Monday, June 30, 2008

Lontong Cap Gomeh


 foto : bimbim
Dulu, kalau saya sakit panas. Biasanya embah saya bilang, "Wis masakno lontong cap gomeh, iwak'e pitik Jowo. Lak'an waras !"

Saya nggak ngerti, apa hubungannya panas tubuh saya,sama pitik Jowo. Tapi, tiap kali panas, saya selalu dibujuk dengan makanan istimewa. Saya nggak inget apa pengaruhnya... cuma kalau sakit memang saya maksimalkan untuk minta makanan yang enak-enak..ya mumpung diperhatiin. Hehehe..
Seperti minggu lalu,  saya hampir seminggu sakit. Harus bed rest total. Keinginan untuk makan aneh-aneh kumatt...My Sharuhkhan, sampai ikutan pusing nurutin kemauan saya. Malam hari, saya minta dibelikan bubur putihan alias sum-sum lalu disiram gula jawa.Hari kedua, saya keinget-inget pas makan kebab sama si Anton. Akhirnya, semalamam saya ngiler sambil mbayangin kebab-nya si baba.

Dan yang terakhir…ini yang sulit. Saya pengen Lontong Cap Gomeh bikinan almarhum Ibu saya. Ibu, sama eyang putri saya ini pinter bikin lontong cap gomeh, boleh diadu sama lontong cap gomeh milik tacik di jalan Rupat – Malang, lewaaaaatttt dah.

Ini merupakan makanan favorit. Memang rada ribet menyiapkan, maklum ragamnya banyak. Ada Opor Ayam, Sayur Lodeh Manisa/Rebung, Telor Petis, Sambal Goreng Ati, Urap-Urap, Koyah Kedelai plus Kerupuk Udang.

Kalau kebanyakan baru menemui menu ini pas lebaran. Tapi, kalau ibu saya bisa menyiapkan kapan saja.Arisan, ultah, atau buat sarapan minggu pagi. Pokoknya menu ini selalu dinanti.Saya tergolong paling rajin nolong ibu saya kalau sudah masak ini. “Wajar, kamu khan makannya paling banyak ndoll..!” kata ibu saya waktu itu.

Tugas saya motongin kentang, ngoreng (sambil nyemil kentang yang sudah matang), sama udek-udek. Apa saja saya udek. Bahkan pernah saking kuatnya, itu opor ayam sudah kayak isi lemper karena hancur…hehehe.

Saya juga sering ketiban sampur disuruh ngulek bumbu. Saya biasanya deprok di pawon, nggak pake dingklik. Maklum, sudah sering kejadian saya duduk di dingklik, lalu dingkliknya mletot trus mentallllll....
Sejak itu kalau nggak deprok, saya duduk di batu kali yang sering digunakan buat ganjel pintu pawon. hiks mesakno'ne

Untuk bumbu semua dikerjakan ibu saya. Diulek sendiri. Kalau pakai lombok besar, bijinya dikeluarkan. Dirajang kecil-kecil baru kemudian diulek. Marut kelapa juga dilakukan sendiri. Soal marut-memarut ini, saya pernah bilang “Mending, aku disuruh manjat kelapa aja timbang marut !” terus-terang, paku tajam di papan parut itu bikin saya trauma. Nah, mumpung di rumah nggak ada pohon kelapa saya bikin alasan kayak tadi, jadi ya bebas dari tugas marut sekaligus manjat kelapa…hehehe.

Proses memasaknya lamaaaa… tapi menyenangkan, karena ibu saya kalau masak cemplang-cemplung, nggak ada takaran, tapi rasanya mantap. Opornya kental rasanya gurih. Sambal goreng ati pas, nggak basah juga nggak terlalu kering. (Potongan ati ayamnya guedee-guedee), Ibu, suka memberi potongan pete gede-gede….wuah padahal saya nggak suka pete.

Saya paling sukaaaa…. Nyiram cap gomeh sama bumbu koyah kedele buanyaaak. Bumbunya sampai jadi kental... rasanya gurih. 

Soal potongan ayam, saya ketularan selera ibu saya. Dari semua bagian tubuh ayam, saya paling suka rebutan ceker sama kepala ayam. “Kamu makan ceker, kalau besar pinter eker-eker nyari duit, kata Ibu saya dulu.

