Monday, November 07, 2011

Awas Tahu Gejrot

Dari semua jenis tahu, hanya tahu ini yang mengandung kebecekan


Di Surabaya sulit nyari penjual tahu gejrot. Pernah, teman saya di kantor, malam-malam sms. Tanya penjual tahu gejrot di Surabaya dimana? Tapi sayangnya saya nggak bisa jawab. Coba dia nanya tahu petis, tahu bulat, tahu crispy, tahu lontong! Saya pasti kasih tahu deh. Ndalalah kok, pas mau liputan ke Surabaya Hotel School (SHS) di Joyoboyo, saya malah ketemu penjual tahu gejrot. Langsung aja, saya suruh Anton si tukang ojek, buat minggir.

“Pak, gawekno yang superrrrrr pedes!” kata Anton
“Kalau mbaknya, lombok berapa?” tanya si penjual
“Saya, lombok satu tapi diparuh, pak!”
“Ha, kok aneh !!” katanya sambil geleng-geleng keheranan

Nama gejrot sendiri, kata si penjual, gara-gara kuahnya yang melimpah, dan ketika diulek bersama tahu, bunyinya jadi gejrat –gejrot gitu. Ya..untunglah nggak diberi nama Tahu becek or ngecembeng. Hihihihi….



Cara meraciknya mudah dan cepat. Tahu yang telah digoreng garing ini lalu dipotong kecil-kecil diletakan di atas mangkok. Bumbunya, cabe rawit, kemudian diberi irisan bawang merah dan bawang putih, dan diberi sedikit garam. Semuanya diulek kasar. Ulekan bumbu ini diguyur bumbu cair. “Ini campuran air gula merah, dan air asam,” katanya mengungkap rahasia di dunia pergejrotan.

Kata si penjual, kalau di Cirebon, aslinya, tahu gejrot disajikan di atas cobek kecil yang terbuat dari tanah liat. Nah, berhubung kuahnya banyak, dan sering amber, akhirnya dia memilih menggunakan mangkok saja. Yepp. Praktis sih, cuman sensasi bunyi gejrotnya jadi beda ya…

Rasa tahu gejrot ini memang nikmat. Paduan pedasnya cabe rawit, manisnya gula jawa, dan rasa segar dari asem, pas dengan tahu goreng. Karena melihat proses pembuatannya yang gampang. Saya jadi menyadari kesalahan kenapa dulu gagal di lomba tahu gejrot. Iseng-iseng, saya praktekin, buat tahu gejrot buat my sharuhkhan. Hasilnya …

“Ini tahu gejrot, apa semur, kok manis bangets!”

“Huaaah gagal maning… !”*histeris sambil nyokot Lap


Tahu Gejrot
PK5 Joyoboyo
Seberang Pom Bensin – sebelum SHS

26 comments:

  1. hahaha..... oalah mbakyu sakno lap'e lho....kok dicakot :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimah kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada MBAH SELONG yang
      telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya
      sekarang udah hidup tenang karena orang tuaku udah buka usaha dan
      punya modal untuk buka bengkel skrang pun orang tuaku tidak di
      kejar-kejar hutang lagi…dan keluarga Kami di berikan Angka
      Ritual/Goib Dari mbah yg sangat Jitu 100%dijamin
      tembus…hingga keluarga kami sekarang merasa tenang
      lagi…terimah kasih mbah…Jika Anda ada yg merasa kesulitan
      masalah Nomer ToGEL silahkan hbg Aja MBAH SELONG
      dinmr hp beliau (081-322-565-355) atau klik http://prediksiangkahoki88.blogspot.com/
      dan saya sudah membuktikan 3kali berturut2 tembus terimah kasih

      Delete
    2. Pengakuan tulus dari saya sendiri IBU RUSDIANA.saya mau mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga,serta penghargaan dan rasa kagum yang setinggi-tingginya kepada KI KANJENG DEMANG,saya kerja sebagai PEMBATU HONGKONG selama 7 tahun di HONGKONG ,dengan gaji lebih kurang 2.jt /bln,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,apalagi setiap bulan harus mengirim uang dikeluarga di jawa barat, sudah lama saya mengetahui roomnya ini, juga sudah lama mendengar nama besar AKI, tapi saya termasuk orang yang tidak terlalu percaya dengan hal seperti itu, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng tetapi kemarin waktu pengeluaran, saya coba2 pasang angka 6D benar2 tidak percaya dan hampir pingsang,angka yang di berikan KI KANJENG DEMANG ternyata tembus, awalnya saya coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di HONGKONG, tidak ada ongkos pulang,terus beliau mebantu kasih angka 6D, lansung saya disuruh mendaptar jadi member mulanya saya tidak percaya, mungkin angka ini keluar, tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan ternyata tembus….!!!sekali lagi terima kasih banyak KI KANJENG DEMANG, saya sudah kapok kerja jadi pembantu,rencana minggu depan mau pulang aja ke jawa barat,,buat AKI,saya tidak akan lupa bantuan dan budi baik AKI. yng berminak ingin minta angka goib silakan hubungi KI KANJENG DEMANG Di Nomr ini 081-234-666-039 terima kasih....????>>>ATAU KLIK DISINI

