Wednesday, March 23, 2011

Jebakan Sambel

Sambel Ngumpet Bikin Gabres-Gabres


Saya akhirnya ke Blitar. Bukan dalam rangka tugas sich, tapi dalam rangka mengantar adik saya . Seneng jalan-jalan ke Blitar, apa-apa masih murah. Beli gorengan segede gambreng harganya cuma limaratus rupiah. Beli nasi pecel, harganya cuma 4 ribu. Yang paling lucu, di Blitar ada satu-satunya waterpark, dan namanya rada mesum, SUMBER UDEL. Hehehe…!


Malamnya kami sempatin jalan ke alun-alun. Pas mau beli souvenir, adik saya malah mborong kaos, mug, dan pernak-pernik gambar Soerkarno.Iyalah... Kruyuk..kruyek perut lapar, kami langsung menuju SOTO SIMPANG LAWU. Katanya ini adalah khas Blitar. Singgahlah kami ke sana, wah ramai sekali.



Foto : Anton


Ternyata soto khas Blitar ini isinya daging dan jeroan sapi. Kuahnya keruh, rasanya gurih sekali, mirip seperti soto daging Malang, ada koyah kelapa.


Semangkuk, dagingnya berlimpah, cuma Rp 5 ribu. Adik sama my sharuhkhan, begitu tau harganya murah dan dagingnya lumanyan banyak, malah kalap tambah sampai dua porsi. “Kapan lagi nemu soto daging sak-umbruk regone murah!” kata adik saya yang, sekarang tinggal di Batam.


Soal soto khas Blitar ini, ada uniknya juga. Jadi, pas saya pesan, ditanyain sama yang jual.


“Mbak, sotonya pedes atau nggak?”

“Sambalnya diikittt aja, Pak!”


Akhirnya pesanan datang, kebiasaan saya, selalu mencicipi kuahnya dulu.

“Hmm.. kok nggak onok pedes’e, blas, yo?”


Mata saya lalu jelalatan di meja, tapi tak nampak mangkuk sambal.

“Nyari apa?” tanya sharuhkhan

“Iku loh sambel’e kok nggak onok?”

“Lho, sambelnya di dalam mangkoknya. Coba diudek, sek!”


Berhubung kuahnya agak keruh, saya udek-udek dikit.Ternyata oh ternyata, soto khas blitar ini ciri khasnya, sambal ditaruh tersembunyi di tengah nasi.Gara-gara jebakan sambal ini, bibir saya langsung ndower gabres-gabres.


Soto Blitar

Jl Simpang Lawu - Blitar

Nb: Nggak sempet moto, tapi penampakannya kurang lebih begitu.


7 comments:

  1. Hmmm sotone seger koyone mba lan murah meriah,
    untung juga blom minta tambahan sambel ke sing dagang kalo iya iso mules2 perute mba :)

    ReplyDelete
  2. lho jarene bukan dalam rangka tugas, kok sing moto anton? jadi anton itu kinthiiiiiiiiiilll terus ya ndol sama dirimu? kwkkwkww

    ReplyDelete
  3. nek jauk tambahan sambel nak tambak jeleput...kwoekwokeokwokeowkeo


    Motivasi

    ReplyDelete
  4. lhoooo foto-ne palsyuuu...
    mesti hoax iki...
    *mlengos*
    *ngglundung sampek tekan mBlitar*

    ReplyDelete
  5. dah pernah soto solo mbak? bening kayak bakso, seger...

    ReplyDelete
  6. hehehe... bisa gitu yah... mirip ranjau dooong .. kalo kena duwaaar...
    jd pengen nyoto!!!

    ReplyDelete
  7. wah saya baru dr sana akhir bulan kemarin, sayang gak sempat njajan disana....

    ReplyDelete

Lactogrow Happy Wonderland ; Taman Bermain Impian

Happy bangets, pas ada undangan …. “Ajak anaknya ya….”  Wah, sudah kebayang wajah Si Mala, yang pasti sumringah. Undangan ini da...