Tuesday, November 24, 2009

Tahu Campur Mbak Yati

Ini catatan sewaktu saya masih dipimpin bos saya yang satu ini. Setiap penugasan, Bos ini selalu bilang, “pokok'e kudu isok !” bahkan jatah liputan di tiga kota, Gresik, Lamongan, Tuban harus selesai dalam sehari demi efisiensi waktu dan bugdet.

-------
“Siap bos, selama dana buat liputan lancar, aku budal !” tantang saya.

“ Kalo liputan nggak pake acara makan-makan , bisa nggak !” katanya balik menantang.

“ Lho, gimana seh ! Wong nulis makanan
nggak pake incip-incip, bos!” *emosi

“Itu loh susahnya, kamu incip-incip aja bisa dua piring. Kalau ada tiga kota, ada 12 tempat makan yang diliput..wah bisa mbledoss awakmu !”

Saya tersanjung…ternyata bos saya prihatin eh perhatian.

“Tenang bos…demi tugas mulia ini, ak
u siap berkorban. Ini adalah pengabdianku sebagai jurnalis kuliner sejati. Tak surut diterjang kolesterol !” *bergaya ala Bangsawan Kaya Lemak.

Setelah mengantongi restu dan sangu. Saya, Anton, dan Pak Say berangkat pagi uthuk-uthuk. Ada beberapa tempat yang kami singgahi, salah satunya di rest area stadion Sura Jaya.Mengunjungi depot tahu campur Mbak Yati yang lumayan Ngetop.

Kata Mbak Yati yang kenes ini tahu campur Lamongan mempunyai keistimewaan pada kuahnya. Kuahnya keruh karena banyak bumbunya. Inilah yang membuat rasanya sedap.

Selain kuah yang kaya rempah-rempah, di dalam bumbunya juga ada petis udang.
Petis udang dioleskan di piring, lalu diberi kuah sedikit untuk mengencerkan, kemudian diberi irisan tahu, mi kuning, irisan perkedel singkong, dan selada. Kemudian yang terpenting potongan daging sandung lamur.

Siraman kuah panas yang menebarkan aroma kaldu yang gurih diambil dari panci besar khas penjual tahu campur. Satu porsi habis dalam sekejap, nikmat bener. Rasa gurih dengan semburat rasa manis petis membuat rasanya makin mantap.

Niat mau tambah pun saya batalkan, karena jatah si Anton tak tersentuh. Masih kenyang alasan Anton. Saya sikat juga. Ssstt...emang sich, 10 menit yang lalu kami habis sarapan di Kaliotik. Tapi suerrr...saya cuman makan bothok simbukan sama iwak wader doank, wajar kalo masih laperrrr!

Ini list tempat makan yang saya singgahi di Lamongan dan sekitarnya
1. Kaliotik Jl Jaksa Agung Suprapto 31
2. Ikan Bakar Jimbaran Jl Jaksa Agung
3. Asih Jaya I Komp. Lamongan Indah Jl Panglima Sudirman
4. Depot Nasi Goreng Jl Jaksa Agung Suprapto
5. Mekar Jaya I Jl Raya Deandelss Paciran
6. Makmur Jaya Jl Jaksa Agung Suprapto
7. Kita Jl Raya Babat Lamongan
8. Palm Kendil Wesi Jl Raya Deandelss Paciran
9. Depot Tahu Campur Mbak Yati Rest Area Stadion Sura Jaya

12 comments:

  1. bikin ngiler...

    tahu campur yang aku suka itu di kantor pos pucang anom Mbak Mendol. Makan di tempat satu porsi, mbungkus satu porsi buat di makan di kost-kostan :-)

    ReplyDelete
  2. Ndollllll....ddddduuuuuuhhhhhhhhhh tega dikau...ohhh teganya membuatku merana karena tahu campur lamongan ini....hiksss aku lagi ngangen2 makan tahu campur lamongan eh koq dikauw mosting makanan yg tak impi2 ini

    laaahhh nge cesss tenan oiiiiii
    *indak2 Mendhol"

    ReplyDelete
  3. wah tahu campur yg paling suka yg sering lewat depan kost ku mbak :D

    ReplyDelete
  4. jiakakakaka... dasar mendol... suka pikun kalo habis makan he ke ke

    ReplyDelete
  5. Mbak Mendol, lalu aku minta majalah SCG yang lama2, masih boleh kan??? hari ini aku kirim kurirku ke radio SS ktm Mbak Mendol bisa??? :)
    aku tunggu balesannya ya.. heheheh
    tqq sooo muchhh

    ReplyDelete
  6. bikin kangen masakan jawa timuran...glek!

    ReplyDelete
  7. @mbak wied: Aku posting iki eling sampeyan mbak..hueeueue. Mendal aku di idak -idak..hehehe

    @lisa : hubungi sirkulasi aja...yang lama disimpen di gudang soalnya.

    @mariverika : aku malah pengen pindang kuah :)

    ReplyDelete
  8. sejak nikah aku dikontrol banget sama suamiku. makan makanan kyk tahu campur gini wes ndak boleh maneh....

    ndak boleh kalo kethok dek'ne. lek ga kethok ya SIKAT bae... huahaha...

    ReplyDelete
  9. Mantap liputannya. Nanti kalo ke Surabaya atau sekitarnya akan saya kunjungi tempat yang direkomendasikan ama si mba Mendol. Salam kenal.

    ReplyDelete
  10. wah mantap nih isinya makanan semua :D

    ReplyDelete
  11. kapan Liputan Tuban Mbakk...?

    ReplyDelete
  12. ...mo bandingin ma tahu campur di samarinda ;p *KAYA APA YAA??* hehehe...

    ReplyDelete