Skip to main content

Belajar 'Nyeduh' di Beskem Cafe

 
Yess...We Are Dulur Beskem

       Saya bener-bener awam soal kopi, mikirnya cuman ambil bubuk kopi, kasih gula, banyu Omoob. Wis! Tapi undangan dari Beskem Café membuka wawasan saya.



Beskem Café, memang tak sekedar tempat ngopi tapi juga membawa misi edukasi kepada pengunjungnya. Salah satunya dengan mengundang, blogger datang ke acara ini, kata Wenny, owner café ini, ia ingin membuat segitiga positif antara Beskem Café – Community – Pelanggan Retail.  
 “Acara cangkrukan akan bersifat membangun komunikasi awal dengan para blogger tanpa melupakan sharing product knowledge mengenai Beskem Café.” 


Saya belajar banyak mengenai kopi di acara Manual Brewing, All about Siphon. Dari expertnya langsung, Monica Tjandra, tentang brewing, ternyata mempunyai kisah menarik, dan prosesnya tidak sim salabim!
Menyaksikan atraksi manual brewing a la Monica, dari menyeduh dan menghidangkan kopi sangat detail. Monica sangat piawai. Kalau ditilik dari pengalamannya sangat luar biasa, karena lama di hotel, bahkan, mendapat penghargaan Certified as an espresso expert by Illy Coffee on 2015. Meski sekarang tercatat sebagai Training Manager Padma Resort Ubud, tapi kecintaannya kepada kopi yang membawanya menjadi barista. 

 Super Duper Enerjik Monica

Suka deh, lihat gaya Mbak Monica presentasi, soalnya ngga jaim, banyak ketawa tapi  tetap menunjukkan skill-nya sebagai barista. Sembari cerita, taste kopi bisa kaya hanya karena kopinya dekat dengan perkebunan tanaman tertentu. Monica juga menuturkan, tentang banyak faktor yang mempengaruhi hasil rasa kopi ketika diseduh. Soal Manual Brewing ini penjelasan seperti ini :

……….Manual brewing adalah salah satu jenis penyeduhan dalam menghidangkan kopi. Manual yang berarti tangan, brewing yang berarti menyeduh, dapat diartikan menjadi penyeduhan kopi yang dilakukan mengandalkan penuh tangan manusia dan tidak menggunakan peralatan yang berhubungan dengan listrik. ..……..- Sumber - Internet

Dari proses ini, diketahui bahwa manual brewing selalu menghasilkan rasa berbeda, kata Monica, ini justru merupakan hal yang menarik bagi seorang barista. “Barista pada umumnya ketagihan pada metode ini, karena karakter kopi yang dihasilkan berbeda-beda,” ungkapnya


Menyaksikan ritual menyeduh kopi sangat menarik, agak-agak bergaya scientist, karena bentuk siphon mirip alat di laboratorium Alatnya terdiri dari empat bagian utama yaitu dua tabung atas dan bawah, pipa yang mengalirkan air dari tabung bagian bawah ke atas, filter untuk menyaring ampas kopi, dan terakhir adalah pemanasnya itu sendiri.

Kata Monica, Kopi yang dihasilkan dengan Siphon ini dipastikan memiliki rasa dan kualitas yang sangat baik. Kopi yang dihasilkan memiliki rasa yang murni dan tidak pahit. Terdengar agak aneh sih, bukannya kopi indentik rasa pahit? Rasa penasaran ini pun terbalaskan, satu gelas kecil menjawab kegusaran ini. 
Aroma harum semerbak tercium, sangat smooth. Begitu dirasa, hampir tak percaya jika itu adalah KOPI! Karena rasanya asam, tapi inilah citarasa kopi murni, disajikan tanpa gula, tak ada pahit, malah menghadirkan rasa asam segar sesudah lewat tengorokan. Awesome...!!!

