Wednesday, August 05, 2009

7 Ulekan Rp 25 Juta

Itulah pengakuan dari Bu Nur Aini. Wajar kalau saya ngiriiiiiii setengah mati.



Coba lihat sosok yang berada di tengah itu. Tersenyum renyah, pancaran mata berbinar bahagia.Namanya Bu Nur Aini, pemilik Rujak Cingur Sedati. Pertemuan saya pertama kali tiga tahun lalu, di lokasi FJB 2006. Setelah itu kami malah akrab. Sesekali kami sering telpon untuk menanyakan kabar. Tak ada perbedaan melihat sosoknya sekarang, tetep ramah sedikit meledak-ledak kalau berbicara. Cocok sama saya, yang kalau ngomong nyerocos kayak mercon heheheehe……Hingga di acara pre event FJB kami bertemu.


“Mbak Mandaaaaa…………. !” teriaknya.

Saya dipeluknya erat. Dicium pipi kanan dan kiri. Sebenarnya rada jengah juga dipeluk ditengah-tengah teman wartawan, soalnya kami berdua sama-sama suburnya. Dia menyeret saya di pojokkan.


“Mbak, kok nggak pernah main ke Sedati ? Mbok mampir ? “ berondongnya.

“Hehe.. maaf, belum sempat, Bu !” alasan.

“ Duh, Mbak. Gara-gara Bango saya bisa jalan-jalan ke Jakarta, Bandung, Medan !”

“ Pengalaman nambah, untungnya nambah, dooong ?”

“Allhamdulillah, kalau dihitung dua hari jualan di Jakarta, untungnya bisa buat beli sepeda motor gress…!”


Hah...Luarrrrrrrrr biasaaaaaaaaaa


Patutlah kalau dia sekarang menikmati, saya ingat bagaimana dia merintis harus bergulat dengan celaan saudara-saudaranya. “Masa, sarjana jualan Rujak Cingur !” demikian cacian yang diterimanya. Bu Nur bahkan sempat goyah dan hampir memilih jadi PNS. “Aku punya modal Rp 7 Juta, di saat yang sama ada orang nawarin aku jadi PNS. Tapi setelah tak pikir-pikir, lha kok nyimut…duit 7 juta aku kasih orang. Mending aku buat modal jualan rujak,” kenangnya.


Bertemu dengan sosok Bu Nur Aini menggoreskan kesan bagimana totalitas, ketekunan, keberanian adalah kunci kesuksesan. “Sekarang 7 kali ngulek, aku bisa dapat duit Rp 25 juta !”

(Saudara-saudara, cobek rujak Cingur versi Bu Nur Aini superrr besar. Untuk satu kali ulekan bumbu, bisa untuk 125 porsi. Lha Anda tinggal mengalikan saja ya, harganya seporsi Rp 15 ribu)


Ah sebuah support yang luar biasa, berbagi kisah, menimba ilmu dengan para pelaku pelestari makanan tradisional yang mulai dari bawah. Terima kasih Bu Aini- Rujak Cingur Sedati, Mbak Indah - Lontong Balap Pak Gendut, Cak Yudi - Bebek Cak Yudi, terima kasih buat Unilever –Kecap Bango, peduli dengan pedagang yang konsisten mengangkat makanan tradisional Indonesia.


Semoga usaha kecil yang sedang saya rintis KUPANG LONTONG TANJUNG PERAK, mampu ikut meramaikan FESTIVAL JAJANAN BANGO di masa mendatang.


Jangan Lupa Kawan !!!
Festival Jajanan Bango
Festival Kelezatan Sepenuh Hati
Acara digelar pada hari Sabtu 8 Agustus 2009
Lapangan Makodam Brawijaya. Jl Hayam Wuruk Surabaya. Arena dibuka 12.00 -22.00 Wib

8 comments:

  1. rujak uleknya enak ndak ndol?

    ReplyDelete
  2. mbak, mmg rujak cingur pake kecap?
    sak ngertiku bumbu hitamnya itu pake petis jee.

    ah di solo susah nyari rujak cingur, ga spt di malang dl. di sini adanya lotek, gado2, pecel, sate kere (dr tempe menjes ato gembus=solo). tp bumbunya sama semua yakni pake bumbu pecel.

    ReplyDelete
  3. wuihhh jadi kebayang rujak cingur.....uenak pasti yah???

    ngiler ngeces cleguken..........nafsuuuuuu pooooolll

    ReplyDelete
  4. @det: Sippppp, mantep

    @lady: Lho mbak, petisnya ada 7 macam, trus ditambah kecap.
    btw, Malang iku mangan opo ae pasti weenak yo mbak.

    @mbak wied : Iyo mbak, weenak pool. Ditambah kerupuk isok enthek sak blek...hhehehe

    ReplyDelete
  5. seneng aku mbak, aku dah dapat petis di solo, di swalayan. rencananya mau bikin rujak cingur trs aku incipin ke tetangga dkt rumah, biar tau betapa enaknya jajanan dr jatim :D

    btw, about poto, aku nepati janji ga pasang 'link' poto, cuma masang potonya aja :P
    tp untung dirimu ga punya fb, kl ada bakalan di-tag sama temen2 globber fotomu :D
    jd masih aman kok :P

    ReplyDelete
  6. Makasih udah mampir.

    Btw sayang sekali kecap bango gak masuk ke Winnipeg, di canada. Kalo mau beli kecap bango mesti pesen ke Vancouver yg jarak tempuhnya pk pswt 3 jam :D

    Kapan kecap bango bs sepopuler kecap ABC di North America (Canada dan US), krn disini di spm besar dan toko asia umum dijual kecap manis ABC.

    ReplyDelete
  7. salam kenal mbak...
    kebetulan kemaren saya barusan nyobain rujak cingur sedati.. tapi yang 'ngulek' bukan bu nur sendiri...
    kok agak kecewa ya mbak... menurut suami saya malah dia kecewa banget makan rujaknya.. katanya rujak yang paling tidak enak yang pernah dia makan (dia pesen rujak cingur madura) trus takcobain punyaku yang rujak cingur biasa, dia bilang masi lebih enakan rujak di muncar banyuwangi...

    mumpung ada ulasan rujak sedati (kebetulan waktu saya mampir di sana kok sepi2 aja ..) mungkin yang ngulek rada gak niat ya.. soalnya kemaren waktu saya pesen rujaknya tuh si mbaknya lagi sibuk sms-an

    yah sekedar memberi kritik aja lewat blognya mbak manda.. jangan sampe ada yang kecewa lagi.. soalnya suami saya blas gak mau kalo diajak ke sana lagi.. mendingan juga kalo di surabaya, beli rujak di kertajaya tuh lebih mantep, lebih banyak isinya... lebih sedap pula... :)

    suwun mbak...

    ReplyDelete
  8. @ariani : sayang ya... justru mbak Ariani kesannya begitu ya. Sulit sepertinya untuk konsiten menjaga rasa dan pelayanan semoga Bu Nur Aini membaca keluhan ini. Buat Mbak Ariani..terima kasih banyak. :)

    ReplyDelete

Liburan ke Bali? Yuk, Kunjungi 7 Tempat Wisata Kuliner Terindah Ini

Bicara kuliner, masakan khas Bali menjadi salah satu yang paling digemari. Apalagi jika tempatnya diselimuti keindahan alam, tentu meng...