Skip to main content

Sate Buntel ; Empuknya Daging Kambing, Tanpa Ngotot.

Cacahan daging kambing yang super gede, dijamin bikin perut kenyang meski cuma setusuk.

Foto: An.Kusnanto

Di Festival Jajajan Bango yang berlangsung di Stadion Brawijaya Surabaya, 10 Mei lalu. Saya menemukan menu nyentrik ini. Namanya sate buntel. Ya, bentuknya seperti buntelan karung, tapi yang ini adalah cacahan daging kambing yang dibuntel dengan lembaran lemak daging kambing.

Stand Sate Buntel Karmen ini ramai sekali dipadati pengunjung. Saya pun harus ndhusel sana-sini agar bisa ikutan menikmati. Ah, beruntung banget saya bisa deket sama yang bakar. Yah, lumayan adem kena kipasan Mas yang bakar sate. :)


Satenya gedeeeee…..banget. Kata Mas-nya, satu tusuk sate ini kalau ditimbang beratnya satu ons lebih.

Daging kambing yang dicacah ini kemudian dipadukan dengan rempah-rempah, lalu dibalut dengan lemak daging kambing yang tipis. Dibakar di atas arang, sambil beberapa kali dicelup dalam bumbu kecap.

Di tengah-tengah acara manggang ini, si Mas ini mengiris-ngiris cacahan daging ini. Tentu maksudnya biar daging, dan bumbu celupnya makin merasuk. Tapi, sekilas saya melihat teknik khusus untuk mengirisnya. *gaya a la detektif Conan.

Sebab daging cacahan ini tidak hancur, padahal selaput lemak yang m
enutupinya sudah terbakar. Ternyata benar dugaan saya. “Ah, mbak ini kok, yo ngerti aee…!” kata si Mas-nya tersipu malu, dipuji sama wong lemu kayak saya ini.

Kata si Mas, yang mengenakan kaos Kecap Bango ini, cara mengirisnya tidak sembarangnya. Timingnya harus pas, keadaan dagingnya harus dalam kondisi setengah matang. Inilah kunci dagingnya tidak berantakan.

Wah, pesanan saya sudah matang. Baunya sedep banget. Ag
ar lebih maksimal menikmati, saya sengaja nggak nambah nasi. Sate ini saya sikat bersama bumbu kecap dan sedikit sambal. Hmm… enak bangett.

Soal sejarah sate nyentrik ini, Bu Husnul si empunya
sate karmen, berbagi cerita kepada saya. Katanya, aslinya makanan ini berasal dari Jawa Tengah, tepatnya kota Solo. “Pusatnya di jalan Baja,” katanya. Sedangkan di Surabaya, tepatnya di jalan KARang MENjangan sudah ada sejak tahun 1987.

Spesial untuk FJB ini Bu Husnul menyiapkan 500 tusuk sate. Dan harganya sama dengan kalau kita menyantap di restonya yaitu Rp 10 ribu. “Memang yang nge-TOP itu sate buntelnya, tapi tongseng sama gulenya juga enak, lho. Mau nyoba ?” tawar Bu Husnul. Hah !! Aku disuruh nyobain ! Please deh, *Ngacirrrr dulu sebelum menuruti hawa nafsu…


Comments

  1. sate buntel, sate perjuangan!
    aku sama jiewa sampek menitikkan air mata, hik :(

    (bukan karena terharu, tapi gara2 asep bakarannya hahaha)

    ReplyDelete
  2. yekz.. kambing... hiy... hehehe.. tapi kayaknya bagi yang doyan ya enak2 saja ya... jadi ngiri deh... hohoho...

    ReplyDelete
  3. wuih Sate Buntel, enaak tenan dan ini makanan favoritku.
    kapan2 kalau aku ke Surabaya makan bareng ya dik :)

    ReplyDelete
  4. bentuk satenya saru, gede-gede ngalahi ukurane jagung. huhuhu

    ReplyDelete
  5. OMG... buntel... bikin saya ngiler tiada tara...daging kambing pula ...
    saya pesen 5 tusuk degh...kekeke maruk

    ReplyDelete
  6. Duh, lagi2 kambing...

    Kapan menu ikannya mbak :(

    ReplyDelete
  7. sak porsi isine pirang tusuk Jeng?

    ReplyDelete
  8. huaaa..... pengen....

    buat endang: satu porsi kayaknya 10 tusuk :D

    ReplyDelete
  9. Kemarin mau nyoba beli ini tapi nggak jadi. Penasaran juga sih, gimana rasanya sate buntel.

    ReplyDelete
  10. Doyan kambing bangetttth! Gak sabar nunggu aqiqahan adeknya Kayla, niy. Biar bisa potong kambing lagi. :)

    ReplyDelete
  11. Ketok ane UENAk.. Besok makan disitu ah.... Karang Menjangan ya?

    ReplyDelete
  12. @mbak endang : Nggak ada porsi-porsian, satu tusuk kayaknya sama kalau kita makan sate kambing 15 tusuk.

    ReplyDelete
  13. Buset deh, gede bangetttttt... ^o^

    ReplyDelete
  14. mba lemak kambingnya enak ga tuh yg buat bungkus cacahan dagingnya....saya ga gitu suka soalnya sama lemak kambing

    ReplyDelete
  15. ghatel3:07 AM

    saya lagi makan pake tahu tempe + sambel tapi terasa nikmat sekali karena saya makan sambil liatin skrinsut satenya... :D

    ReplyDelete
  16. Waaa.. manteb bgt kliatannya tu sate.
    * Nangis sambil nahan iler..

