Tuesday, November 17, 2009

Sate Klopo Megelno

Tempatnya sama, yang dijual pun sama. Tapi saya kapok kalau beli yang malam hari.




Sate Klopo Ondomohen memang sudah terkenal di Suroboyo. Kalau biasanya saya menyantap sate ini pagi hari, malam-malam saya kepingin dan mampir ke sini.Pas datang , saya agak kaget juga, karena penjualnya beda bukan Bu Asih yang kerap saya temui di pagi hari. Penasaran, saya tanya sama tukang parkirnya.


“Pak, ini sama yang pagi orangnya sama nggak ?”

“Oh beda, mbak. Kalau pagi Bu Asih, kalau malam yang jual orang lain!”


Ya sudahlah, akhirnya saya pesan juga. Pesanan datang, tampilannya sedikit beda dengan sate klopo Bu Asih yang pagi hari. Potongannya sedikit lebih langsing. Saya pun mengutak-atik sedikit. Ternyata bumbu kacangnya sedikit sekali. Kalau tidak salah, pas meracik tadi dia hanya memberi satu sendok dan ditambah kecap.

Saya pun makan dengan lahap, sayangnya sate sama nasi saya masih banyak, bumbunya sudah habis. Saya pun minta tambah.


“Bu, nambah bumbune, nggih !” Suerr pas mengucapkan ini intonasi saya pelan, lha wong saya ini prototipe wong Jowo yang ngerti unggah-ungguh.


Tapi apa reaksinya, Ya olloh, wajahnya judesssss bangets. Ngeliat saya yang menyodorkan piring, minta tambah bumbu, matanya berkilat penuh kemarahan. Piring saya diambil kasar, lalu diberi satu sendok bumbu. Dan disodorkan tanpa menoleh ke saya.


Haduh, jujur saja, saya rada gethun minta tambah bumbu, pas tau reaksinya kasar. Kalau tau bakal diperotin githu mendingan pas minta tadi saya bawa clurit. Hayaahhh…..


Pas giliran mbayar, saya bilang. “Bu, pinten, nggih !” *ngeluarin duit receh

“ Mbak tambah seribu, tadi khan minta tambah bumbu !” katanya ketus.


Ya ampun, bumbu sate yang sak ipet itu dihargai seribu ! Okelah…. Saya nggak keberatan kok mbayar, karena jelas-jelas saya yang minta tambah bumbu. Tapi caranya itu loh, sudah ngelayanin super judes, nambah bumbu sak dulit, kena cash. Pokoknya beda bangets dengan Bu Asih yang jual pagi.


Gara-gara tindakan kriminal penjual sate kelopo ini. Saya kena tekanan psikologis, wajah penjualnya yang judes buat saya ilfill mau makan di sana. Saya jadi nggak bakal mau makan sate kelapa Ondomohen (malam hari), bahkan mewarning, temen-temen yang mau makan di sana (malam hari).


Yang jelas, penjual sate ini RUGI kehilangan pelanggan seperti saya. Soalnya jatah makan saya mewakili 10 orang. * Hueueue…iki wong opo butho yooo…..

19 comments:

  1. wooohhh... kapok kon! kenek blacklist blog jagomakan. mugo2 segera berubah sebelum bangkrut.

    ReplyDelete
  2. wkwkwkwkw... sikat ae ndol jelase wonge kalah karo koe!

    ReplyDelete
  3. iki review opo curcol Ndol?

    ReplyDelete
  4. ngakak liat komentnya mas herru :D hehe
    wah di situ blum coba sate klop, kapan2 ah...

    ReplyDelete
  5. wah,durung tau mangan sate klopo....
    bu mendoooollll....aku ora lali thooooo.......

    ReplyDelete
  6. @Herru : Soale puegelll hatiku..hehehe

    @Arul : Lho kok malah mau makan di sana ?!

    @Mbk Endang : Mbak sampeyan mangan kelopo sek, satenya nyusul aee

    @pikina: wuahahahahaa...sakjane bukan BU To... tapi Bu Sharuhkhan

    ReplyDelete
  7. onok sate klopo ngarep unair, sebelahe lab.pramita: harga mahasiswa, rasa pembantu rektor...
    sing rasane bener2 rektor yo tetep sate klopo bok tiara

    ReplyDelete
  8. Anonymous2:29 AM

    wahhh baru ae td mlm mkn d sana.. hehe..
    tp yg njualin mas2..
    oh beda ya? pantesan kok ada tulisan 'malam' gt d spanduk sate klopo nya..
    tp enak jg sih..
    wah parah y ibu itu.. pdhl uda majang tulisan tambah bumbu byr 1000, sek pelit n judes.. lg PMS kali.. wkwkw

    ReplyDelete
  9. sate klopo kij opo ndol??? sate soko klapa??? hehehehehe ga mbok terangno seh...
    aku ndesit, ngertiku sate kere...sate kerang, sate sapi, sate ayam lan sate iwak....

    waaa aku dadi ra minat mangan sate yen sing dodol judes bin galak ngono

    (ter heran2 Mendhol wedi karo bakul sate klapa)

    ReplyDelete
  10. dia ga tau kalo mbak manda ini food-reviewer terkenal di surabaya.... :)) andai dia tau, pasti mbak disuruh nyendok'i sendiri bumbunya, mau ambil seberapa, sakarep.. no extra charge!

    eh tp ojok diglogok yo bumbune, xixixi...

    ReplyDelete
  11. @bagoes : iyoooo ruameeee...jidek got mangane

    @mbak wieda : postinganku dahulu sudah aku bahas,mbak. sate kelopo iki, sate daging sapi sing dilumuri parutan kelopo/ serundeng gethoooo.

    @tyke : justru ini sangat objektif. Kalo bilang-bilang malah pelayanannya sok ramah..asline kereng jeeee

    ReplyDelete
  12. Halo Buu,

    Kesoewoen dah mamper.


    Lek aku jajan ketemu mbek Bakoel ngono, BIASANE TAK JARAK PISAAAN.......

    HAHAHAAHAH

    ReplyDelete
  13. padahal, namanya penjual itu harus pinter2 bikin pembeli balik kesitu. apalagi jualan makanan. wah.. nek sing tuku kuntilanak baru tau rasa dia.. hehehe kan jualan malam :P

    ReplyDelete
  14. oalah.... mbok sampiyan kok rak ruh nek wong iki, nek ngamuk iso ngentek-2 no sego sak wakul, xixixixixi [ bener pora yo ?, wis gah ruh ]

    ReplyDelete
  15. info bagus mbak. kapan hari bapakku dari Kendari kangen sate ondomohen. tak larang malam karna yang jual malam Bu Asih palsu. "Ini yang bilang pakar kulinernya Surabaya, Pak," kata aku gitu.

    ReplyDelete
  16. @pipit: wadoh....., ya moga-moga yang malam memperbaiki layanannya, semoga yang saya alami nggak dialami orang lain. ;)

    ReplyDelete
  17. wuih, masa nambah bumbu aja kok nambah uang lagi ya??
    mungkin penjualnya lagi badmood tuh. hehehehe

    ReplyDelete
  18. hahaha..sakit perut ngebacanya!

    ReplyDelete

Liburan ke Bali? Yuk, Kunjungi 7 Tempat Wisata Kuliner Terindah Ini

Bicara kuliner, masakan khas Bali menjadi salah satu yang paling digemari. Apalagi jika tempatnya diselimuti keindahan alam, tentu meng...