukul2 dulu... unik juga ... belom pernah nyoba aku ...

    kalo mangga mangkel paling uenak..dibikin sambel...
    aarrgghh udah ah..lapeerrr neeehh

    ReplyDelete
  11. adooooooh...ngilerrr..ler akuuu...
    itu mangga yg di banting2 tuh yg aku suka banget (waktu kecil), rasanya jadi kangen...tapi yg paling enak mangga colongan dari rumah tetangga...hihihi...

    ReplyDelete
  12. mangga madu kl di kampungku sono namanya unik : pelem njut-njutan.
    jd ni pelem (bhs jawa utk mangga) di banting2 sampe benjut dan ancur dagingnya jadi tinggal sari buahnya.
    sari inilah yg kita sesepin kaya madu..

    tp skr dmn ya nyarinya?

    ReplyDelete
  13. sampeyan jadi seksi konsumsi tugupahlawan ya

    ReplyDelete
  14. kalo yang ini cocok buat yang lagi hamil ngga ya ??

    ReplyDelete
  15. Kalo mangga Kiwi tau gak, mbok?
    Aku juga awalnya kaget.
    Mangga ya Mangga, Kiwi ya Kiwi,
    eh gak taunya ada Mangga Kiwi.

    Kalo mangga aku juga ndak suka2 banged,
    Malah milih2 dulu kalo makan mangga,
    gak kayak si mbok yg apa aja demen

    huwaaaaaaaa, kabuuuurrr!
    Lari yg kenceeeeeeeennnggg xD

    ReplyDelete
  16. Oh, itu ternyata namanya mangga madu tho? aku malah baru tahu... Selama ini ome saya ya cuma bilang itu mangga penyet.. Hahahaha

    ReplyDelete
  17. Aku paling suka dengan puding mangga, lembut banget hehehehe...

    ReplyDelete

Liburan ke Bali? Yuk, Kunjungi 7 Tempat Wisata Kuliner Terindah Ini

Bicara kuliner, masakan khas Bali menjadi salah satu yang paling digemari. Apalagi jika tempatnya diselimuti keindahan alam, tentu meng...