Hehehe… lucu juga, soalnya kalau dipikir-pikir profesi saya sekarang ini, apa ada hubungannya dengan kebiasaan saya makan ceker ya ?


25 comments:

  1. mbayangkan mbak mendol manjat kepala
    :D
    wihhh kok lama gak posting, lagi diet ya?
    :D lagi

    ReplyDelete
  2. ah... premis mama mertua tidak cocok. aku doyan ceker yo gak sugih sugih

    ReplyDelete
  3. heee...?? mendol ndeprok dibuat ganjel pintu pawon???

    *mbaca skip skip*

    ReplyDelete
  4. jadi pengen !!! :D

    ReplyDelete
  5. bagi saya Lontong Cap Gomeh ' Sate House Senayan ' masih yang enak..ggak tahu kalau saya ngicipin punyamu..

    ReplyDelete
  6. mbak manda..mau mau mau.....lontong cap gomeh kirim ke jakarta ya..

    ReplyDelete
  7. kumau lontong cap gomeh mbak! nang manukan, lontong cap gomeh ndak enak blas!

    ReplyDelete
  8. mgkn ada benarnya mbak, pinter eker2 nyari duit di bidang kuliner kali yaa.. :)

    ReplyDelete
  9. Klo bikin lontong cap gomeh sendiri bisa ga mba?? klu bisa.. mau dunkz aQ incip2.. :D

    ReplyDelete
  10. wah.....mari loro tah ndol?
    trus susut brapa kilo seminggu cenut2 getu??

    lontong cap go meh.....wuihhhh jadi kebayang bubuk delene....

    tenan yo ndolll...kita makan2 klo ketemu nanti.....wis kebayang nganti ngiler2

    ReplyDelete
  11. Katanya kalau senang makan ceker, berarti pintar cari uang lho, Mbak.

    ReplyDelete
  12. pergi kondangan bajunya rapih
    ke pestanya org Aceh
    jadi kapan nih...
    ditraktir lontong cap gomeh? =D

    ReplyDelete
  13. rebyek yo Mbak masake.....aku nderek maem ae.....saiki wis waaaaaaaras thooooooooo

    ReplyDelete
  14. mantap mantap ..
    dulu kirain nama yg bener lontong cap gomek :))

    salam kenal

    regards

    Inu Arya A
    www.butik-ceria.com
    Grosir sprei - kaos - handuk - online

    ReplyDelete
  15. ah booong....
    saya nggak pernah diajak kok.
    ooo, itu bukan anton saya ya?

    *dilempar bubur*

    ReplyDelete
  16. Jadi kepengen.. traktiran dong..

    ReplyDelete
  17. HHmm lontong cap gomeh pernah makan dulu waktu di Jogja. Jadi pingin lagee..

    Kok podo aku kalo masak yo cemplang cemplung. Makanya kalo pas update resep aku suka inget2 dulu tadi brapa takaran bahan dan bumbune he he! Kecuali clingak clinguk buku resep ...

    ReplyDelete
  18. mdgila11:58 AM

    mbakkkkkkkkkkkk

    "batu kali - buat ganjel pintu pawon" yang kamu pake duduk masih utuh gak??

    apes ya nasib nya ???

    ReplyDelete
  19. wenak tenen ki minggu wingi aku yo mangan lontong cap gomeh karo yayangku hehehe asik tenan

    ReplyDelete
  20. Lontong cap gomeh memang kesukaanku jeng. Ohh, perutku jadi kukuruyuk nih!

    ReplyDelete
  21. Kalo ke undangan ini pondokkan selalu jadi inceran gua pertama kali, napsuin banget hohoho ^o^

    ReplyDelete
  22. Wah, ngiler lihat makanannya.

    ReplyDelete
  23. mbak, fotonya tak pinjam sebentar ya.. buat konsumsi pribadi.. ga kusebarluaskan kok.. maturnuwun

    ReplyDelete
  24. Wah sukaa juga sama lontong cap gomeh :D

    ReplyDelete

Liburan ke Bali? Yuk, Kunjungi 7 Tempat Wisata Kuliner Terindah Ini

Bicara kuliner, masakan khas Bali menjadi salah satu yang paling digemari. Apalagi jika tempatnya diselimuti keindahan alam, tentu meng...