Wednesday, December 30, 2009

Degan Bakar

Irisan kelapa muda berpadu dengan racikan rempah.

Rasanya segar, khasiatnya luarrr… biasa.


foto : Anton


Sajian unik ini dapat ditemui di kawasan jalan Semarang, para penjual es degan menawarkan racikan baru yaitu degan bakar.Bahan utamanya, yaitu kelapa muda yang segar dan baru. Kelapa ini lalu kemudian dimasukkan ke dalam tong.


Pembakaran ini menggunakan kayu dan sisa ampas kelapa. Kelapa muda yang telah dibakar ini lalu diambil airnya. Campuran ramuan rempah-rempah terdiri dari jinten, laos, jahe merah, pinang dan lada hitam.


Rempah-rempah yang berbentuk bubuk ini lalu dicampur dengan madu.

Tahap selanjutnya, lalu air degan dan daging buahnya yang sudah dikeruk, dituang.


Paduan rempah dan air degan ini langsung menebarkanharum jamu terutama lada hitam yang beraroma tajam.


Anton yang badannya lagi greges penasaran mo nyobain. Setelah menuang ke piring kecil. Lalu disruput pelan-pelan. “ Rasanya hangetttttttt !” kata Anton, niruin gaya Budi Anduk.


Melihat saya nggak tertarik untuk mencicipi. Si penjual nawarin racikan lain.


“Ssst..Mbak, kalau mau yang grengg..… tinggal nambah madu sama telor. Khasiatnya ….wis talah…….!” Kata si penjual sambil ngedip-ngedip.


“Napa Pak, kelilipan kelopo yo, sampeyan !” sambil mbalas kedip-kedip. Hihihi…


Wis..tah, nyoba ya, enak kok jamunya !” katanya merayu.


“Oh, nggak Pak. Saya lemu kayak gene itu gara-gara kebanyakan minum jamu kok !”


“Ah mosok seh ! Jamu apa kok tambah montok gethu ?” *penasaran.


“ Iya… kebanyakan minum jamu Galian Kendorrrrrrrrr, Puassssss !” *sambil sleding penjualnya pake kelopo wungkul.



Degan Bakar

Penjual Es degan Sepanjang Jalan Semarang


11 comments:

  1. wah degan bakar? wah baru tau.... boleh coba tuh, tapi apa ngak menimbulkan efek lain ya, kalo ikut kebakar? :D hehehe

    ReplyDelete
  2. laaah komenku sing tak tulis lewat hp ku ndak masuk to...
    Met taon baru yah Ndolll
    trus akhirnya nyoba degan bakar model opo Ndol?
    hihihi

    ReplyDelete
  3. blog yang indah. ayo join gratis 100% membernya masih sedikit bro. http://adepromo.com/?id=via

    ReplyDelete
  4. Salam kenal dari blogger semarang yang hobi makan juga :) share tulisanku tentang Gambang Semarang Belajar Merangkak, makasih, selamat tahun baru, sukses buat anda.

    ReplyDelete
  5. Kayanya memang enak banget ya mbak. Kalau malam buka ga ya?

    ReplyDelete
  6. mbak, nasi bebeknya yang deket warung tempat makan itu sdh saya coba, memang enak kok mbak, persis seperti yg dideket kt jamsostek Karimunjawa itu, plek gak ono bedone...cobaen lek ra percoyo

    ReplyDelete
  7. halian kendor?!? wakakakka

    ReplyDelete
  8. glekkkk...uenak nya rek...
    mantab...jd segera pengen minum es degan....

    ReplyDelete
  9. @alderina : bukanya muali sore
    @kang eko : sipppp. mare ngene tak coba'e ambek my sharuhkhan

    ReplyDelete
  10. di solo blm pernah nemu mbak, ntar kl pas ke desa aja nyoba, kan di sana banyak pohon kelapa. pendek2 lagi..

    ReplyDelete
  11. degan bakar ini di surabaya? dimana ya? *penasaran*

    ReplyDelete

Liburan ke Bali? Yuk, Kunjungi 7 Tempat Wisata Kuliner Terindah Ini

Bicara kuliner, masakan khas Bali menjadi salah satu yang paling digemari. Apalagi jika tempatnya diselimuti keindahan alam, tentu meng...