Skip to main content

Soto Madura “Saesto…Nyamanna”

Yang punya masalah kolesterol,
mending minggir dulu menyantap si k
uah kuning ini.

Foto : nirmanaku



Satu porsi soto Madura normal, terdiri dari irisan daging, hati, babat, usus dan irisan separuh telur ayam rebus diberi taburan bawang goreng dan seledri.

Kalau spesial, ad
a tambahan otak sapi, dan satu butir telur ayam. Aromanya terasa gurih sekali, harum rempah-rempah dijamin membangkitkan selera.

“Bo… aboooo..Saesto…Nyamanna” kalau orang Madura bilang. Setelah puter –puter ke penjual soto Madura di Surabaya. Saya menemukan fakta yang menarik ;

1. Di pulau Madura tidak akan ditemui soto Madura seperti di Surabaya. Mengapa ?, “Wah, kalau jualan soto seperti ini di Madura ya nggak ada yang beli. Kemahalan !” kata Samsuri pemilik soto Bengawan.

2. Soto Madura menggunakan nama jalan sebagai penandanya. Di jalan Sulung, ada satu warung soto Madura yang sudah terkenal sejak lama. Konon sudah berjualan sejak jaman sebelum kemerdekaan. Demikian halnya, dengan soto Tapak Siring, lokasinya di jalan Tapak Siring. Di sini ada dua warung soto yang menggunakan nama Tapak Siring. Soto Madura lainnya, yaitu soto Bengawan. Persis di pojokan jalan Bengawan, soto ini akhirnya membuka tiga cabang di beberapa lokasi, tapi tetap menggunakan nama Bengawan.

3. Soto Madura Gubeng Pojok bukan di jalan Gubeng.
Dari nama, seolah-olah letaknya di pojok jalan Gubeng. Namun jika ditelusuri dijamin Anda tidak akan menemukan penjual soto, di pojok jalan Gubeng. Soto milik Haji Ali, sudah lama pindah ke jalan Kusuma Bangsa.

4. Kenali soto Tapak Siring yang Asli. Ciri khasnya dari kemasan nasi yang dibuntel menggunakan daun pisang.

5. Pedagang soto Madura berasal dari satu desa yang sama. Hampir semuanya berasal dari Bangkalan, dan dari satu desa yang sama yaitu Desa Genteng.


Seru menemukan hal menarik itu, apalagi wawancarai ditemani soto Madura yang enak banget. Sayangnya, si penjual mengaku pembelinya kian merosot. “Langganan yang lemu kayak sampeyan ini, takut kena kolesterol !” katanya sambil njawil pinggang saya. Sebel banget dengernya. Kok tega, ngomongin kolesterol pas saya lagi makan soto. Jadi ilang nafsu mau tambah. Weks..!!!


Comments

  1. Lho mbak Mendol,
    mbiyen aku jik cilik hidup di Surabaya, Soto Gubeng itu adanya ya di Gubeng......di pojokan gitu deh...capet2 eling deh....segone dibungkus godhong, pertama kali ngertinya ya disitu itu, digeledhakno nang mejo ngono ae segone iku..

    ReplyDelete
  2. quelopi5:29 AM

    wah... ku suka soto padang aja deh... lebih mudah nyari nya di padang, kalau soto madura susah nyari nya di padang

    ReplyDelete
  3. wuaaahhhh...klo lagi makan jangan ingat kolesterol ato kalori...

    (itu mottoku)...

    pokoknya embat ...manbah.....

    sedeppppp

    ReplyDelete
  4. nyamanna itu juga menjadi bahasa di makassar loh...
    hahaha karena nya itu jadi na.. :D

    ReplyDelete
  5. weee aku masih inget pernah ngalami soto gubeng pojok waktu masih di pojok'an gubeng, pinggir kali situ. dulu kalo wiken ayahku suka ngajak andok ndek situ. nasinya sak kepel, dibungkus daun jati.

    tapi sejak pindah ke kusuma bangsa, aku dah nggak pernah andok soto gubeng pojok lagi.

