Skip to main content

Es Legen Pinggir Embong

Pembeli model DARMAJI dilarang makan di sini



Ya beginilah kalau terlalu menghayati pekerjaan. Habis pulang liputan, bukannya segera balik kantor..eh malah mampir dulu beli es legen.


Lokasinya yang berada di pinggir jalan, bernaung di bawah pohon rindang menjadi incaran pengendara sepeda motor untuk beristirahat.


Saya paling seneng andok di penjual es legen, soalnya SEGER, dicampur es batu, ada rasa trecep-trecepnya. Apalagi banyak pilihan jajan. Mulai gorengan tahu isi, tempe mendoan, dadar jagung, martabak mie, risoles, lumpia, pastel. Ini masih ditambah lagi, jenis sate-satean.



Dengan semangat saya menyerbuuu….. dua risoles, disusul dua martabak mie, disundul tahu isi sama dadar jagung. Istirahat bentar barang dua detik, lalu lanjut makan sate usus disambung sate puyuh. Wihhh..enak’e. Gorengane sak umit-umit. Harganya murah meriah. Cuman Rp 500 per bijinya.Sambil terus ngemil, nggak terasa gelas saya sudah tiga kali digrojok es legen.


Mbok…mbok, aku sek sak gelas, sampeyan wis sak drum, mbak!” protes Anton.


“Ya iyalah. Daya tampung perutku seluas dam jagir !” heheheh….


Sambil ngobrol, ngemil jalan terus. Ternyata urusan ganjel perut ini belum terpuaskan, akhirnya saya melirik nakal nasi bungkus dipojokkan. Dibungkus kertas nasi, di atasnya ada tulisan spidol penanda lauk di dalamnya. Hmm… krengsengan ati ayam, bali telur, nasi campur, krawu, dan ikan tongkol.


foto : Anton


Pilihan saya jatuh ke krengesengan ati ayam. Yuppp. . Eh nasi bungkus ini ternyata lumayan lho, nasi sama lauknya banyak. Rasanya sedap, beda seperti nasi bungkus lainnya. Saya lalu ganti memanas-manasi Anton.


“Cobaen tah. Weenak... Iwak’e akeh!"


“Halaah..Mbak Mendool iki mesti Lebusss…eh maksute Lebay!” Lho.!!! Lebus lak artine ra tau adus. Asemm tenan Anton.


Melihat saya telap-telep, dan siap memasuki nasi bungkus kedua. Anton akhirnya tergoda. Dan ikut makan nasi bungkus dengan cap Bali Telor.


“Hmm.. wih iyo, mbak. Tak kiro sampeyan mbujui. Tibak’e enak!” kata Anton setuju.


Harga nasi bungkusnya juga murah meriah hanya Rp 4 ribu. Wihhh…murah tenan. Di sini pembeli yang datang, mengambil sendiri jajanan yang tersedia. Lalu ketika pulang baru membuat pengakuan, apa saja yang sudah di makan. Semua didasarkan kejujuran pembeli.


Saya jadi ingat jaman kuliah. Khan ada tuh model makan prasmanan. Ada beberapa teman yang nakal, jadi makan tempe menjes lima potong, tapi ngaku satu. Nah, orang yang suka nilap dan ngentit model gene, disebut DARMAJI. Alias…. Dahar Lima Ngaku Siji. Hihihihi……



Es legen & Sego Bungkus Petang ewu

Depan SPBU Kusuma Bangsa

Belakang Grand City

Comments

  1. nang jakarta 4000 oleh sego putih thok mbak
    /*mupeng :(

    ReplyDelete
  2. wah ueeenak n murah meriah.. mbok melu mba yen jajan2 ngene he..he.e.

    ReplyDelete
  3. Dadi kelingan sego sek neng Pariaman, Sumatra Barat. Dijenengi sego sek singkatan seribu kenyang. Saiki yo gak entuk. sewu ki ming segone thok. Lawuhe cumi goreng tepung, udang goreng tepung. Rasane wuenakkkkkk. Mangane neng pinggir pantai. Klosotan karo dielus angin. Wuenakkk tenan.

