Monday, September 26, 2016

Mari Jo Ka Manado (2)

Ini Lanjutannya …..

Diantar  tante, kami berdua blusukan di Pasar dekat rumah. Mulai milih-milih kue tradisional..yang rata- rata mirip kayak di Jawa. Ada apem, cucur, dadar gulung.
Bedanya, di Manado rasanya lebih kuat, dan ada beberapa bahan yang mungkin tidak ditemukan dengan di Jawa.




Satu lagi,…gula merahnya itu. Hmm… lebih pekat, cenderung ke coklat tua. Nah, inilah mengapa cucurnya, apemnya, enten-entennya kok coklat tua bangets.. ..ya karena gula merah..eh gula coklatnya ini.  
 Trus..di Manado ini banyak sekali yang jual nasi kuning. Heraan…soalnya nasi kuning itu khan wong Jowo bangetslah, kalau ada syukuran, bancaan, biasanya pakai tumpeng nasi kuning. Penasaran donk, ternyata nasi kuningnya bolehlah mirip…tapi lauknya beda. 


Nasi Kuning berbungkus daun wokah
Bedanya nasi kuning di sini ada suwiran ikan cakalangnya… trus, ngga ada tuh mie kuning, di sini pakai bihun. Tempe kering masih ada sih, tapi bergedel kentang ngga ada, gantinya kayak suwiran kentang..tapi kata tanteku itu ubi..dibuat kayak kering tempe. Rasanya…. Weeenak puolll…sambal dan ikan cakalang suwirnya itu loh bikin…lidah ajeb-ajeb! 


Ikan bakar sambal dabu-dabu, sampai ayam daun wilem..sadaapppp
 Oh iya..mumpung di rumah tante, dan ketemu Oma Eva, saya belajar masak. Tahapannya, saya bantu iris-iris bumbu, trus bersihkan ikan, barulah dipercaya ngulek dan numis bumbu. Hahahaha..ada level-levelan..ternyata. Hadew...
 

Wow…soal bumbu, di sini lebih gampang. Banyak ngandalin jahe, daun salam, kunir, sere,  tomat, sama cabe rawit. Pokoknya pedes nyelekit. Kalau saya hitung-hitung..itu dua kali masakan, kayaknya ngabisin lombok sekilo. Padahal ..kalau di rumah, saya kalau beli lombok campur rong ewu…seminggu juga ngga habis (laaah….ngga tau masak gimana mau habis yaaa???) wakakakaka…. 

Yang jelas, happy bangets saya bisa berkunjung lagi ke Manado. Makanannya enak-enak, pedes gila. Dan saya makan tanpa rasa bersalah. Lah setiap habis makan trus ke belakang…gara-gara ngga kuat pedesnya ...hahahah!!!

Lactogrow Happy Wonderland ; Taman Bermain Impian

Happy bangets, pas ada undangan …. “Ajak anaknya ya….”  Wah, sudah kebayang wajah Si Mala, yang pasti sumringah. Undangan ini da...