Thursday, March 12, 2009

Tahu Crispy

Tahu gorengnya benar-benar crispy. Dibalur dengan tepung yang gurih dicocol sambal petis. Rasanya gurih kriuk...kriuk

Nyemil itu selalu bikin ketagihan. Cemilan favorit saya, ya cemilan yang gurih, enak tapi tidak memberatkan kantong. Satu yang bikin saya nggak nahaaaaaaan, Tahu Crispy !

Jadi modelnya, tahu ini dibedaki sama tepung lalu digoreng garing. Tahunya itu dalamnya kopong. Nggak ada isinya, saking garingnya. Bumbu tepungnya juga gurih asin, sedikit mirip dengan tepung kobe....jangan-jangan pake itu yaaaaa ???

Memang ada banyak versi dari Tahu Crispy ini. Saya sendiri punya tempat favorit. Misalnya, kalau lagi jalan sama keluarga, di BG Junction saya selalu mampir beli Tahu Crispy di gerainya Tahu Nona. Harganya murah cuma Rp 6 ribu, biasanya saya beli dua porsi.

Pernah pas pulang kantor, dijemput sama my sharuhkan, saya merajuk kepengen tahu crispy merek Ada Rasa yang lokasinya di GWalk.Konon Ada Rasa inilah pelopornya tahu crispy di Surabaya. Gara-gara saya crita kayak orang kerasukan, my sharuhkhan sampai penasaran sama tahu crispy yang ada di GWalk.

Sebagai pemerhati Tahu, .hehehehehe. Tahu Crispy memang beda dengan olahan tahu pada umumnya. Bahan dasarnya berasal dari tahu putih yang lembut teksturnya. Penyajiannya pun dengan dua cara, yaitu dipotong kotak lalu disiram mayones, atau juga dioplos bumbu; barbeque, keju, atau balado. Untuk pelengkap makan tahu, ada sambal dan petis.

Menurut saya, setiap penjual tahu crispy memiliki ciri khas masing-masing. Dan dijamin rasanya tidak sama. Sebab tahunya yang digunakan sudah beda, apalagi tepung crispynya, gurihnya juga tidak sama. Perbedaan lain, tahu crispy dengan kualitas bagus, biasanya meski tidak segera dimakan, dalam kurun waktu 30 menit masih renyah , terasa kriuk..kriuk ketika digigit.

Saran saya, makan tahu enaknya,pas masih anget, sebagai penguat rasa tentu saja dioles dengan sambal petis dan dikletus sama cabe rawit. Cesss.....ssss
------

NB : Soal Tahu...ehemm. Tahun 2007 saya pernah ngasih tebakan pas acara gathering journalis di Vista Side Walk-Garden Palace. Malam itu saya didaulat, jadi MC dadakan dan harus ngasih dua tebak-tebakan. Pertanyaan pertama : “Artis siapa yang jago main basket ?” Ternyata para wartawan pada salah njawab. Padahal jawabannya mudah...siapa lagi kalau bukan Hetty Koes Slum Dunk..heheheheh.


Nah pertanyaan kedua, saya ngasih tebakan :
“Apa bedanya Tahu sama Bokong ?”
Dan...mereka lagi-lagi nggak bisa njawab, pas saya kasih tau jawabannya, Saya langsung disambit pake sepatu rame-rame sama temen-temen, sampai kena jidat saya.
"Hayooo..tau nggak jawabannya ?"
yang membuat saya kehujanan sepatu bauuuuuu !!!

--------------
Tahu Crispy Ada Rasa
GWalk Telp (031) 70672345
Buka mulai pukul 17.00 – 22.00 wib


Foto : Wahyu

20 comments:

  1. pertamax!!

    teksturnya lembut kyk tahu sumedang mbak?
    jd pengen..

    ReplyDelete
  2. walah tangi turu ndelok ngene iki marai luweeeee...

    ReplyDelete
  3. @mbak lady : beda mbak...kayak tahu kopong sich

    ReplyDelete
  4. tahunya make tambahan formalin ga ndol?

    kekekekekekeke...mbikin ngiler aja

    ReplyDelete
  5. ahhhh bikin ngilerrrrr!

    ReplyDelete
  6. arghhh...bikin pengen ajah *elus elus perut*

    ReplyDelete
  7. tahu crispy buatan icha tetap lebih enak... wkwkwkwkw.... narsis....wkwkkw

    ReplyDelete
  8. ehhhhmmm, bener2 nyam-nyam tuh kayanya.
    bagi2 dunks, mbak. :)

    ReplyDelete
  9. nang darjo yo onok. jenenge tahu Wong Ndeso. opo to jawabane? *penasaran*

    ReplyDelete
  10. hem nyam nyam pasti enak yah mas
    byme

    ReplyDelete
  11. gilaaaa...aku dah lebih dr setaun gak menelan tahu..hiks...

    hetty koes slum dunk...hahaha... jayus tp garing..mirip tahunya

    ReplyDelete
  12. Kualitas Tahu Crispy 'Ada Rasa' skrg turun jauh dibandingkan waktu pertama kali buka dulu. Tepungnya gak nempel, alias mrotol2. Sayang banget, padahal kan dia pelopor..

    ReplyDelete
  13. Aduh Ndol .. aku justru suka Tahu yang kopong gini, nyammi tenan! Maklum ditempatku nggak ada Tahu crispy :(

    ReplyDelete
  14. hmmm...jauh banget di Surabaya, huhhh..disini juga ada Tahu Crispy, tapi rasanya kurang mantab...

    ReplyDelete
  15. Iya... kalo ke gwalk... g prnh luput makan tahu krispi yg satu ini. emg paling enak...

    ReplyDelete
  16. Anonymous8:04 PM

    apa sama dengan waralaba tahu kresss yang lagi rame di kota2 jawa timur,

    ReplyDelete
  17. makasih mba manda la mendol,disebut2 di blog ini jadi kebanggaan..^;)^ oya, tapi sudah 2 bulan ini outlet BG tutup, tinggal di TP aja :)

    ReplyDelete
  18. Anonymous8:22 PM

    hadir di Surabaya, distributor Tahu bulat Misihu Tasikmalaya, kalau mau pesan silahkan hub 031.879.2341 - 72.605.605
    Kami distributor, bukan waralaba

    ReplyDelete
  19. vina yolanda3:03 AM

    hem...
    tau gmna gg cara bikin a?

    ReplyDelete

Liburan ke Bali? Yuk, Kunjungi 7 Tempat Wisata Kuliner Terindah Ini

Bicara kuliner, masakan khas Bali menjadi salah satu yang paling digemari. Apalagi jika tempatnya diselimuti keindahan alam, tentu meng...