    ReplyDelete
  4. wosh cedek'e sekolahanku. baiklah, akan kupromosiken kepada murid2ku, hihihi...

    ReplyDelete
  5. Anonymous9:33 PM

    This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. Anonymous9:34 PM

    This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. Mbak Manda yang semlohai....
    Jujur Mbak. sekarang aku rada ragu bin takut kalau ada yang jual nasi dengan lauk enak tapi harganya murah. Bawaannya jadi curiga jangan2 itu yang dipakai lauk adalah bangkai. Maksudnya hewannya sudah mati duluan sebelum disembelih. Soalnya sering nonton tayangan investigasi di tivi itu loh mbak, banyak hewan mati tapi trus disembelih. Dagingnya dijual ke penjual makanan yang murah. Hii.... Tapi semoga yang sampean ceritakan tidak termasuk ya.... Kangen karo sampean mbak, hikz....

    ReplyDelete
  8. wah.,ane juga.,skrg lagi dagang es legen.,asli tuban

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rejekine Wong Lemu

Memory Gubeng Pojok

Kisah Cinta Sharukhan dan Spring Bed


Tempat makan lawas, dengan harga ramah di kantong ini salah satunya, Gubeng Pojok. Saya punya memori indah dengan depot satu ini. Ya masa-masa jaman pacaran sama my sharukhan, masa-masa habis nonton bioskop di Mitra, dah gitu kelaparan nyari makan. Ke sini tempatnya. Alasannya, murah bangets, masuklah buat my sharukhan yang pacarnya sekali makan bisa 2-3 piring…hihihi

Seporsinya dulu cuman Rp 8 ribu-an, ngga beratlah kalau saya nambah 2 kali, masih masuk akal. Hihihi..
Tidak ada yang berubah di gubeng pojok, kursi meja suasananya tetep. Yang berubah harganya. Sekarang sudah Rp 11.000,- tapi masih murah seh nurut saya. 


Dari dulu sampai sekarang my sharukhan seleranya tetep. Krengsengan, sama jeruk anget. Wis!. Kalau saya juga tetep, kare ayam, nasi goreng, rawon. Maksutnya habis makan rawon, nambah nasi goreng, kadang kare ayam. Ya maksutnya pancetnya nambah 2 sampai 3 piring getoooo.


Pilihan kita duduk di pojokan, sambil mengenang masa pacaran…cieee c…

Makan Enak, Nyantai di Hotel Berbintang dengan Pemandangan Indah Luar Biasa

Yuks, bro and sis.. tandai kalender kalian, buat bisa berlibur ke sini. Pesan online bayar mudah Pake Traveloka aja, pesan tiket pesawat, booking hotel, perjalanan, traveling. ... Ngga pake mumet, cukup satu ketukan, pembayaran beres….duh, senangnya.

 Bali yang indah seakan tak ada satukata yang bisa melukiskan keindahannya. Bali yang memesona membuat wisatawan selalu datang kembali untuk menikmati pesonanya. Bali yang menawan membuat siapapun akan datang dan membuktikan sendiri cantik dan mengagumkannya sebuah pulau kecil di timur Indonesia ini.
Salah satu keindahan alam yang menjadi magnet wisatawan adalah Pantai Nusa Dua yang berada di ujung selatan Pulau Dewata ini. Pantai ini dikenal dengan pantai terbersih dan cukup nyaman karena tidak secrowded Pantai Kuta. Juga tidak seeksklusif Pantai Seminyak yang memiliki berbagai macam resor dengan harga fantastis.
Di Pantai Nusa Dua ini kamu bisa memilih Grand Nikkosebagai penginapan di Bali. Lokasinya berada di Jl. Nusa Dua Selatan, Benoa, …