    ReplyDelete
  6. waduh karna pantangan makan saya ndak boleh makan lemak.. jadi ya nyari soto yang ndak berlemak2 dan jeruan

    ReplyDelete
  7. saya punya tetangga dari bangkalan, kl bikin soto dalamnya dikasih kangkung, jadinya ada sensasi segar gitu. tp emang kuahnya ga sekuning soto pd umumnya :)

    ReplyDelete
  8. nyam nyam nyam... jadi lapar. saya juga senang makan, senang nulis. tapi gak jadi penulis kuliner heheh
    salam kenal

    ReplyDelete
  9. soto..ayo kapan2 aku ajak mbak buat makan mbak..hehehe

    ReplyDelete
  10. aku ra tau mangan soto nyang suroboyo, ngertine mall thok.

    Btw di madura ndak ada soto Madura ya, ampir sama ma Makassar, nyari sop konro susah benerrr... dan cuman ada di 1 tempat, dan ternyata dia buka cabang di Kelapa Gading, gubrak!!! kekekekekkkk :D

    ReplyDelete
  11. Makan Soto di Surabaya memang mantap dan terasa banget lezatnya, beda misalnya makan Soto Madura di kota lain. Kapan kalau aku ke Surabaya di-traktir Soto ya :)

    ReplyDelete
  12. Mbak Endang
    mbak iku jaman biyeeeeeeeeen

    lopi
    lah, aku demen rendang padang aja

    wieda
    setujuuuuuu

    Arul
    wakakaka...masa sich ?

    Fahmi
    wuah...pasti jamanne jek cilik yo

    Anang
    sampeyan iku lak keceng seh ! kok menghindari lemak. kalah ambek aku.

    Lady
    Soto dikasih kangkung ?

    KW
    aku pinternya cuman crita, masak nggak bisa

    Cempluk
    hueueue..kapan aeee Pluk. Siappp !!

    rey
    Loh, di mall justru banyak yang jual soto Madura.

    Gus koko
    Waduh, saya yang tersanjung kalau bisa mentraktir sampeyan.

    ReplyDelete
  13. salut abis ama orang madura... emang ulet mereka...

    ReplyDelete
  14. memang kenapa ya di madura malah gak ada soto atau sate yang enak seperti di luar madura.
    btw mbak cicipi sambel bikinan saya dong!

    ReplyDelete
  15. Mas gempur
    loh kok disamain sama ulet ??

    Mas Slamet
    Sambel tok yo males mas...tambah iwak wader doyannn

    ReplyDelete
  16. Bhee.... !!!! Medureh poleh yeuh yeuh..!!! chengina de'remmah Ndol??

    ReplyDelete
  17. Mungkin juga orang madura sudah bosan dengan soto maduranya.

    ReplyDelete
  18. de'remmah kabere?? engkok' dedhi kepingin ngakan polleh, cong!!
    salam kenal

    ReplyDelete
  19. Angki
    wakakaka..kamu ngomong opo toh?

    edi
    Hahahaha..bisa jadi mereka milih MC D

    antown
    aduh saiya bukan oreng Medure

    ReplyDelete
  20. kalo soto seenak itu sih, aku nggak takut kolesterol...

    ReplyDelete
  21. @ mendol : itu katanya dokter pas operasi yang gagal itu kok.. ya aku manut wae wekekekeke

    ReplyDelete
  22. mbak, bileh ngajak engko' ngakan seh man-nyaman??
    (mbak kapan ngajak saya makan yang enak-enak).
    Mon cretah teros, engko' dedhi ngiler (kalo cerita terus saya jadi ngiler)

    ReplyDelete
  23. wakkakakak
    ngakak bacanya :D
    sekali2 kalo diundang makan ajak kita2 dunkz... :P
    hehehe

    ReplyDelete
  24. aduh salah tempat ngoment deh

    ReplyDelete
  25. di sby blom nemu soto madura yang menurut aq ok neh, baru nemu satu di mojokerto porsinya gede. 1 porsi soto bisa buat 2 org lho saking banyaknya. enak deh pokoknya.

