Monday, January 25, 2010

Dapur Cokelat

Sungguh, saya tidak muluk-muluk ingin ke Prancis, saya cuman mau ke Dapur Cokelat.

foto: La Mendol

Saya masih ingat, beberapa tahun lalu, sebuah tayangan tentang Dapur Cokelat. Sempat mbathin, kapan ya, bisa datang ke sana. Sebagai penggemar cokelat sejati tayangan itu sangat menggelitik, menyaksikan praline cantik dan cokelat truffle.
Nggak disangka, akhirnya seorang teman mengabarkan kal
au Dapur Cokelat buka di Surabaya dan saya diundang.

Saya pun diajak ownernya, blusukan di d
apurnya. Wah, dapurnya bersih bangets, beda sama dapur di rumah saya yang kayak kapal pecah, padahal cuman buat godir.* Hehehe..

Tour pertama melihat proses pencairan cokelat sebelum dibentu
k. Kata Mbak Ermey, pemilik Dapur Cokelat, bahan utamanya menggunakan cokelat Belgia, asal tau saja, cokelat Belgia kualitasnya terbaik.

Di ruangan ini saya melihat cokelat ├ęclair, wadoh…itu..itu khan kue kesukaan saya. Toppingnya macem-macem, sayang saya nggak ditawari…ya sudah saya nggak berani ambil. *Masih bisa menahan diri.

Masu
k ke cake shopnya, ada mbak-mbak yang nawari cokelat praline, bentuknya macem-macem, jenis isiannya juga beda-beda. Karena inget kejadian Mabox Cokelat, saya membatasi diri agar nggak ugal-ugalan.

Tapi pertahanan saya bobol ketika melihat chocolate fondue, air mancur coklat setinggi 2 meter. Coklatnya yang mengalir deras, seolah melambaikan tangan mengajak saya untuk mengarunginya.

“Duh, jadi pengen nyemplung ke situ, ton!” membayangkan jadi Wily Wongka.

“Ojok Mbak, sampeyan lak kayak kuda nil !” celetuk Anton.
Oalaa …Anton Van Klepon ini, kok tega-teganya nyamain mahluk Tuhan Paling Lemu ini sama Kuda Nil. Huhuuhu.

Karena saya gondok dikatain kayak Kuda Nil, Anton nyelimur, ngajak saya lihat replika patung Suro dan Boyo dari Cokelat. Wuihh keren. Baru kali ini saya nafsu lihat Buaya… wakakaka.

Dan disebelah patung Suro dan Boyo ini, ada seorang pria yang melumuri seluruh tubuhnya pakai cokelat. Berdiam diri dan tidak bereaksi apapun ketika digodain orang. *oalaaa abot-abote nggolek duit.

Meski sama sama cokelat,tapi cita rasa cokelat berbeda satu dengan lainya. Bagi saya, kreasi Dapur Cokelat benar-benar memiliki nilai seni tinggi, cita rasa cokelat yang lembut dan kaya akan rasa,terutama cokelat praline, kuat aroma dan rasa cokelatnya. Rasanya creamy tapi tidak berminyak.

Saya yakin akan berkunjung lagi ke sini lagi, apalagi memang tidak mudah menahan hasrat untuk tidak me
nikmati makanan serba cokelat. Pilihan saya pastinya mix praline, isi 9 biji, harganya Rp 32.500. *Murah, isine akeh ...hehehehe.

Dapur Cokelat

Jl Biliton no 77-79

Telp. 031-5053234

18 comments:

  1. hore, akhirnya ada di surabaya! :D
    beberapa kali liwat biliton, kebelet mampir, tapi masih belum sempat kesitu, hik.

    ReplyDelete
  2. Wah, dah ke Dapur Cokelat ya :D asik! pengen ngicipi nih

    ReplyDelete
  3. mmm.... jadi pengen....
    ada air mancur terjunnya jg ya

    ReplyDelete
  4. Cokelat bisa bikin kurus ^^

    ReplyDelete
  5. woh sing kapanane bikin macet biliton kui yo?

    ReplyDelete
  6. kalo suamiku ultah aku sering delivery dari dapur coklat jugak :D
    kl aku pengen kue, gantian suamiku yg beliin disitu jugak :D
    /*penggemar coklat

    ReplyDelete
  7. klo coklat aku ora wis ndol..(aku dewe wis coklat..tapi aku ndak kaya buaya yg mau mbok caplok).....

    ho oh coklat kui memang menawan pomaneh belgian coklat...uenak tapi mbikin tambah kaya kuda nil...(angop)

    ndol crita panganan sing asik2 ndol biar aku ngiler
    *kangenngilerdotcom*

    ReplyDelete
  8. aku yo seneng coklat tp ga maniak... nek pengen yo tuku, nek ora pengen yo cuek aja meski pas ke market ketok moto. hohohoh...

    ReplyDelete
  9. Mbak manda, kebetulan aku dan cewekq seneng cokelat iki. boleh dicoba referensinya nih..

    ReplyDelete
  10. waaa.....coklat...*blink-blink*

    iya aku juga suka coklat yang dalemnya ada rumnya..apa tuh namanya......

    mba....iko wong tenanan dilumuri coklat tah?;;;;)

    ReplyDelete
  11. kemaren baru nyoba kesana ... dan bikin ketagihan .,.. nyam nyam nyam

    ReplyDelete
  12. ada yg mo ngirimin ga ya?

    ReplyDelete
  13. @mbak wied: Ngidam Tahu Campur yaaaaa....
    @bayu: itu orang beneran. Yupp

    ReplyDelete
  14. nek makan coklat. pasti rebutan karo anakku, hehehehehe

    ReplyDelete
  15. iya..memang beda rasanya...lezat and mantap

    ReplyDelete
  16. Ehm...
    yummy

    ReplyDelete
  17. Emang uenak banget mba kue-kue yang di dapur coklat dan rasane mantabs. kue dapur coklat sing opera juga uenaaak lho mba.

    ReplyDelete
  18. wah,,sangat menarik,,jadi saya ingin mencicipinya...pasti enak banget rasanya..

    ReplyDelete

Liburan ke Bali? Yuk, Kunjungi 7 Tempat Wisata Kuliner Terindah Ini

Bicara kuliner, masakan khas Bali menjadi salah satu yang paling digemari. Apalagi jika tempatnya diselimuti keindahan alam, tentu meng...