Monday, September 26, 2011

Nasi Campur Korea

Liputan kali ini membuat saya histeris…!!!!

Ambil nafas… Puehhhh. Saya kena virus demam Korea nih. Sekarang hobi banget nyari DVD Korea. Deman korea, ini juga kebawa-bawa di kantor. Wallpaper yang dulunya, gambar Mas Matthew Belammy, saya ganti sama Lek Min Hoo.. Hehehe… biar nggak diolok-olok saya pasang gambarnya yang resolusinya kuecillll biar saya aja yang bisa lihat.foto : ayub

Susah juga kene virus ini. Pernah mata saya bengkak, gara-gara mantengin serial drama korea 24 episode sehari semalam.Hu..hu ..hu. Soalnya penasaran. Dan saya itu punya kebiasaan dari dulu, kalau baca buku, harus urut. Nggak ada namanya baca depan terus melompat-lompat ke halaman terakhir. Ini berlaku pula nonton DVD, biar episodenya sampai puluhan, dan penasaran hampir mampus, saya tekun ngikutin episodenya.

Saya sering bingung lihat aktor korea, wajahnya mirip semua, bodynya lencir, kayak nyiur melambai. Tapi yang bikin saya ngga kuattttt duh….lihat model rambutnya. Kiyutttttttt. Duh Lek..lek MinHoo..situ pake shampo apa, ya? Pake shampo nomor berapa di dunia?

Isi kepala ini rasanya Korea mulu. Pas rapat redaksi, saya ngusulin buat liputan resto Korea. Dan bahagianya ternyata usulan saya diterima. Yess!!

Setiap lihat serial drama korea, selain mantengin bintangnya yang cakep-cakep, saya paling suka adegan makan. Saya catat tuh, bahannya, penyajiannya, cara makannya. Misalnya, Pas Kim Nana yang main di City Hunter, mabuk minum Soju, minuman alkohol khas Korea. Atau salah satu adegan di Princess Hour, yang menceritakan mengapa makanan Korea memiliki banyak unsur warna. Atau Han Ji En, di Full House, masak bulgogi. Jadi, kalau adik saya termehek-mehek karena adegan romatisnya, saya malah nangis, pas lihat adegan makan. Lha kepengen soale.

Saya berangkat liputan bersama si Ayub, mahasiswa Petra yang lagi magang. Kali ini ke resto Djangheum. Disodorin buku menu mata saya jelalatan nyari makanan yang enak. Soalnya, ini liputan khan inisiatif, bukan undangan, jadi ya, bayar sendiri dong.


Terinsipirasi adegan makan di salah satu serial korea, saya akhirnya pesan nasi campur Korea, yang disebut Bibimbap. Menu nasi campur Korea ini terdiri, semangkuk nasi putih dengan lauk di atasnya berupa sayur-sayuran, daging sapi, telur, sayuran, taburan wijen.Sebelum dimakan, nasi dan lauk diaduk menjadi satu. Bibimbap yang dihidangkan dalam mangkuk dari batu yang sudah dipanaskan disebut Dolsot Bibimbap (dolsot berarti mangkuk batu).

Saya sempet nggak selera lihat telor mata sapi yang setengah matang. Ternyata kata mbaknya, panas dari mangkuk batu akan mematangkan telur mentah. Oooh…

Jika Anda memesan menu ini di restoran Korea, sebelum menyantap hidangan ini, biasanya akan disediakan Namul sebagai hidangan pembuka. Berbagai jenis namul dapat dihidangkan dalam satu kesempatan diletakkan dalam mangkok dalam porsi kecil. Jadi inget nasi padang.

Biar porsinya kecil. Tapi kenyang karena banyak macemnya. Salah satu ciri khas makanan Korea, selalu disediakan kimchi. Itu..sayuran yang mirip asinan Betawi.
Ternyata, nasi campur korea, nggak cucok sama selera saya. Aneh. Soalnya diaduk-aduk. Kita aja kalau makan nasi campur nggak dicampur baur gitu. Yang benar-benar enak Bulgogi sama Sup Ayam Ginseng.

Sambil makan, saya sempet ngayal, seandainya saya di Korea beneran, dan makan sama Lek Min Hoo, ah pasti seru. Hmm… Lek Min Hoo makan bareng sama Bulek Mendol, yuuuk!. Ihiiii……. Biar harus ngabisin kimchi satu drum ane jabanin dah!

