Tuesday, May 12, 2009

Harum Aroma Nasi Bakar

Dimana-mana banyak yang jual nasi bakar. Saya pun dibuat penasaran.


Menu nasi bakar memang tergolong unik, karena sebelum disajikan nasi dan lauk harus dibakar di atas pemanggang terlebih dahulu. Nasi yang dibakar juga bukan nasi putih biasa melainkan nasi gurih, yang dibungkus dengan daun pisang. Di dalam nasi gurih diisi dengan lauk, misalnya udang, empal, atau teri. Kemudian ditambah sambal, dan daun kemangi.
Nasi bakar merupakan produk proses lanjutan dari nasi yang diolah dengan cara dibumbui atau diberi dirempah-rempah, kemudian dibungkus daun pisang dan dibakar di atas api. Pembakaran tidak sampai tersentuh api.

Proses pembakaran nasi dan lauk di atas pemanggang memakan waktu sekitar lima menit. Menggunakan bara dari batok kelapa. Bungkusan nasi yang dijepit dibolak-balik sebentar, setelah dirasa matangnya telah merata kemudian siap dihidangkan.


Istimewanya nasi bakar ini, begitu dibuka dari bungkusnya, harum aroma mampu membuat orang lapar.Aroma kemangi dan daun pisang membuat nasinya terasa lebih wangi dan lebih enak daripada nasi biasa.

Nasi bakar ini sebenarnya bisa langsung dinikmati, tapi saya nggak sreg kalau tidak menambah lauk, apalagi pilihannya banyak, ada gorengan bebek, ayam, ampela, udang, cumi, lele, gurami dan tambahan tahu serta tempe mendoan.

Saya sih makan nasi bakar teri, plus nambah gurami bakar, ukurannya mungil, tapi termaafkan karena porsi nasinya lumayan banyak. Hehehehe…. *Maklum perut kuli.
Si Anton milih nasi bakar udang, lauknya tempe mendoan. Seporsi cuman dua potong tempe, yang satunya saya embat. Meski terpaksa Anton pun merelakan *dengan ekspresi ketakutan. Hihihihi….

Nasi Bakar
Kedai Sambal
Jl Dukuh Kupang 25 no 38-40

10 comments:

  1. ndollll....mbok aku diajak to yen lagi "menyantap" makanan2 seperti ini....hehehehe sumpah aku ngilerrr tenannnn

    ReplyDelete
  2. aku pernah makan nasi bakar ini, tapi lupa dimana, rasanya kok kayak arem arem ya Ndol

    ReplyDelete
  3. kalo di daerah jawa barat sana model bungkusannya silinder kayak lontong gitu. btw ini harga berapaan sebungkusnya ndol?

    ReplyDelete
  4. Nasi bakar didekat kantorku juga ada, rsanya enak, hmmm..gurih dan nikmat! Aduh aku jadi pengen makan nasi bakar niy..Btw nasi bakar kedai sambal dimana yah? Diluar jakarta?

    ReplyDelete
  5. wah saya jadi pengen... maksudnya jadi pengen bikin sendiri :D

    soale lebih marem, lebih higinis dan bebas micin :)

    ReplyDelete
  6. Seporsinya brp mbak ? Dukuh kupang ya? Deket rumah nih, cari ahhh.. ^^

    ReplyDelete
  7. murah jie, sebungkus cuman Rp 2500. Tapi garing juga kalo nggak tambah lauk.

    ReplyDelete
  8. iku emang khusus jual aneka nasi bakar gitu tha yang di dukuh kupang?

    ReplyDelete
  9. Anonymous6:18 AM

    murah harga segitu, aku pernah coba nasi bakar di kebun bibit, 1 kena 5000. itupun cuma nasi bakarnya aja.. kapan2 kesana ah....

    ReplyDelete
  10. Menunya banyak kok nngak cuman nasi bakar. Iya murah asal nggak nambah lauk aja.

    ReplyDelete

Liburan ke Bali? Yuk, Kunjungi 7 Tempat Wisata Kuliner Terindah Ini

Bicara kuliner, masakan khas Bali menjadi salah satu yang paling digemari. Apalagi jika tempatnya diselimuti keindahan alam, tentu meng...