      Delete
    3. Pengakuan tulus dari saya sendiri IBU RUSDIANA.saya mau mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga,serta penghargaan dan rasa kagum yang setinggi-tingginya kepada KI KANJENG DEMANG,saya kerja sebagai PEMBATU HONGKONG selama 7 tahun di HONGKONG ,dengan gaji lebih kurang 2.jt /bln,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,apalagi setiap bulan harus mengirim uang dikeluarga di jawa barat, sudah lama saya mengetahui roomnya ini, juga sudah lama mendengar nama besar AKI, tapi saya termasuk orang yang tidak terlalu percaya dengan hal seperti itu, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng tetapi kemarin waktu pengeluaran, saya coba2 pasang angka 6D benar2 tidak percaya dan hampir pingsang,angka yang di berikan KI KANJENG DEMANG ternyata tembus, awalnya saya coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di HONGKONG, tidak ada ongkos pulang,terus beliau mebantu kasih angka 6D, lansung saya disuruh mendaptar jadi member mulanya saya tidak percaya, mungkin angka ini keluar, tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan ternyata tembus….!!!sekali lagi terima kasih banyak KI KANJENG DEMANG, saya sudah kapok kerja jadi pembantu,rencana minggu depan mau pulang aja ke jawa barat,,buat AKI,saya tidak akan lupa bantuan dan budi baik AKI. yng berminak ingin minta angka goib silakan hubungi KI KANJENG DEMANG Di Nomr ini 081-234-666-039 terima kasih....????>>>ATAU KLIK DISINI

      Delete
  2. semua itu kamu makan sendiri ndol? ck ck ck..

    btw kalo sewaktu2 nemu dawet jabung di surabaya kabari aku yaa..

    yang seberang gelora pancasila juga enak kok, tapi masih kalah nendang dengan dawet jabung d

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata banyak juga ya nafsu makan.e mbak..hehe

      Delete
  3. huahahahahaha.....semangatt mbak sampek berhasil nggawe tahu gejrot dw :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku waktu itu pas di malang juga pernah makan yang namanya tahu gejrot... aku sih lebih suka sama bumbunya :D

      Delete
  4. Numpang komentar nih, blog dan artikelnya bagus juga, komentar juga ya di blog saya www.memebee.net

    ReplyDelete
  5. Asli...durung tahu ngicipi ntahu genjrot disini.....wah iki iso dadi celah buat mbak Manda buka tahu genjrot... hehehehehehe

    ReplyDelete
  6. persisnya di mana lokaasinya .....

    ReplyDelete
  7. di eat n eat (ranch market) bangunan EX. GALAEL sblm TP jg ada...

    ReplyDelete
  8. Anonymous11:00 PM

    Tes aja di ketoprak & tahu gejrot bang joss di seberang mc donald mulyosari

    ReplyDelete
  9. kalau boleh tau buka nya jam berapa yang di joyoboyo?

    ReplyDelete
  10. Buat kamu yang di Surabaya yang pingin TAHU GEJROT ASLII..Tahu Sumedang, harga Cuma Rp. 5000 (minimal 6 porsi) bisa delivery se surabaya
    Hub : Tahu Gejrot Kuring (085732218930)

    ReplyDelete
  11. woooo jadi pengen nyobak mak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo di coba tahu gejrotnya, open PO untuk besok Selasa (29/8/17) Hub : 0857.322.189.30. dijamin rasa mantappppp.

      Delete
  12. aku penasran banget yang namanya tahu genjrot :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Monggo di coba tahu gejrotnya teteh, akang, open PO untuk besok Selasa (29/8/17) Hub : 085732218930. dijamin rasa mantappppp. #cintakulinerindonesia #kulinertahugejrot

      Delete
  13. To add my insight into the broader need much information should I dig, one of his articles, vidio also one of his pictures as I can see on this page, please be able to provide feedback to me.
    At the end of the comment word I say thank you.
    alat bantu sex wanita
    obat kuat pria
    Obat kuat, alat bantu sex pria wanita 18+

    ReplyDelete
  14. bagus nih infonya,,bisa nambah wawasan baru tentang tahu :D

    ReplyDelete
  15. TAHU GEJROT KURING (085732218930)
    cobain deh, tahu yang digunakan asli tahu sumedang
    bumbunya kental dg rasa manis, asam, gurih, hmm... campuran cabe yang pedes bikin sensaninya makinnn... manteppp..
    ayo akang, teteh, cak dan ning yang di suroboyo
    rasakan sensasinya... open PO untuk besok Selasa (29/8/17) Hub : 0857.322.189.30. dijamin rasa mantappppp. #savekulinerindonesia #kulinertahu #tahugejrot #tahugejrotdisurabaya

    ReplyDelete

Lactogrow Happy Wonderland ; Taman Bermain Impian

Happy bangets, pas ada undangan …. “Ajak anaknya ya….”  Wah, sudah kebayang wajah Si Mala, yang pasti sumringah. Undangan ini da...