Beskem Cafe
Jl. Panjang Jiwo Permai No 40
Fbpage I Instagram @Beskemsby  


Comments

  1. ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    Wah, seru ya belajarnya sambil ketawa, kalau dulu belajar brewing serius banget.
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬

    ReplyDelete
  2. Justru itu... hal yang sulit, jadi mudah ditangkap, karena Si Monica punya cara asyik menyampaikan soal manual brewing.... and kita bisa ngincipin langsung hasilnya....ini yang bikin tambah seruuuu

    ReplyDelete
  3. Sepertinya seru. Dapat pelajaran baru dan pengalaman tak terlupakan :D
    Brewing setahu saya memang harus teliti, karena salah sedikit rasa kopi akan berubah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul.... di sinilah tantangan buat baristanya. Thank you Emily Santoso

      Delete
  4. Mbak La Mendol masih rajin posting kegiatan nakam-nakam yaa...
    Hihihi, seneng nyaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih Mbak Itja...iya mbak masih eksis tapi lebih eksisnya lagi di IG : mandaroosa

      Delete
  5. wow, semangat dan sukses ya Mbak,
    keren banget deh

    ReplyDelete
  6. makasih nih untuk artikelnya

    ReplyDelete
  7. Ana menuden istediginiz yemegi tarifine bakin yemek tarifleri super yemek tarifi
    Diyet tarifi bulabilirsiniz diyet yemekleri Sizde hemen gelin

    ReplyDelete
  8. visit my site too
    ST3 Telkom
    and follow my social media instagram please :
    Jalin Atma

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rejekine Wong Lemu

Memory Gubeng Pojok

Kisah Cinta Sharukhan dan Spring Bed


Tempat makan lawas, dengan harga ramah di kantong ini salah satunya, Gubeng Pojok. Saya punya memori indah dengan depot satu ini. Ya masa-masa jaman pacaran sama my sharukhan, masa-masa habis nonton bioskop di Mitra, dah gitu kelaparan nyari makan. Ke sini tempatnya. Alasannya, murah bangets, masuklah buat my sharukhan yang pacarnya sekali makan bisa 2-3 piring…hihihi

Seporsinya dulu cuman Rp 8 ribu-an, ngga beratlah kalau saya nambah 2 kali, masih masuk akal. Hihihi..
Tidak ada yang berubah di gubeng pojok, kursi meja suasananya tetep. Yang berubah harganya. Sekarang sudah Rp 11.000,- tapi masih murah seh nurut saya. 


Dari dulu sampai sekarang my sharukhan seleranya tetep. Krengsengan, sama jeruk anget. Wis!. Kalau saya juga tetep, kare ayam, nasi goreng, rawon. Maksutnya habis makan rawon, nambah nasi goreng, kadang kare ayam. Ya maksutnya pancetnya nambah 2 sampai 3 piring getoooo.


Pilihan kita duduk di pojokan, sambil mengenang masa pacaran…cieee c…

Makan Enak, Nyantai di Hotel Berbintang dengan Pemandangan Indah Luar Biasa

Yuks, bro and sis.. tandai kalender kalian, buat bisa berlibur ke sini. Pesan online bayar mudah Pake Traveloka aja, pesan tiket pesawat, booking hotel, perjalanan, traveling. ... Ngga pake mumet, cukup satu ketukan, pembayaran beres….duh, senangnya.

 Bali yang indah seakan tak ada satukata yang bisa melukiskan keindahannya. Bali yang memesona membuat wisatawan selalu datang kembali untuk menikmati pesonanya. Bali yang menawan membuat siapapun akan datang dan membuktikan sendiri cantik dan mengagumkannya sebuah pulau kecil di timur Indonesia ini.
Salah satu keindahan alam yang menjadi magnet wisatawan adalah Pantai Nusa Dua yang berada di ujung selatan Pulau Dewata ini. Pantai ini dikenal dengan pantai terbersih dan cukup nyaman karena tidak secrowded Pantai Kuta. Juga tidak seeksklusif Pantai Seminyak yang memiliki berbagai macam resor dengan harga fantastis.
Di Pantai Nusa Dua ini kamu bisa memilih Grand Nikkosebagai penginapan di Bali. Lokasinya berada di Jl. Nusa Dua Selatan, Benoa, …