Monday, May 28, 2007

Nasi Tiwul Telaga Ngebel


Sensasi makanan kali ini datang dari Telaga Ngebel. Tempat wisata ini merupakan tempat wisata yang bagus untuk dikunjungi karena pemandangannya yang menarik, dengan pemandangan telaga yang indah, Di tempat wisata ini kita dapat melihat sebuah telaga yang dikelilingi dengan hutan yang rimbun dan nampak masih sangat alami.

Di pinggiran jalan menuju telaga, terdapat warung-warung sederhana, namun dengan sajian yang luar biasa yaitu ikan Ngogok dan ikan khas telaga lainnya. Ikan ini disantap dengan nasi tiwul, lalapan dan sambal pedas. Benar-benar lezat.

Oh iya, ikan Ngogok adalah ikan yang hidup di telaga ini, sebagai pendampingnya yaitu nasi tiwul. Hmm..nasi tiwul ? Ternyata makan nasi tiwul, asikk juga, rasanya
mak kletuss di mulut, karena sedikit agak keras, beda dengan nasi putih yang pulen.

Saya penasaran banget dengan menu ikan Ngogok ..ternyata rasanya gurih, mirip ikan wader, banyak durinya..wis nggak telaten makannya. Saya lebih memilih ikan nila. Ikannya ngga terlalu besar, jadi dagingnya sedikit. Sambalnya pedesss banget, terpaksa minta tambah nasi tiwul, eh,…nasinya habis,…minta tambah ikan…eh ikan masih ada, minta tambah sambal.

Setelah, memesan menu nasi tiwul, lalapan, dan ikan. Saya pun menambah satu lauk (seperti biasa.), yaitu Nasi Goreng tiwul. Wah, nasi goreng bumbu ndeso ini weeenak banget, padahal saya sempat ikutan ngulek bumbunya, lombok kecil, bawang merah, terasi, ama garam. Sederhana banget khan, tapi wuenakk banget, gurih, pedes, dan agak sedikit sangit, malah bikin rasanya tambah nikmat. Nasi goreng tiwul ini masih hangat, asapnya ngepul-ngepul trus dimakan dengan irisan timun.
Ah.....satu mulut saya tidak berhenti makan !!

Foto : Anton Kusnanto

21 comments:

  1. yess..!! pertama...!
    slurpp... slurrpp... aku ngiler karo sego goreng tiwul. Piye rasane yo? haduh kayaknya sambelnya enak banget... slurrppp... (ngeces...)

    Wah ngomong2 soal wader, nitip dong... ntar kalo calon guru mo kesini, titip dia ya mbak, suruh dia bawain ke sini (bletak..! langsung dijitak calon guru, blm jd murid wis kongkonan sik, hehe).

    Lho mbak, katanya cooking class, kok beginian tho? ini cooking classnya??

    ReplyDelete
  2. wah yang ini nih aku belum pernah...
    semakin ndeso semakin original...

    ReplyDelete
  3. Tiwul?? opo.. kuwi?? aduh..... ga level ma makanan tradisional. pedas lagi. hahahahahaha.....

    *kidding

    ReplyDelete
  4. Anonymous4:43 AM

    puas...puaaas....
    iku unine cangkeme Thukul(termasuk aq)...nek tau hal2 berbau ndeso...hee

    ikutan ngulek yo mbak.....(anake bakule nganteng paling iku...hayooo)

    rasane atoz mana ama nasi jagung??

    rodo sangir rasane...walang sanget be'e. Tapiaku penasaran....

    madhayudis.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. tiwul? bukannya makanan sing di taburi kelopo iku to mbak dari singkong? eh dari apa yo iku?

    lah koq maeme pake lalapan barang? aduh dadi pingin nyobak

    ReplyDelete
  6. Tiwul,... itukan nama Bude ku, hehehehe.

    ReplyDelete
  7. Anonymous8:03 PM

    hehe aku coment dibawahnya anggota trio macan, dasar mendol lak wes mangan pengene nambah wae, ati-ati perutmu nanti tambah buncit, ngomongin buncit jadi keinget sego pecel warung buncit heheheh

    ---- cahgoblog----
    males login

    ReplyDelete
  8. @rey : tega banget si guru disuruh bawa wader..gimana kalo ikan gatul aja wakakaka!!!

    @madha :
    "ikutan ngulek yo mbak.....(anake bakule nganteng paling iku...hayooo)"

    halah...halahhh.. sstt yg ganteng yang beli, jadi aku pura-pura ngeladenin..cieee ketahuan

    @Mas Laks: tiwul, gatot, atau tape gaplek, berbahan singkong/ ubi kayu..jadi sama aja, dengan beras tiwul beda pengolahan dan penampilan :)

    ReplyDelete
  9. Anonymous2:49 AM

    Pancet ae, mangaaaaaaaan terus.., eh rujakan po'o kayak dulu. Goyang inulmu bikin heboh

    ReplyDelete
  10. nyam nyam..
    tapi koq terasa ada yang kurang yah...
    oiya !!
    mana KECAP BANGO nya..????
    huahahaha

    ReplyDelete
  11. mana FOTONYA???

    nasi Tiwul? Terakhir makan pas dolan ke Wonosari, Gunung Kidul pelosok..

    Ternyata masih ada.. :D

    ReplyDelete
  12. eh tante mendol...ini aKSA bONARO. Kat mama, yante manda tuh suka makan apa aja...bener ya Te?

    ReplyDelete
  13. hi,
    yakin ini enak? kok aku agak ga suka tiwul. HEhe...

    ReplyDelete
  14. Ngebel.. sangit..
    huahaha...

    dengernya gimanaaaaaa gitcu...

    ReplyDelete
  15. spt nasi goreng yah mbak..wah jadi laper deh lihatnya, palagi klo buat sarapan skrg pasti enak deh...

    ReplyDelete
  16. Ah.....satu mulut saya tidak berhenti makan !!

    aahhh..
    kapan sih mulut mbak Mande bisa brenti makan..?

    *huwaaa... sapa sih neyh yg ngelempar gue pake emberrr? xP*

    ReplyDelete
  17. telaga ngebel dimana ya? kapan2 ajak gw dong rey, gw traktir deh..mampu kok cuma makan nasi tiwul ama ikan goreng doang mah

    hehehe

    ReplyDelete
  18. salah tuh hrsnya mendol knp jd rey ya

    ReplyDelete
  19. @azhar, gw maklum bang azhar, kadang ngga bisa bedain SB gw, apa punya si Rey, soalnya dia malah demen di sini.
    gpp bang, buat Rey..diajak azhar ke telaga ngebel..aiiii..mau dong jadi ikan ngogok-nya hehehe.

    ReplyDelete
  20. Wahh saya surprise, ada makanan enak di dekat telaga Ngebel....jadi kangen pulang nih.

    Ini telaga Ngebel yang lokasinya di selatan Madiun ke arah Ponorogo kan?
    Kalau pulang kampung, bisa ditengoki nih...makasih ya infonya

    ReplyDelete
  21. Anonymous11:37 PM

    t4knanganq lah pokoke.....
    4 some1 d madiun sana yNg nO RE ***551

    ReplyDelete

Lactogrow Happy Wonderland ; Taman Bermain Impian

Happy bangets, pas ada undangan …. “Ajak anaknya ya….”  Wah, sudah kebayang wajah Si Mala, yang pasti sumringah. Undangan ini da...