Thursday, January 08, 2009

Rawon Thailand, Lebih Berani

Menambah khasanah dunia Rawon di Jawa Timur. Di Malang ada Rawon Brintik dan Rawon Tuyul. Dan di Surabaya. Ada Rawon Setan, Rawon Dengkul Nguling, Rawon Kalkulator. Nah, kalau ingin menikmati rawon dengan taste yang lebih BERANI, coba saja Rawon Thailand ini.



Saya punya obsesi ingin pergi ke Thailand gara-gara kesemsem berat sama Thai-Food. Sajian eksotik dan unik. Dan rasanya benar-benar khas. Dulu, bos saya ini, pernah pergi ke sana. Majalah dan katalog tentang wisata dan tempat makan di Thailand saya simpan. Berharap kelak bisa pergi ke sana … *Amien.

Tapi impian ini hampir tercapai. Saya memang tidak pergi ke Thailand. Tapi setidaknya Si Jed, mengabari kalau temannya di Surabaya baru buka resto Rawon Thailand. Saya dapat kehormatan sebagai Tamu pertama yang diundang sama Mas Hary- Ownernya. Orangnya ramah menyambut saya dan Anton.
“Haduh .. ini saya baru saja baca blognya Manda !” Waduh saya jadi begajulan nggak karuan.

“Wah Mas Hary, saya..saya …jadi laper..eh jadi malu !”

Mas Hary ini terampil sekali, mulai menakar nasi, mewadahi rawon ke mangkok. Menyiapkan ke meja, semua dikerjakan sendiri. Hebat, masih muda, cekatan.

Kok Pakai Nama Rawon Thailand ?
Oh…ternyata tidak sekedar ada sentuhan bumbu khas Thai, tapi kokinya pun asli dari Thailand..ya calonnya Mas Hary ini...*suit...suit.

Pasti Penasaran khan gimana rasa Rawon Made in Thailand ini !
Hmm… dari panampakan serupa dengan rawon biasa. Eh, tapi tunggu dulu…tapi rasanya, BEDA ! Iya…tidak seperti rawon biasa.


Rawon Thailand adalah modifikasi dari rawon biasa, namun dengan sentuhan pedas yang identik dengan thai-food. Rasa pedas, tapi tidak terlalu dominan. Dan rasa pedasnya bukan dari merica tapi dari cabe merah besar yang dihaluskan. Kuah rawonnya tidak pekat, terlihat benar kalau bumbu kluweknya tidak banyak, tapi lebih mengandalkan bumbu khas Thai yang spicy.

Jago bener nih kokinya. Bumbunya benar-benar meresap sampai ke dagingnya yang gede dan empuk. Nggak kayak saya, kalau buat rawon dagingnya sepoh alias hambar…hehehehe.


Sebagai pelengkap, ada tempe goreng, empal dan telor asin. Untuk telor asinnya, angkat dua jempol. Benar-benar masir. Rencana ke depan, kata Mas Hary nantinya akan menyediakan menu-menu thai-food selain Rawon Thailand.Dan saat ini sedang ada dalam proses pengembangan.
Mas Hary, tak tunggu undangan Thai-Sea foodnya...*kemeces.

Soal rawon, Jadi ingat pas jaman kuliah. Gara-gara rawon saya pernah dimusuhin sama Satu Genk anak Ambon. Soalnya, saya menyebut RAWON dengan sebutan.....
SOTO AMBON
!” . Hiyaaa....!!!!

Rawon Thailand
Jl. Kedungsari 19-b Surabaya
Web: rawonthailand

13 comments:

  1. wuihhhh rawon thailand......blom pernah nyoba...tapi klo makanan thai emang banyak yg enak...palagi sambel mangga mudanya...eunakkk

    ReplyDelete
  2. wah menarik iki. anyar! aku rung tau kenalan rawon thailand. btw ndek thailand kono opo panganan iki disebut rawon pisan? opo nduwe jeneng liyo?

    ReplyDelete
  3. hyahahah... soto ambon! ada2 aja :))

    ReplyDelete
  4. hmmm sedepnya.... rawon impor nih.. harganya pasti juga mahal

    ReplyDelete
  5. huahahhahahahaha....... manda emang mantap deh..wakakkakakka Thai seafood? mau dunk.. wakkkakak

    ReplyDelete
  6. Hello there my friend! I found your blog very interesting so I have added your link in my Blogroll. I hope you'll link me back. Have a nice day! http://hapiblogging.blogspot.com/

    ReplyDelete
  7. tapi rawon yg paling enak yg pernah sy rasa itu di gresik rumah temanku :D
    pedas dan rasanya luar bisa :D

    ReplyDelete
  8. Thank you buat liputan & ulasannya, Manda :D

    ReplyDelete
  9. Mbak..mbak.. pancet ae mbanyol sampean iki, hehehe..

    ReplyDelete
  10. njaluk tilpune mas hary :d

    ReplyDelete
  11. Hi! Care to x-link? I have added you already in my list. Have a nice day! http://carlos-ideas.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. penasaran pengen nyoba.
    tp penampilan difotonya itu terlihat mirip sama rawon biasa yaah

    ReplyDelete
  13. To : Fahmi
    wadoh nggak tahu kalau di Thailand namanya apa Mi ? wong aku belum ke Thailand..hehhehe

    ReplyDelete

Lactogrow Happy Wonderland ; Taman Bermain Impian

Happy bangets, pas ada undangan …. “Ajak anaknya ya….”  Wah, sudah kebayang wajah Si Mala, yang pasti sumringah. Undangan ini da...