    ReplyDelete
  17. halah, bukannya setiap makan tak perlu mengeluarkan tenaga berlebihan? hehehehehe

    ReplyDelete
  18. kalo aku malah pengen nyobain manda buntel.....enak gak ya? hahahahhahaaaaaaaa....................

    ReplyDelete
  19. @mediacare: Nggak enak. Alot. Soale kakean pencilakan. Heheheehe

    ReplyDelete
  20. wah, ada mediacare alias radityo djajoeri ponakannya oom goenawan mohamad di sini.

    hoi, mana traktirannya oom ... hahahah :)

    ReplyDelete
  21. Wisata Kuliner 'No4:00 AM

    Wah.... bikin ngiler... kapan ya bisa nyicip???

    ReplyDelete
  22. sagung4:51 AM

    Wah ... saya gak kebagian
    pas sampe sana udah kehabisan...
    padahal masih siyang

    :shock:

    ReplyDelete
  23. Sate buntel - katanya - dari solo. kalo di solo ya mbahe sate buntel ada di tambak segaran dan di jl. DR. Radjiman.

    ReplyDelete
  24. Your website is beautifully decorated and easily navigated. I have enjoyed visiting this site today and hope to visit many more times in the future.

    Thank's

    Forex Trading System For Currency Trading And Forex Scalping, Forex Smart Pips is an indicator that will analyze various indications market and able to analyze the movement of the price automatically technical side throughout the day and This System can applied for all currency pairs.

    Compare prices of Treadmill Running Machine and Treadmill Machine, read and write product reviews and read buyers guides and cheap best prices

    Incredible New Edition Software Lets You Run A Money-Making Membership Site Manager On 100% Autopilot!

    Latest Technology News, Cell Phone Reviews, Laptop Reviews and Tech Gadget Review, Future Technology

    The GameHardware.co.cc is Gaming Hardware contains information on Computer Games Hardware, PC gaming hardware, and PC gaming accessories. Included are lists and reviews on PC gaming keyboards, controllers, game pads, graphics cards, monitors and more.

    Electronics Supply is the largest STOCKING distributor for Marine Electronic Accessories, Component and part such as Depth Finders, Fishfinders, Marine GPS Units, Chartplotters, Radar Systems

    Buy The Best Netbooks With Small Prices The Netbooks

    Sistem Baru Menghasilkan Uang Dari Internet Untuk Pemula dan Bagaimana Menghasilkan Income Melimpah Melalui Bisnis Internet

    Discover How YOU Too Can Have Your Own Collection Of In-Demand, Profit-Pulling Info Products In Just Minutes From Now by Ebook PLR

    5 Brand New UNRESTRICTED Private Label Rights Graphics Packages, With a Complete Resellers Kit Laid Out Just as You See it Here! PLR Graphics Packages

    Rahasia Bisnis Hosting Hanya dengan Modal GRATIS di bulan pertama. Trust Me It Work

    ReplyDelete
  25. Kalo udah ngomongin Sate Buntel , langsung dah ane ngiler.. Inget pernah makan sate buntel di bandung. di Jl. Dr. Setiabudhi 136 Bandung.Duh luar biasa enak

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rejekine Wong Lemu

Memory Gubeng Pojok

Kisah Cinta Sharukhan dan Spring Bed


Tempat makan lawas, dengan harga ramah di kantong ini salah satunya, Gubeng Pojok. Saya punya memori indah dengan depot satu ini. Ya masa-masa jaman pacaran sama my sharukhan, masa-masa habis nonton bioskop di Mitra, dah gitu kelaparan nyari makan. Ke sini tempatnya. Alasannya, murah bangets, masuklah buat my sharukhan yang pacarnya sekali makan bisa 2-3 piring…hihihi

Seporsinya dulu cuman Rp 8 ribu-an, ngga beratlah kalau saya nambah 2 kali, masih masuk akal. Hihihi..
Tidak ada yang berubah di gubeng pojok, kursi meja suasananya tetep. Yang berubah harganya. Sekarang sudah Rp 11.000,- tapi masih murah seh nurut saya. 


Dari dulu sampai sekarang my sharukhan seleranya tetep. Krengsengan, sama jeruk anget. Wis!. Kalau saya juga tetep, kare ayam, nasi goreng, rawon. Maksutnya habis makan rawon, nambah nasi goreng, kadang kare ayam. Ya maksutnya pancetnya nambah 2 sampai 3 piring getoooo.


Pilihan kita duduk di pojokan, sambil mengenang masa pacaran…cieee c…

Makan Enak, Nyantai di Hotel Berbintang dengan Pemandangan Indah Luar Biasa

Yuks, bro and sis.. tandai kalender kalian, buat bisa berlibur ke sini. Pesan online bayar mudah Pake Traveloka aja, pesan tiket pesawat, booking hotel, perjalanan, traveling. ... Ngga pake mumet, cukup satu ketukan, pembayaran beres….duh, senangnya.

 Bali yang indah seakan tak ada satukata yang bisa melukiskan keindahannya. Bali yang memesona membuat wisatawan selalu datang kembali untuk menikmati pesonanya. Bali yang menawan membuat siapapun akan datang dan membuktikan sendiri cantik dan mengagumkannya sebuah pulau kecil di timur Indonesia ini.
Salah satu keindahan alam yang menjadi magnet wisatawan adalah Pantai Nusa Dua yang berada di ujung selatan Pulau Dewata ini. Pantai ini dikenal dengan pantai terbersih dan cukup nyaman karena tidak secrowded Pantai Kuta. Juga tidak seeksklusif Pantai Seminyak yang memiliki berbagai macam resor dengan harga fantastis.
Di Pantai Nusa Dua ini kamu bisa memilih Grand Nikkosebagai penginapan di Bali. Lokasinya berada di Jl. Nusa Dua Selatan, Benoa, …