    ReplyDelete
  26. soto madura gubeng pojok itu asal bibit soto sak jawa pemilik n pendiri yang membawa dari tanah leluhur yaitu H.Ali (alm),memang banyak yang aku-akon itu,namun hak paten yang terdaftar di disperindag adalah soto madura milik H.ali (alm). tolong yang lain jangan ngaku-ngaku. alamat soto madura gubeng pojok yang aslilho ada di jalan kusuma bangsa n buka mulai pagi-pagi amat seputaran 05.30 (sbg info book)

    ReplyDelete
  27. SOTO MADURA GUBENG POJOK EMANG UEENAAK TENAANN
    APALAGI YANG ASLI LHOOO...KEPUNYAAN H.ALI (ALM).
    GAK PERCAYA BUKTIKAN SAJA DI KUSUMA BANGSA PAGI-PAGI AMAT (05.30) SAMBIL JALAN-JALAN AMA KELUARGA PASTI MAKK NYUUSSS....

    ReplyDelete
  28. wwwah manatap jadi kepengen kesana euy...

    http://tentang.dagdigdug.com/category/semua-katagori/

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rejekine Wong Lemu

Memory Gubeng Pojok

Kisah Cinta Sharukhan dan Spring Bed


Tempat makan lawas, dengan harga ramah di kantong ini salah satunya, Gubeng Pojok. Saya punya memori indah dengan depot satu ini. Ya masa-masa jaman pacaran sama my sharukhan, masa-masa habis nonton bioskop di Mitra, dah gitu kelaparan nyari makan. Ke sini tempatnya. Alasannya, murah bangets, masuklah buat my sharukhan yang pacarnya sekali makan bisa 2-3 piring…hihihi

Seporsinya dulu cuman Rp 8 ribu-an, ngga beratlah kalau saya nambah 2 kali, masih masuk akal. Hihihi..
Tidak ada yang berubah di gubeng pojok, kursi meja suasananya tetep. Yang berubah harganya. Sekarang sudah Rp 11.000,- tapi masih murah seh nurut saya. 


Dari dulu sampai sekarang my sharukhan seleranya tetep. Krengsengan, sama jeruk anget. Wis!. Kalau saya juga tetep, kare ayam, nasi goreng, rawon. Maksutnya habis makan rawon, nambah nasi goreng, kadang kare ayam. Ya maksutnya pancetnya nambah 2 sampai 3 piring getoooo.


Pilihan kita duduk di pojokan, sambil mengenang masa pacaran…cieee c…

Makan Enak, Nyantai di Hotel Berbintang dengan Pemandangan Indah Luar Biasa

Yuks, bro and sis.. tandai kalender kalian, buat bisa berlibur ke sini. Pesan online bayar mudah Pake Traveloka aja, pesan tiket pesawat, booking hotel, perjalanan, traveling. ... Ngga pake mumet, cukup satu ketukan, pembayaran beres….duh, senangnya.

 Bali yang indah seakan tak ada satukata yang bisa melukiskan keindahannya. Bali yang memesona membuat wisatawan selalu datang kembali untuk menikmati pesonanya. Bali yang menawan membuat siapapun akan datang dan membuktikan sendiri cantik dan mengagumkannya sebuah pulau kecil di timur Indonesia ini.
Salah satu keindahan alam yang menjadi magnet wisatawan adalah Pantai Nusa Dua yang berada di ujung selatan Pulau Dewata ini. Pantai ini dikenal dengan pantai terbersih dan cukup nyaman karena tidak secrowded Pantai Kuta. Juga tidak seeksklusif Pantai Seminyak yang memiliki berbagai macam resor dengan harga fantastis.
Di Pantai Nusa Dua ini kamu bisa memilih Grand Nikkosebagai penginapan di Bali. Lokasinya berada di Jl. Nusa Dua Selatan, Benoa, …