Friday, September 05, 2008

Kugadaikan di Blauran


Di Pasar Blauran saya mengobati kerinduan dibalik jajanan tradisonal tempoe doloe.

Doloe, waktu saya masih SD, sehabis mengantarkan ibu menggadaikan emas di toko Emas Enam Djaja (buat bayar sekolah...) , ibu selalu mampir ngajak ke penjual jajan pasar di Blauran.

Jaman segitu Blauran beceknya luar biasa, masuk ke pasar blauran ibarat main ke sawah, soalnya sandal saya penuh dengan ledhok. Sebenernya pengen rasanya digendong, tapi nggak mungkin. Lha bobot tubuh saya pas kelas enam SD itu sudah menyamai bobot ibu saya. *GuEdE Tenan Pokok'e


Segala makanan tradisional seperti klanting, putu, rujak cingur, lontong balap, tahu campur, tahu tek, rujak gobet, jenang grendul, bubur sum-sum, jajan pasar siap tersedia. Bila dahaga tinggal coba saja dawet, es degan atau es campur dijamin segar.

Ibu saya paling suka berkunjung di atas jam 8 malam, ssttt... bukan malu ketahuan tetangga kalau menggadaikan emas hehehehe… tapi jam segitu jajan pasarnya diobral setengah harga.

Apalagi jajan yang ada unsur parutan kelapanya,
ya kalau beruntung memang dapat yang nggak basi, tapi kalau dapat yang basi yo jangan protes.

Namanya juga beli jajan obral, jajan sisa tadi pagi. Ini khan, artinya berani menerima risiko kue lapis setengah kecut, atau lemper ayam yang ada ilernya…yeeeeeekkk.


Sekarang, Pasar Blauran sudah tertata rapi. Lantainya pun keramik. Saya masih sering datang ke sini, apalagi menjelang tanggal tua. Bukan nyari jajan pasar buat sajen lho, tapi saya sedang menyekolahkan kalung biar pinterrr, di toko Emas Enam Djaja…. Huheuheueuee….

16 comments:

  1. masaoloh.........jare haram? iki rak panganan juga mbak? sllu..urp

    ReplyDelete
  2. owalah mangkane gedhe2 awakmu malih doyan makan dan menjadikannya profesi ya ndol. gak nyangka crita masa kecil berlanjut dan berlanjut. wow.

    ReplyDelete
  3. akhirnya posting juga :D
    wah sy ndak pernah menikmati jajanan di blauraan.. cuman penjual emas n buku bekas doang :D

    ReplyDelete
  4. Aduuhh pingin ngincipin jajanan e, kangen ama jajanan tradisional kita (*_*)

    ReplyDelete
  5. husssss.... katanya ndak bahas makanan? tapi features yang ini bikin ngeces!!!!!!

    ReplyDelete
  6. met buka puwasa!

    ReplyDelete
  7. Beli jajan di pasar blauran, kalau malam biasanya ada diskon sampai 75% lho.

    ReplyDelete
  8. hmm..jadi kuwi panganannya namanya apa?!? :D

    ReplyDelete
  9. mblauran, agak sono dikit ada bebek padin hihihi :D

    ReplyDelete
  10. kapan2 kopdar ng mblauran yo jeng... walah kok ya ra keren bluasssss

    ReplyDelete
  11. la mendol1:13 AM

    @didut : itu kue lapis...masa nggak tau seh ? *pingsan

    ReplyDelete
  12. Aku minta satu dong buat oleh-olehnya.. hehehe

    ReplyDelete
  13. weleh... (blog) yg haram aja bikin laper mbak...

    ReplyDelete
  14. Aku suka lemper, lemper, dan lemper....

    lemper Monami itu enak banget mbak....

    ReplyDelete
  15. whuaaaaaa pasar blauran!!! masa kecilku selalu diajak jajan disitu ma ibu dan mbah-ku,..... hiks hiks.... kangen!!

    ReplyDelete
  16. setiap pasar tradisional punya jajanan yang hanya ADA DISITU......

    percaya deh.........

    ReplyDelete

Lactogrow Happy Wonderland ; Taman Bermain Impian

Happy bangets, pas ada undangan …. “Ajak anaknya ya….”  Wah, sudah kebayang wajah Si Mala, yang pasti sumringah. Undangan ini da...