Sunday, December 20, 2009

Maling Kupang

Saya kemalingan. Tapi malingnya sempet nitip Rp 20 ribu.


Masih ingat dong, kalau saya jualan kupang lontong di rumah. Saya kena apes. Baru buka sudah kemalingan. Waktu itu saya lagi ngocekin brambang di ruang tamu.

Pas di dapur, simbok saya ini denger ada sepeda motor berhenti di depan. Ternyata ada anak muda, memakai helm teropong, naik motor. Helmnya nggak dilepas, dan mesin sepeda motornya dibiarkan nyala.

“Mau beli apa, Mas ?!”
“Mo beli kupang lontong, satu. Dibungkus !”

Setelah pesanan selesai. Pembeli ini mengulurkan uang Rp 20 ribu.

“Waduh belum dapat pengelaris, Mas. Uang Pas aja !”
“Ngga ada Bu, cuman itu !” katanya.

Akhirnya simbok lari ke dalam, untuk nyari uang kembalian. Nah Pas keluar…. *nahan nafas. Lho, kok si pembelinya sudah nggak ada. Herannya lagi, bungkusan kupang lontongnya juga tidak dibawa. Semenit kemudian simbok saya menyadari kalau tabung gas elpiji yang warna hijau dangdut itu sudah Tidak ada.

“Mbak Mendollllllll….. tabung gasnya ilanggggggg !” teriak histerissssss

Saya langsung ke TKP dan menemukan kompor gelethak, tanpa ada tabungnya.
“ ASEM, JAMBU TELO ...kok mentholo men, iku maling. !” Ambekan gedhe. Mbathin sama misuh-misuh.

Simbok saya jengkel sekali, sampai kupang lontong yang tidak dibawa sama si maling dibuang langsung ke tempat sampah. “Buang sial !” gitu alasannya. Uang Rp 20 ribu punya si maling masih dipegangnya. Untung simbok saya masih rasional, duitnya nggak ikutan dibuang..hehehehe.

Nggak sampai lima menit, berita tabung gas ilang ini sudah sampai seantero penjuru gang. Mulai tukang becak, bakul jamu, buk sayur, pemulung, ibu-ibu pulang dari pasar semua pada nyamperin simbok saya. Semua ngerubung nanyain kronologisnya.
Miring
Hebatnya, simbok saya pinter mendramatisir cerita, dikaitkan dengan mimpi buruk sehari sebelumnya, firasat nggak enak, badan meriang, sampai perasaan bersalah gara-gara ada kucing kawin di atas genteng malah disiram sama air se-ember.Brrhh..

Saya sampai ndomblong…. Lha kok malah panjang ceritanya. Ck..ck..ck.

Semakin panjang ceritanya, semakin bikin penasaran. Akhirnya, orang-orang yang datang nyambi ndengerin, sambil mesan kupang lontong-lah, lontong balap-lah, lontong mie-lah… Ceritanya makin seru, makin menggigit. Orang-orang, akhirnya malah terpacu buat nambah sate kerang, lentho dan bergelas-gelas es degan.

“Ikhlas ya Mbak Mendol, nggak usah pake nangis, nanti dikasih rejeki berlipat-lipat !” kata tetangga saya.

Saya bingung. Siapa yang nangis ?! Ohh….tetangga saya ini mengira mata sembab saya dipikir nangisi tabung elpiji yang ilang, padahal mata merah ini khan gara-gara habis ngoncekin bawang merah. Heheheheheh…..

Gara-gara kejadian ini dagangan simbok saya jadi laris luar biasa, belum sampai jam 9, dagangan dah ludesss. Saya pun senyam-senyum..dan tidak misuh-misuh, nyebut dagangan buah di Pasar Keputran.Hihihihii….

Kupang Lontong Tanjung Perak
Dapur Nusantara - Food Court ITC Mega Grosir lt 3
Jl Gembong.

16 comments:

  1. aku pengennya masang muka sedih ikut berbela sungkawa tapi malah ngakak baca kisahmu Mbak :D

    ReplyDelete
  2. Walah mbak mendol...iki cerita opo promosi ya...??? mbaca kok jadi malah ngiler dan makin penasaran pengen nyobain... di ITC ada ya...?? sek kapan2 tak mampir... nti ta review yo??? hehehe apik2 wes isine.... hihiihihi... spy lek pas mampir kedua..dapet diskonan hahaha

    ReplyDelete
  3. Anonymous10:29 PM

    Mbak saya jadi pengen makan kupang.

    ReplyDelete
  4. waa.....heboh ceritanya Simbok...hahahaha

    ReplyDelete
  5. aku sedih tapi yo kudu ngguyu..
    sampeyan iki mbaaak mbak
    semoga rejekimu nambah akeh yo mbak..

    ReplyDelete
  6. Hebatnya, simbok saya pinter mendramatisir cerita, dikaitkan dengan mimpi buruk sehari sebelumnya, firasat nggak enak, badan meriang, sampai perasaan bersalah gara-gara ada kucing kawin di atas genteng malah disiram sama air se-ember.Brrhh..

    arep sedih malah ra sido, dadi kemekelen aku le huyu, tulisam mbak lucu, gak sedih babar blas.wkwkwkwkwkwkwk......

    ReplyDelete
  7. wah ndollll...aku rasanya arep nyebut kewan sak kebon binatang.....tapi ora sido...malah dadi ngakak ....

    hihihihihi....tambah larees to saiki???

    ReplyDelete
  8. ini kayak aku yang lagi kena sindrom rumah-baru-fever, apa-apa yang dirtulis pasti soal rumah. dikau lagi demam nulis soal pengalaman berjualan. makin ngiler pingin nyoba.

    ReplyDelete
  9. semoga tambah LAKU!!!!!

    ReplyDelete
  10. wah itu namanya sengsara membawa nikmat! hehehehehe...

    ReplyDelete
  11. oalah, malingnya kok nyolong pake modal segala. mbok ya sekalian mbayar pake 100 rb, biar mbak mendol ga terlalu rugi kehilangan tabung :P

    ReplyDelete
  12. hueheue...gpp mbak, kan langsung oleh ijol kan ? pembeli yg banyak :D

    ReplyDelete
  13. Hehehehe....supaya ngak kecolongn lagi, sekarang tabungnya saya gembok teman-teman...heheheh

    ReplyDelete
  14. wakwak olah sibok sibok kelangan tabung gas rasah digetuni bok.paribasan wes ono unen unen bersakit sakit dahulu bersenag kemudian

    ReplyDelete
  15. wuakakakakakkakakakkak...mbak makasih ya udah ngasih terapi ketawa,, saya jadi tambah semangat..tapi warungnya mbak malah laris maniss..harusnya judulnya: elpiji dangdut membawa berkah..hehe

    ReplyDelete
  16. waduh tega betul itu malingnya ya mbak! ck ck ck...

    ReplyDelete

Liburan ke Bali? Yuk, Kunjungi 7 Tempat Wisata Kuliner Terindah Ini

Bicara kuliner, masakan khas Bali menjadi salah satu yang paling digemari. Apalagi jika tempatnya diselimuti keindahan alam, tentu meng...