Wednesday, October 18, 2006

Kacang Goreng Lorjuk..Dahsyat Men


Sebelum daku mudik ke Malang nih, mo posting satu cemilan yang lainnya plus fotonya Mamuk

Kalau ada kacang goreng ayam ala Masako, ada satu resep kacang yang ngga kalah dahsyat, yaitu KACANG GORENG LORJUK.
L
orjuk sejenis kerang yang biasa hidup di pantai pasir ini, biasanya kalau digoreng berwarna kecoklatan, rasanya gurih campur manis.Inilah salah satu makanan khas madura yang menjadi idola banyak orang. Menjelang hari Raya, lorjuk menjadi incaran ibu-ibu rumah tangga untuk disajikan sebagai hidangan. Lorjuk sangat disukai karena tidak saja rasanya gurih dan enak tetapi gizinya juga tinggi.

Selain digoreng lorjuk juga bisa di masak dengan aneka menu, bisa dibuat sambal goreng atau bothok. Lorjuk siap saji dijual dengan harga Rp 50 –Rp. 70 ribu. Lorjuk asli Madura bentuknya lebih kecil dibandingkan lorjuk dari Kenjeran. Lorjuk asal Madura sering dicari konsumen karena lebih gurih.

Bahan Kacang Goreng Lorjuk khas Madura.
-Lorjuk kering (siap beli), di Pasar Genteng, kalau mo murah lagi ya ke Kenjeran.
style="COLOR: rgb(153,0,0)">- Bawang putih iris tipis secukupnya. (Banyak sih tambah mantap)
Caranya : Kacang tanah goreng garing. Bawang putih goreng garing juga. Lalu di opyok bersama dengan lorjuk. Sederhana banget sih, tapi rasanya dahyattttt Men….. .


4 comments:

  1. mau dong dikirimin lorjuk :)

    met Idul Fitri ya mbak.....

    ReplyDelete
  2. Anonymous8:51 PM

    Di rumah ada ngga? Nek onok, aku tak mrono.. mangan lorjuk...

    ReplyDelete
  3. Tengkyu yach Mbak dah mampir :-) seneng deh bisa kenal ma Jurnalis Kuliner so bisa konsul nie, maklum Jeng diriku nieh pemula jadih lebih sering ga2lnya hihihi

    ReplyDelete
  4. Cak arif5:45 PM

    Kalau pagi gak kalah enae, dengan kopi seduh ada renginang lorjuk pasti enak ya.

    Cak arif

    ReplyDelete

Liburan ke Bali? Yuk, Kunjungi 7 Tempat Wisata Kuliner Terindah Ini

Bicara kuliner, masakan khas Bali menjadi salah satu yang paling digemari. Apalagi jika tempatnya diselimuti keindahan alam, tentu meng...