Skip to main content

Posts

Showing posts from April, 2008

Bebek Peking Tidak Dicekik

Warna kulitnya coklat mengkilat menggoda selera makan.

Dari banyak masakan tradisional Cina, bebek peking, atau peking duck termasuk dalam daftar hidangan utama di resto atau gerai hidangan Cina. Menu bebek peking termasuk mahal sebab harus menggunakan bebek yang diimpor langsung dari Beijing.

Dagingnya yang lembut, serta ukurannya dua kali lebih besar dari bebek lokal merupakan alasan, mengapa para Chef hotel berbintang tetap menggunakan bebek asal Beijing ini.
Sarkies Seafood Chinese Restaurant hotel Majapahit Surabaya, menyajikan hidangan Cina prasmanan dengan makanan spesial peking duck. Cara masaknya sangat ruwet, dan proses pengolahannya pun berbeda hingga bebek peking mempunyai rasa yang khas, dan menghasilkan daging bebek panggang yang mengkilat, kering dan renyah di luar, tapi lembut di dalam.

Seorang chef, berbaik hati membuka rahasia cara pengolahan pada saya.“Memilih bebek harus teliti, ini merupakan kunci untuk menghasilkan masakan yang prima. Misalnya kulit bebek tidak b…

Bebek Remuk Pak Ndut

Foto : Anton

Sasaran perburuan saya kali ini, Bebek Remuk Pak Ndut Kartasura.

Kalau nggak ada undangan makan, saya liyer-liyerdi kantor. Tapi, kadang sehari saya bisa liputan dan makan di tiga tempat. Seperti hari rabu lalu, Jam 10 pagi saya diundang sebuah hotel promo coklat. Siangnya, undangan lunch di Palm’s Café Paluwon Golf &Family Club. Dan malamnya, saya sudah ada janji dengan Milka pemilik bebek remuk. Thx to Jie :)

Dengan gaya sempyongan gara-gara kebanyakan makan sop buntut goreng di Palms Café , saya dengan fotografer ini menuju ke resto ini.
“Anton, ntar aku nggak makan ya. Soalnya kenyang banget !” *sambil ngelus weteng.
“Ah, yang bener ! Sejak kapan Mbak Mendol bisa kenyang. Perasaan selang lima menit sudah lapar lagi !” kata Anton tanpa tedeng aling-aling.
Huahh..!!! dasar anak kecil nggak tahu diri. Bukannya memberi support agar saya mengurangi makan. Tambah diolok-olok.

Di resto bebek remuk, Mbak Milka, menyambut kami dengan ramah. Kebetulan, ada spesial menu paket.Te…

Belut Elek VS Embok Enom

Foto : http://mimimama.blogspot.com/

Niatnya Makan Belut. Tapi, Embok Enom disikat juga.

Pukul 6 sore. Teng ! Wah , kantor saya berubah bak pasar malam. Maklum ada Siwi, Angki, Dion, Jie dan Fahmi, yang nyamperin buat acara berburu belut. Yah, hari itu, kita berencana mau nyerbu belut H. Poer di jalan Banyu Urip.Ide awalnya gara-gara si Fahmi yang penasaran setengah hidup sama belut ini. Tapi untuk ke sana, Fahmi nggak punya nyali. Maklum-lah lokasinya di daerah Banyu Urip, sebelahan ama Gang Dolly. Saya sih terbiasa, lah ini rute rutin saya, kalau pulang kantor. Tapi demi stabilitas keamanan tak lupa, saya pun mengajak serta Germo Wisma Moro Seneng ini. *cekikikan …

Awal perjalanan, ban sepeda motor saya bocor. Si Dion, langsung menuding berat badan saya, yang over dosis sebagai penyebabnya. Tapi, untunglah tuduhan itu tidak terbukti, sebab sebuah kawat nancep-anteng di ban belakang. *ah legaaaa….

Sampailah kami di warung belut SBS ini. Nggak ada yang cerewet, semua menyerahkan piliha…

Susahnya Jadi Vegan

Sedikit memalukan. Saya pernah mencoba jadi vegetarian. Dan gagal !

Ceritanya, saya ditugaskan untuk liputan resto Vegetarian. Bertemulah saya dengan banyak penganut Vegetarian. Saya melihat para penganut vegetarian ini wajahnya bersih, auranya positip. Hebatnya lagi, rata-rata mereka jauh dari penyakit. Harus diakui konsumsi daging-dagingan dan produk hewani memiliki keterkaitan dengan penyakit yang ada sekarang ini. Demi kesehatan dan mengurangi penderitaan terhadap binatang adalah alasan utama.

Saya agak terpengaruh. Kalau dipikir ada benarnya, hewan juga mahluk hidup. Ngenes juga kalau lihat ayam, sapi, kambing yang lucu-lucu terus dijagal dijadikan makanan. Aduh kok ya tega…

Habis wawancara itu..tiba-tiba kok saya jadi ilfill lihat daging. Akhirnya saya bertekad kuat MULAI HARI INI SAYA VEGETARIAN.

Hari pertama ;
Pagi-pagi pas bangun saya sarapan tempe sama sambal.*Wuahh…Bangga sekali. Siang, lihat jatah makan siang dari kantor ternyata ada empal goreng. Lalu dengan ramah saya menaw…