Skip to main content

Harum Aroma Nasi Bakar

Dimana-mana banyak yang jual nasi bakar. Saya pun dibuat penasaran.


Menu nasi bakar memang tergolong unik, karena sebelum disajikan nasi dan lauk harus dibakar di atas pemanggang terlebih dahulu. Nasi yang dibakar juga bukan nasi putih biasa melainkan nasi gurih, yang dibungkus dengan daun pisang. Di dalam nasi gurih diisi dengan lauk, misalnya udang, empal, atau teri. Kemudian ditambah sambal, dan daun kemangi.
Nasi bakar merupakan produk proses lanjutan dari nasi yang diolah dengan cara dibumbui atau diberi dirempah-rempah, kemudian dibungkus daun pisang dan dibakar di atas api. Pembakaran tidak sampai tersentuh api.

Proses pembakaran nasi dan lauk di atas pemanggang memakan waktu sekitar lima menit. Menggunakan bara dari batok kelapa. Bungkusan nasi yang dijepit dibolak-balik sebentar, setelah dirasa matangnya telah merata kemudian siap dihidangkan.


Istimewanya nasi bakar ini, begitu dibuka dari bungkusnya, harum aroma mampu membuat orang lapar.Aroma kemangi dan daun pisang membuat nasinya terasa lebih wangi dan lebih enak daripada nasi biasa.

Nasi bakar ini sebenarnya bisa langsung dinikmati, tapi saya nggak sreg kalau tidak menambah lauk, apalagi pilihannya banyak, ada gorengan bebek, ayam, ampela, udang, cumi, lele, gurami dan tambahan tahu serta tempe mendoan.

Saya sih makan nasi bakar teri, plus nambah gurami bakar, ukurannya mungil, tapi termaafkan karena porsi nasinya lumayan banyak. Hehehehe…. *Maklum perut kuli.
Si Anton milih nasi bakar udang, lauknya tempe mendoan. Seporsi cuman dua potong tempe, yang satunya saya embat. Meski terpaksa Anton pun merelakan *dengan ekspresi ketakutan. Hihihihi….

Nasi Bakar
Kedai Sambal
Jl Dukuh Kupang 25 no 38-40

Comments

  1. ndollll....mbok aku diajak to yen lagi "menyantap" makanan2 seperti ini....hehehehe sumpah aku ngilerrr tenannnn

    ReplyDelete
  2. aku pernah makan nasi bakar ini, tapi lupa dimana, rasanya kok kayak arem arem ya Ndol

    ReplyDelete
  3. kalo di daerah jawa barat sana model bungkusannya silinder kayak lontong gitu. btw ini harga berapaan sebungkusnya ndol?

    ReplyDelete
  4. Nasi bakar didekat kantorku juga ada, rsanya enak, hmmm..gurih dan nikmat! Aduh aku jadi pengen makan nasi bakar niy..Btw nasi bakar kedai sambal dimana yah? Diluar jakarta?

    ReplyDelete
  5. wah saya jadi pengen... maksudnya jadi pengen bikin sendiri :D

    soale lebih marem, lebih higinis dan bebas micin :)

    ReplyDelete
  6. Seporsinya brp mbak ? Dukuh kupang ya? Deket rumah nih, cari ahhh.. ^^

    ReplyDelete
  7. murah jie, sebungkus cuman Rp 2500. Tapi garing juga kalo nggak tambah lauk.

    ReplyDelete
  8. iku emang khusus jual aneka nasi bakar gitu tha yang di dukuh kupang?

    ReplyDelete
  9. Anonymous6:18 AM

    murah harga segitu, aku pernah coba nasi bakar di kebun bibit, 1 kena 5000. itupun cuma nasi bakarnya aja.. kapan2 kesana ah....

    ReplyDelete
  10. Menunya banyak kok nngak cuman nasi bakar. Iya murah asal nggak nambah lauk aja.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rejekine Wong Lemu

Memory Gubeng Pojok

Kisah Cinta Sharukhan dan Spring Bed


Tempat makan lawas, dengan harga ramah di kantong ini salah satunya, Gubeng Pojok. Saya punya memori indah dengan depot satu ini. Ya masa-masa jaman pacaran sama my sharukhan, masa-masa habis nonton bioskop di Mitra, dah gitu kelaparan nyari makan. Ke sini tempatnya. Alasannya, murah bangets, masuklah buat my sharukhan yang pacarnya sekali makan bisa 2-3 piring…hihihi

Seporsinya dulu cuman Rp 8 ribu-an, ngga beratlah kalau saya nambah 2 kali, masih masuk akal. Hihihi..
Tidak ada yang berubah di gubeng pojok, kursi meja suasananya tetep. Yang berubah harganya. Sekarang sudah Rp 11.000,- tapi masih murah seh nurut saya. 


Dari dulu sampai sekarang my sharukhan seleranya tetep. Krengsengan, sama jeruk anget. Wis!. Kalau saya juga tetep, kare ayam, nasi goreng, rawon. Maksutnya habis makan rawon, nambah nasi goreng, kadang kare ayam. Ya maksutnya pancetnya nambah 2 sampai 3 piring getoooo.


Pilihan kita duduk di pojokan, sambil mengenang masa pacaran…cieee c…

Makan Enak, Nyantai di Hotel Berbintang dengan Pemandangan Indah Luar Biasa

Yuks, bro and sis.. tandai kalender kalian, buat bisa berlibur ke sini. Pesan online bayar mudah Pake Traveloka aja, pesan tiket pesawat, booking hotel, perjalanan, traveling. ... Ngga pake mumet, cukup satu ketukan, pembayaran beres….duh, senangnya.

 Bali yang indah seakan tak ada satukata yang bisa melukiskan keindahannya. Bali yang memesona membuat wisatawan selalu datang kembali untuk menikmati pesonanya. Bali yang menawan membuat siapapun akan datang dan membuktikan sendiri cantik dan mengagumkannya sebuah pulau kecil di timur Indonesia ini.
Salah satu keindahan alam yang menjadi magnet wisatawan adalah Pantai Nusa Dua yang berada di ujung selatan Pulau Dewata ini. Pantai ini dikenal dengan pantai terbersih dan cukup nyaman karena tidak secrowded Pantai Kuta. Juga tidak seeksklusif Pantai Seminyak yang memiliki berbagai macam resor dengan harga fantastis.
Di Pantai Nusa Dua ini kamu bisa memilih Grand Nikkosebagai penginapan di Bali. Lokasinya berada di Jl. Nusa Dua Selatan, Benoa, …