---------------------
Nb: Peluk erat buat sepupuku Dini yang sedang menempuh S2 di Busan-Korea. Annyeong Haseo

40 comments:

  1. wakakakkak tenane mba? sak drum arep dijabanin he..he.. mendem lho mba ntar ;) aku bayanginnya beda banget ya sm makanan jepang sing enaak ntu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimah kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada MBAH SELONG yang
      telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau saya
      sekarang udah hidup tenang karena orang tuaku udah buka usaha dan
      punya modal untuk buka bengkel skrang pun orang tuaku tidak di
      kejar-kejar hutang lagi…dan keluarga Kami di berikan Angka
      Ritual/Goib Dari mbah yg sangat Jitu 100%dijamin
      tembus…hingga keluarga kami sekarang merasa tenang
      lagi…terimah kasih mbah…Jika Anda ada yg merasa kesulitan
      masalah Nomer ToGEL silahkan hbg Aja MBAH SELONG
      dinmr hp beliau (081-322-565-355) atau klik http://prediksiangkahoki88.blogspot.com/
      dan saya sudah membuktikan 3kali berturut2 tembus terimah kasih

      Delete
    2. Pengakuan tulus dari saya sendiri IBU RUSDIANA.saya mau mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga,serta penghargaan dan rasa kagum yang setinggi-tingginya kepada KI KANJENG DEMANG,saya kerja sebagai PEMBATU HONGKONG selama 7 tahun di HONGKONG ,dengan gaji lebih kurang 2.jt /bln,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,apalagi setiap bulan harus mengirim uang dikeluarga di jawa barat, sudah lama saya mengetahui roomnya ini, juga sudah lama mendengar nama besar AKI, tapi saya termasuk orang yang tidak terlalu percaya dengan hal seperti itu, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng tetapi kemarin waktu pengeluaran, saya coba2 pasang angka 6D benar2 tidak percaya dan hampir pingsang,angka yang di berikan KI KANJENG DEMANG ternyata tembus, awalnya saya coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di HONGKONG, tidak ada ongkos pulang,terus beliau mebantu kasih angka 6D, lansung saya disuruh mendaptar jadi member mulanya saya tidak percaya, mungkin angka ini keluar, tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan ternyata tembus….!!!sekali lagi terima kasih banyak KI KANJENG DEMANG, saya sudah kapok kerja jadi pembantu,rencana minggu depan mau pulang aja ke jawa barat,,buat AKI,saya tidak akan lupa bantuan dan budi baik AKI. yng berminak ingin minta angka goib silakan hubungi KI KANJENG DEMANG Di Nomr ini 081-234-666-039 terima kasih....????>>>ATAU KLIK DISINI

      Delete
    3. Pengakuan tulus dari saya sendiri IBU RUSDIANA.saya mau mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga,serta penghargaan dan rasa kagum yang setinggi-tingginya kepada KI KANJENG DEMANG,saya kerja sebagai PEMBATU HONGKONG selama 7 tahun di HONGKONG ,dengan gaji lebih kurang 2.jt /bln,tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,apalagi setiap bulan harus mengirim uang dikeluarga di jawa barat, sudah lama saya mengetahui roomnya ini, juga sudah lama mendengar nama besar AKI, tapi saya termasuk orang yang tidak terlalu percaya dengan hal seperti itu, jadi saya pikir ini pasti kerjaan orang iseng tetapi kemarin waktu pengeluaran, saya coba2 pasang angka 6D benar2 tidak percaya dan hampir pingsang,angka yang di berikan KI KANJENG DEMANG ternyata tembus, awalnya saya coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di HONGKONG, tidak ada ongkos pulang,terus beliau mebantu kasih angka 6D, lansung saya disuruh mendaptar jadi member mulanya saya tidak percaya, mungkin angka ini keluar, tapi dengan penuh pengharapan saya pasangin kali 100 lembar, sisa gaji bulan ternyata tembus….!!!sekali lagi terima kasih banyak KI KANJENG DEMANG, saya sudah kapok kerja jadi pembantu,rencana minggu depan mau pulang aja ke jawa barat,,buat AKI,saya tidak akan lupa bantuan dan budi baik AKI. yng berminak ingin minta angka goib silakan hubungi KI KANJENG DEMANG Di Nomr ini 081-234-666-039 terima kasih....????>>>ATAU KLIK DISINI

      Delete
  2. waw, aku belum pernah makan makanan korea... maleh pingin ngincipi :p

    ReplyDelete
  3. Kalo di indonesia, masakan korea itu masuk kelas restoran, nek di sini sama di china masuknya kelas food court hehehe

    ReplyDelete
  4. ndi, gak onok foto-ne Lee Min Ho? :D spy menambah daya tarik postingan ini :P #lostfocus

    www.ndutyke.com

    ReplyDelete
  5. Prasaku panganan Korea gak ono sing enak, opomaneh bintang pelem'e.

    ReplyDelete
  6. Anonymous4:56 AM

    endi lokasinya mbak??

