Wednesday, April 30, 2008

Bebek Peking Tidak Dicekik


Warna kulitnya coklat mengkilat menggoda selera makan.


Dari banyak masakan tradisional Cina, bebek peking, atau peking duck termasuk dalam daftar hidangan utama di resto atau gerai hidangan Cina. Menu bebek peking termasuk mahal sebab harus menggunakan bebek yang diimpor langsung dari Beijing.

Dagingnya yang lembu
t, serta ukurannya dua kali lebih besar dari bebek lokal merupakan alasan, mengapa para Chef hotel berbintang tetap menggunakan bebek asal Beijing ini.
Sarkies Seafood Chinese Restaurant hotel Majapahit Surabaya, menyajikan hidangan Cina prasmanan dengan makanan spesial peking duck.
Cara masaknya sangat ruwet, dan proses pengolahannya pun berbeda hingga bebek peking mempunyai rasa yang khas, dan menghasilkan daging bebek panggang yang mengkilat, kering dan renyah di luar, tapi lembut di dalam.

Seorang chef, berbaik hati membuka rahasia cara pengolahan pada saya. “Memilih bebek harus teliti, ini merupakan kunci untuk menghasilkan masakan yang prima. Misalnya kulit bebek tidak boleh sobek, licin dan usianya sekitar 4 bulan. Berat idealnya sekitar 2 kilo,” tambahnya.

Bebek dipersiapkan sehari sebelumnya. Kemudian diisi ramuan rempah-rempah caranya, dengan melubangi duburnya. Lalu dipanggang di oven.

Dalam proses pematangan dalam oven, daging bebek yang semula keras sedikit demi sedikit menjadi lunak, dan air bumbu tersebut masuk ke dalam bebek membuat daging bebek itu menjadi gurih.

Kulit bebek merupakan bagian favorit bagi penggemar bebek peking. Karena kulitnya kering dan renyah. Apalagi sebelum dimasak sudah terlebih
dahulu diolesi bumbu.

Cara menyantapnya, pelayan terlebih dahulu memisahkan daging bebek dari kulitnya. Pisau yang digunakan harus tajam, agar dapat mengiris kulit setipis mungkin tanpa menyertakan lemaknya.


Potongan kulit berbentuk segi empat kemudian diletakkan di atas momok semacam kulit lumpia khas Cina. Diberi saus plum, beraroma manis lalu dibungkus bersama ketimun, batang bawang dan irisan cabe merah.
Modelnya persis seperti lumpia.

Kulit bebek yang garing bagai keripik, berpadu timun segar, dan irisan cabe dibungkus momok merupakan perpaduan unik dan gurih. Lumpia isi kulit bebek ini biasanya digunakan sebagai appetizer.


Masyarakat awam masih menganggap, cara mengeksekusi bebek peking dengan cara dicekik. Benarkah ? Ketika saya berkunjung langsung ke dapur,beberapa resto di Surabaya, yang menyajikan menu bebek peking, saya melihat sendiri, jika bebek yang diimpor sudah ada sayatan di leher.
“Jadi tidak benar khan kalau bebek peking itu dicekik,” kata seorang chef sambil menunjukkan sayatan di leher bebek.

Sarkies Seafood Chinese Restaurant
Hotel Majapahit, di Jalan Tunjungan 65 Surabaya.
Telephone (031) 5454 333 ext 6351.

NB: Terima kasih atas perhatian teman-teman di saat, Bapak saya berpulang. Beliau pasti sudah tenang bertemu dengan ibu saya di “sana”.

32 comments:

  1. wooo... bebek mahal iki. tapi aku nggak nolak deh kalo ditraktir ;)
    *towel towel mendol*
    btw cak yudi bisa masak gaya peking gini nggak ya?

    ReplyDelete
  2. *ganti towel Fahmi.
    Harganya Rp 261 ribu :p

    ReplyDelete
  3. wuih mahalnya 261RB? :d
    gigit jari aja :D

    ReplyDelete
  4. innalillahi...., turut berduka cita atas sepeninggal ayah manda. semoga manda tetap tabah dan bisa terus berjuang.
    innalillahi...., sekali lagi untuk si bebek yang telah di potong lehernya. Semoga waktu dipotong juga dibacakan doa biar halal pas dimakan.
    Fotonya mantap!!! anglenya juga bagus.
    Salam

    ReplyDelete
  5. 261 k ? Hanjrittt !

    *mental keatas plafon*

    ReplyDelete
  6. sek, sek... 261 ribu itu untuk 1 whole bird kan? segitu itu cukup buat dimakan berapa orang?

    ReplyDelete
  7. asal gak bebek bindeng saja!
    :D
    itu lho bebek yang diucapkan dengan nada bindeng.

    --nderek ngaturake sedaya pandonga, mugi gusti kang murbeng dumadi maringi karahayon dumateng panjenengan sakaluarga--

    ReplyDelete
  8. Ghatel7:16 AM

    iki mangane kudu patungan sama teman saya, kalo sendiri ndak sanggup, 261.000 ....

    ReplyDelete
  9. @Fahmi: Lebih murah di Duck King Mi. 1 ekor 150 ribuan . kalo setangahnya 75 ribuan. Itu diluar AYCE.


