Tuesday, January 30, 2007

Kangen Daun


Oalaa… kangen kok ya sama daun. Hehe...

Sekedar mengingat romantisme masa kecil.

Andok, nungguin bok Madura ngulek rujak cingur, nyegat mbah penjual semanggi, yang cuman lewat hari Minggu siang.
Menangis bombay minta dibeliin lupis dan cenil.
Asyiknya, rebutan putu dan klepon menjelang mahgrib.
Duh, kangennya ! Yang dikangenin lebih-lebih itu lho, daun pisang yang dibuat alasnya.
Nyari makanannya nggak sulit, tapi yang sulit itu nyari penjual yang masih menggunakan alas daun pisang. Sekarang, beli rujak cingur, alasnya kertas bungkus warna cokelat. Itu bagian dalam-nya. Setelah itu didobel kertas koran.
Beli semanggi di pujasera,
duh pakai stereofoam. Ekstrimnya lagi, pas beli bubur sum-sum di pasar, bok penjualnya sudah pakai plastik. Pas minta pake daun, eh … malah malah disobekin daun pisang dikitt, trus dilipat jadi dua. “Mbak’e, daunnya dibuat sendok ae… !” Grrrhhh….Muangkelno ati…jan…!.

6 comments:

  1. lah ya itu padahal yang bikin mak nyusss justru daunnya itu. La kalo diganti jadi sterofoam ya jadi maknyoossss...!ndak nikmat lagi...wis dibalekke ae mbak jajanane nek ngono kui..hehe

    ReplyDelete
  2. ada aroma beda ketika pake alas daun ya mbak...
    yg bikin saya gak selera lagi itu kalo lontong yang bungkus dari daun di ganti plastik...
    jaman dah berubah :D

    ReplyDelete
  3. ngunu kui duduk masalah wong e ndak gelem menyediakan hidangan dengan perpek... masalahe seng dodol merasa kasihan sama pembelinya.. lah wong pembelinya wes lemu ginuk-ginuk malah dihidangkan barang yang tidak senonoh... tambah lemu kapok kon!!!!

    ReplyDelete
  4. Padahal pincuk daun itu yg enak,... aroma baunya enak banget, harruumm... hhmmm

    ReplyDelete
  5. Yen aku mulih kampung, yang tak cari nasi pecel yg pakai pincuk daun pisang, kalau pakai piring tak tinggal wae,rumangsaku luweh sreg kalau pakai pincuk

    ReplyDelete
  6. kagem
    Mas triadi : wadoh mas, barang yang sudah dicicipi nggak bisa dibalikin tuh.

    Mas Laksono :lntong plastik ? bener mas nggak ada sensasi ijo'e blass

    blukutuk :hi....hi biar lemu ginuk-ginuk bikin yang liat nggak nahan buat nowel tuh. hehe

    Iko : bener..ko .harummm

    Mas Hery : Mas, kayak pepatah. Pecelnya boleh dibawa kemana-mana tapi pincuknya kembali ke rumah. Walah..walah opo to yooooo

    ReplyDelete

Liburan ke Bali? Yuk, Kunjungi 7 Tempat Wisata Kuliner Terindah Ini

Bicara kuliner, masakan khas Bali menjadi salah satu yang paling digemari. Apalagi jika tempatnya diselimuti keindahan alam, tentu meng...