    ReplyDelete
  7. 8 tahun "ngumpul" ma orang korea..cukup sudah bikin bosen.. paling makan sama leek min ho ntar suruh mbayar dewe :))

    ReplyDelete
  8. @Mbak Nita :benerrrrr mbak....klenger kimchi sak drum asal ditemani lek min hoo, wuih dashyat!

    @Fahmi: siapkan budget gede, pas buka buku menu wuih rata-rata 400 ribuan, jeeee. Tapi memang wuakeeeh macemnya. Kalo yang nasi campur Rp 100 rb, paling murah. hhhhhhhihihi

    @Herru : yah..om herru dah pengalaman ya...wis mblenger. pastine.

    @Tyka; hihiii isin akyu. Soale lek min hoo mirip ama tukang jual bakpao di daerah indrapura hahahahaha

    @mbak enkoos: nggak setuju mbakkk. huhuuu...cakep loh mbak, apalagi pas bawa mobil ferari, trus pas ponine disibak ooohh*kelengerrr

    @Mbak Nely: Ha....pernah ngumpul ama orang Korea? ketemu ama lek min ho? huhhuuuu... kalo lek min ho ntar tak traktir kupang lontong aee mbak...heheheheh

    ReplyDelete
  9. @anymous: Kelupaaaannn

    Lokasi resto Korea di Surabaya:

    D Jang Gem
    Jl Mayjen Sungkono No 208

    Baiksu Resto
    Komp. Darmo Park I
    Jl Mayjen Sungkono

    Myoung Ga
    Apartment Puri Matahari

    ReplyDelete
  10. hahaha... :D Lek Min Ho...

    ReplyDelete
  11. koyok opo seeh kimchi kuii rasane.......kkkkk....

    namul.....nayamul...

    ReplyDelete
  12. hmmmmm inget inget soal resto ini,
    pas dulu masih awal2 ada dan pas ngehitsnya serial film korea JANG GEUM itu (bener ga nulisnya)

    aku diajak bosku makan disini (diruangan vip yang lesehan plus ada lubang kakinya)
    nah dengan oon nya aku gak ngerti makanan korea, sup ginseng tak embat juga ..kan ginsengnya pahit :))

    wahh..itu pertama dan terakhir kali makan di resto Korea...gapaham dah ...enakan Jepang
    hehehe

    ReplyDelete
  13. kalo saya sih masih suka masakan khas indo lebih sehat dan alami...heh

    ReplyDelete
    Replies
    1. weleh, weleh,... pernah nyobain ih bimbimbap rasanya lumyana aneh..wkwk

      Delete
  14. contoh masakan indo yg saya suka nasi jagung kuah lodeh ikan tongkol sambel bajak... wuuiih mantaap

    ReplyDelete
  15. Very yummy.
    Sama seperti penawaran disini.

    ReplyDelete
  16. Nice information, valuable and excellent design, as share good stuff with good ideas and concepts, lots of great information and inspiration, both of which we all need, thanks for all the enthusiasm to offer such helpful information here.

    ReplyDelete
  17. Hai...
    Minat order dvd drama & film Korea, secara online siap kirim Sel.Indonesia, Gbr Bagus dgn Subtitle Indonesia, hrg 5rb/dvd diluar Ongkir

    Klik FB : http://m.facebook.com/JualDvdDramaFilm?v=feed&filter=13&refid=17

    Atau via bbm : 27fc7549

    ReplyDelete
  18. jangan kebanyakan berkhaya Sis,,,, saya doain banyak rezekinya biar bisa berangkat ke negeri ginseng Korea dehh ^.^

    ReplyDelete
  19. wew..penasaran sama nasi campur koreanya?
    rasanya kyk gimana sih..hehe

    ReplyDelete
  20. Kalo di indonesia, masakan korea itu masuk kelas restoran, nek di sini sama di china masuknya kelas food court heheh

    ReplyDelete
  21. Kayaknya enak deh untuk dicoba bareng - bareng

    ReplyDelete
  22. masak gak harus perempuan, laki juga harus bisa masak. saya pengen belajar masak hahaha

    Aplikasi Pemutar Musik di Android dengan Kualitas Suara Terbaik

    ReplyDelete
  23. Bagaimana cara mencegah kejang demam pada anak? jangan khawatir !!
    Cara Atasi kejang Demam Pada Anak

    ReplyDelete
  24. sipp, saya suka sekali nasi campur korea, kalau dilihat sangat mengoda seleraya, makasih sijagomakan.com : )

    ReplyDelete

Lactogrow Happy Wonderland ; Taman Bermain Impian

Happy bangets, pas ada undangan …. “Ajak anaknya ya….”  Wah, sudah kebayang wajah Si Mala, yang pasti sumringah. Undangan ini da...