    *Ngelus-ngelus Dompet*

    ReplyDelete
  10. bebek peking biar mahal..emang patut dicoba laaahhh.... rasa bebek yg paling gak nahan dilidah ... dwuuuuhhhh

    ReplyDelete
  11. duburnya dilubangi? jadi sebelumnya duburnya gak berlubang?

    *out of focus.

    ReplyDelete
  12. fuad syamee11:08 PM

    aq mauuuu, kalo bisa pesen lewat e-mail, bayarnya lewat e-mail juga yaaaah.

    ReplyDelete
  13. Turut Berbelasungkawa ya Ndol ... Mdh2an Bapak diterima disisiNYA.Amin ...

    Untuk Mendol Semoga sukses selalu..

    ReplyDelete
  14. sejujurnya kalo pas mbaca arikel sampean, saya hanya bisa nelen ludah...

    saran saya: biar saya gak nelen ludah aja, ajakin saya nyicipin dong pas liputan.. wekekekekekeke

    ReplyDelete
  15. Aaarrghh.. Mba' iki rek, bikin ngiler aja postingannya :((
    Tu harga bebek bisa buat beli beras brp karung ya ?? *twink twink...

    Btw, salam knal y Mba'... Mwuach..

    ReplyDelete
  16. baca postingannya aja udah ngiler. tp ada juga lo untuk restoran cina yang bebek ya dr indo aja

    ReplyDelete
  17. Fahmi lage
    Tergantung Mi, kalo yang makan aku, ya bisa menghabiskan jatah untuk 5 orang. :P

    Antown
    Terima kasih.

    Arul, Jiewa, Mbak icha, Angki
    ENak dan Mahal. *sst...untung saya nggak perlu bayar

    Ikram
    Ih,Mas Ikram.Lubang duburnya kecil kale, jadi perlu dilubangi biar rempah-rempahnya masuk semua.

    Fuad
    Pesen via email ? yo gambare thok

    Mbak Judith
    Terima kasih doanya, Mbak.

    Mas Gempur
    Serius... mo ikut !! Wah saya tersanjung neh, mas.

    Upply
    Berapa karung beras? *Kita tanya juragan beras nyook

    Cak Noki
    Hehehe...iya tapi namanya bukan peking duck, Mas.

    ReplyDelete
  18. Waduh ketinggalan.

    Mas Slamet
    Bebek bindeng..hihihi. Suaranya nggak kwek-kwek donk.

    maturnuwun untuk ucapan belasungkawanya , Mas.

    Ghatel
    Saya juga nggak mampu kok Mas. Saya diundang kok :)

    ReplyDelete
  19. aduh... gak tega makannya...

    ReplyDelete
  20. hahah, si angki iku wes kepincut duck king rupane :p seperti siwi kepincut cinta bebek kayu tangan pada cokotan pertama :D pokok'e ceker duck king jok dibandingno ambek ceker'e cak mis ki, ndak lepel! :D

    ReplyDelete
  21. *lirik harga*
    .....
    *koprol*

    mending makan bebek jawa :P

    ReplyDelete
  22. PINGIn....... Tapi gak duwe duit... Hihihihihi

    ReplyDelete
  23. mbak aku kok gak mbok jak pas iki....
    mbabi yo....

    ReplyDelete
  24. belum mandi
    Weleh-weleh wenak gene kok

    Fahmi lage, lage.
    Ceker'e Cak Mis...isok gaya oke jee..oke jeee..oke jeee.

    Tukang makan
    Koprol ?? emang bisa !

    anas
    yo duite dicetak sek , Mas.

    anton
    Maless..ton, bosen ngajak awakmu. Hehehe

    ReplyDelete
  25. OOT : Jeng.....maaf, kalo gak salah baru abis kesripahan.....benar ya?
    Kalo benar maaf yaaaaa, aku ikut berduka. tp kalo salah, maaf juga........udah khilaf bacanya....

    ReplyDelete
  26. harganya jatah belanja seminggu :D

    ReplyDelete
  27. ndol.....ikut berduka.....(biar telat)

    bener yah ndol..temani aku "berburu" makanan surabaya yaaaa....(klo aku ke surabaya)
    ntarrrr...tak masakin

    ReplyDelete
  28. Belum pernah nyoba sih, cuman kalau harga segitu ya mending pake bebek biasa aja.

    ReplyDelete
  29. Anonymous7:48 AM

    aku pernah makan bebek peking ini di Bandung ada warung Starduck.. ga berapa mahal tuh.. kan makannya ga seekor cuma satu porsi.. cuma di makan sama nasi hainan ga pake kulit kaya lumpia. Yummy.. Tempatnya di jl ciumbuleuit. Kl ga salah bisa pesen jg perekor en ga semahal itu soalnya ada ukuran kecilnya..

    ReplyDelete
  30. boleh nih,nambah2 pengetahuan ttg peking duck...eh diatas ada yg comment peking duck di tempat kita waroeng starduck bandung..sekedar info juga..skrg kami buka cabang di inti laut depan kampus maranatha..dean metro sukarno hatta..klick waroengstarduck.com .makasih

    ReplyDelete