Thursday, January 14, 2010

Mang Engking is Coming

Pengen ke Mang Engking? Nggak usah jauh-jauh ke Pandaan, sekarang hadir di Citraland.



Saya diundang cabang barunya Mang Engking di Surabaya. Semangat pastinya, soalnya lesehan Mang Engking ini khan sudah terkenal sebagai pionir menu udang galah dan ikan gurami.


Berhubung Mang Engkingnya nggak bisa datang diwakili sama adiknya, Mang Ade. Orangnya sederhana dan orangnya ramah sabar meladeni banyak pertanyaan wartawan yang diulang-ulang. Gara-gara yang datang pada lelet semua…Huh!


Sebagai welcome drink, keluar teh hangat sebagai suguhan. “Eh, kok tehnya pahit!” kata Rois teman saya dari detiksurabaya.com. Hehehe… Rois iki ancene ndesit, lha ini khan rumah makan Sunda, jadi tehnya pasti tawar.*neplok jidat Rois pake raket listrik.





Lalu keluarlah menu andalan yaitu,Udang Galah. Ada udang saos Padang, udang bakar madu dan udang goreng metega. Udangnya gede dan warnanya cerah karena bahannya segar. Saya yang alergi udang, cuman bisa ngelek idu, ngeliat Anton yang mencecap saos udang yang berkaramel itu.

“Enak Mbak, bener.Cobaen tah. Wis nggak opo-opo gatel!” bujuk Anton.


Saya nggak mempan biar dibujuk gitu. Tapi saya penasaran juga, akhirnya saya ngincipin saos yang nempel di udang. “Wuiih… manisnya pas, ada smriwing pedes dan legitnya madu".Karena saya tidak makan udang, maka gurami bumbu cobek, dan gurami bakarnya saya embat.



Gurami bumbu cobeknya bumbunya ndeso bangets, cuman bawang merah diulek kasar, dikasih jahe, kencur dan siraman jeruk sambel.


Tapi rasanya unik,ada aroma kencur dan jeruk yang membangkitkan selera. Wadoh gara-gara gurami bumbu cobek ini, saya embah-emboh, sampai dua bakul.


Pas mau pamit pulang, tiba-tiba Mang Ade nawarin ngincipin es cendol. Walah, saya nyesel, sudah kadung pamit. Untungnya Mang Ade maksa, saya pun balik lagi dan menyantap hidangan penutup ini.Es cendolnya seger, cuma sayang kok ditaruh gelas plastik, jadi serasa makan es cendol di Pasar Pakis.Hehehehe….



Yang pasti, Mang Engking jadi resto yang wajib dikunjungi kalau ke Surabaya.


Suasananya serasa berada di pedesaan dengan gubuk dan kolam gurami di bawahnya. Kabarnya pihak Citraland juga bakal menyediakan perahu, sehingga pengunjung bisa keliling danau pakai perahu.


Denger bakal ada perahu, saya sudah mbayangin bakal keliling perahu berdua sama mysharuhkhan … dan tak lupa berdoa. “Moga-moga perahunya tetap ngambang, dan nggak njombat!”Hehehehe.


Gubuk dan Lesehan

Mang Engking

Lakeview- Citraland

Foto : Kajool

15 comments:

  1. masalah makan memakan gini serahkan pada mendol, semua disikat habis! [jebule masih takut sama alergi?]

    btw ndol, makanan dari mana kalo masuk ke surabaya sini pasti harganya dinaikkan habis-habisan untuk mengimbangi cost sembarang kalir yang juga tinggi

    betul ndak ndol?

    ReplyDelete
  2. Aseeek, ono apdetan.
    Bendino niliki jagomakan, gak ono apdetan. Aku nganti meh apal degan bakar.
    Sampeyan alergi urang tibake. Coba ditambani karo bekicot mbak. Insya Allah waras.

    Aku mbiyen ciliki yo alergi urang. Malah tambah nemen timbang sampeyan. Gak iso mangan endog, dan segala seafood. Parah wis tah.
    Alhamdulillah bar dicekoki bekicot karo ibuk, wis gak alergi maneh.
    3 tahun, dan setiap hari mangan bekicot. Tapekno gak mblenger ki. Enak lho olahane ibukku.

    pembaca setia jagomakan
    ipene Anton sing lagi neng negeri juauhhhhhh

    ReplyDelete
  3. mmg sambel yg pake kencur pasti bikin napsu makan nambah. sudah pernah posting ttg tutug oncom mbak? kencurnya narsis lho..

    ReplyDelete
  4. @ipene anton: Haloww mbak..hehehe, aku terharuu mbak,sampeyan gelem moco blog iki. Duluth iku adooh yooo, tapi tibae kerasa cedhak soale sampeyan duluran karo Anton. :)

    @mbak elen: iyooo, aku pernah makan tutug oncom, rasane koyok mendol ...tempe, dudu mendol aku lho..heheheh

    ReplyDelete
  5. tak kiro smpyn kiy pemakan segala mbak :D ternyata isih onok pantangan toh :D

    apakah ini sama dengan mang engking yg di UI itu yha ??? soale suamiku sering makan2 ama temen kantornya di mang engking, trus pulangnya pasti mbungkusin Kepiting saos padang, behhhh nendanggg tenannn

    /*jadi pengen ke mang engking-nya langsung, gak pake bungkus

    ReplyDelete
  6. mbesuk2 nek mampir warung iwak2, sangu tablet carbon - arang juga boleh, mbak. minta tolong kokinya goreng ikan dicemplungi arang - buat netralisir racun dalam ikan/udang/kepiting yang bikin gatel itu. sudah terbukti - asli-....
    met dhahar iwak tanpa kukur2....:)

    ReplyDelete
  7. wah ini kesukaan si Non.... mantab !!!

    ReplyDelete
  8. Mang Engking emang juara, apalagi udang bakar madunya. Sayang di Jakarta dia adanya di Depok. Agak PR ngesot kesananya.

    ReplyDelete
  9. kabayang mun nu urang sunda ... jauh2 ka surabaya dahar masakan sunda keneh ... xixixi

    wajib di coba biar mengenang kampung halaman

    ReplyDelete
  10. moga2 perahunya nempel didasar empang ben ndak mirang miring ditumpai mendho dan shahrukhannya

    aminnnnnn

    ReplyDelete
  11. mantaaap...udang nya memang lezat...tapi hati hati kolesterol....

    ReplyDelete
  12. mantab deh,,ikan bakarnya luar biasa

    ReplyDelete
  13. terima kasih,matur nuwun,nuhun pisan kami sampaikan boeat sodara-sodara,doeloer-doeloer yg sudah berkunjung ke gubug makan mang engking baik anu di yogya,depok,pandaan,bali,disabrang di palembang juga anu di citraland soerabaia dan bentar lagi dibuka di ungaran semarang (central java), bila anda puas beritaoe kawan bila kurang poeas cepat cepat hubungi kami di mangengkingpandaan@gmail.com hatur nuhun,terima kasih

    ReplyDelete
  14. Mang engking surabaya tempatnya bagus banget, masakannya jg dah pasti enak
    http://vikawardatul.blogspot.com

    ReplyDelete
  15. http://diarysivika.blogspot.com/2010/09/mang-engking-di-surabaya.html

    ReplyDelete