Monday, March 17, 2008

Serabi Sak Gedhang Kluthuk


Saya menikmati serabi dan terang bulan dari racikan tangan sak gedhang kluhtuk

Diundang cooking class di Hotel Shangri-La. Saya senang banget, apalagi Bu Sisca Soewitomo akan demo masak langsung. Kenapa sosok ibu ini membuat saya penasaran ? Soalnya, saudara saya paling senang ngeledekin jari tangan saya. “Duh, jarimu itu sak gedhang kluthuk, Ndooll !” Nah suatu hari, pas nonton acara masak memasak, pas difokuskan pada cara memotong sayuran.
Jari tangan Bu Sis di close up kamera. Dan saudara saya spontan bilang. “Wihh…jari tangannya sak gedhang kluthuk !” jeritnya.
Halah..halah… saya lalu menyamakan jari tangan saya sama Bu Sis di televisi.

“Jadi siapa neh, yang jarinya mirip gedhang kluhtuk ?” tanya saya. Saudara saya, malah menunjuk ke jari Bu Sis di televisi. Dan semenjak itulah setiap melihat Bu Sis di televisi, ingatan saya selalu ke gedhang kluthuk..eh maksutnya, jarinya yang sak gedhang kluthuk.


Pas dengar kalau beliau hadir, saya sudah niat, harus bisa melihat jari tangannya. Kalau bisa membandingkan dengan jari tangan saya. Bahkan kalau bisa, saya ukur juga jarinya, lalu membandingkan dengan gedhang klutuk beneran.

Sepanjang acara masak, saya bener-bener tidak konsentrasi. Bolak-balik maju
ke depan, melihat dari dekat bentuk jarinya.
Gara-gara sering ke depan, saya sempat dilempar gombal sama peserta cooking class “Oalaa mbak minggir po’o. Badanmu itu, nutupi sak panggung !” kata seorang ibu yang dandanannya seperti dakocan.

Gara-gara diprotes terus akhirnya saya disuruh pindah dibangku paling belakangAhhh nasibbb !!
Bu Sis, ternyata orang yang ramah. Ketika membuat terang bulan,
Bu Sis menawari saya. “Terang bulannya, mau pakai taburan keju, kenari, coklat atau madu ?” tawar Bu Sis
“Lho, jangan diam. Ayoo…ditaburi apa ?” tanyanya lagi
“Serabinya ditaburi duit kertas seratus ribuan aja deh. Bisa nggak, Bu Sis ?”
“Hahhhh ...!!” * Klengerr… ditimpuk pake teflon

NB : Akhirnya, saya sempat juga foto bersama dan mengclose- up jari tangannya. Dan hasilnya….Hihihihiii.

Foto : Dokumen Hyatt & pribadi

24 comments:

  1. Nggak bisa menentukan siapa yang jarinya sebesar gedang kluthuk. Nggak ada skrinsyutnya sih.

    ReplyDelete
  2. eh ndol, bu sisca iku ada blog pisan ga? nek nduwe blog, wah... asik!

    soale pernah aku tau bara patirajawane iku dulinan frenster pisan (mungkin ngeblog juga) dan fasih berkomunikasi secara digital ;)

    ReplyDelete
  3. salam buat bu Sisca...
    ( bilangin Iklan Sunconya ditarik dari peredaran he he )

    ReplyDelete
  4. hihi~ saya juga selalu merhatiin tangan beliau dulu pas msh ada acranya di TV :P

    ReplyDelete
  5. mungkin genetik kuliner ya ndol jarina sakgede gedang kluthuk

    ReplyDelete
  6. mau dong.. ntar kopdar bawain satu buatku ya mbak...!!!

    ReplyDelete
  7. orang kuliner memang wah segalanya..ga tangannya ga bodinya ga selera makannya ga dompetnya jugaa..maaf bukan bermaksud menyinggung.... hehehe

    ReplyDelete
  8. mbak, panggunge sepiro?
    kok sampek ketutpan bodymu.
    kebalik ya?
    :d

    ReplyDelete
  9. Lho ndol,jari sak gedhang kluthuk ki jarine wong pinter,rajin dan trampil kok ... Mantap Ndol.Salam.

    ReplyDelete
  10. hehehehehe...walahhhh laah temanku bilang..jari2 tanganku kaya terong jepang.....(ndollll gedhe ndi terong jepang karo gedang klutuk???)

    ngakakkkkkk

    ReplyDelete
  11. wahwahwah... bu sisca..
    masakannya pasti enak..
    mau dong serabinya XD~

    ReplyDelete
  12. Walah dasar Luna, eh serabi Gaul yang di kedoya juga enak

    ReplyDelete
  13. Edi
    Percayalah..jarinya tetep gede Bu Sis kok..hhhehehe

    Fahmi
    Nggak berani tanya, Mi. Ntar disawat gedhang kluthuk

    Mas Imam
    Kemarin masih crita tentang iklan itu mas, Masa ditarik ?

    didut
    Bener khan jarinya sak jempol-jempol

    Herru
    Nurut aku jarimu yo sak gedhang Kluthuk. Hhihihihi

    Mas Gempur
    Bawain satu tok nyel Mas? Ntar muridnya sampeyan cemburu loh..wakakaka

    Anang
    Alaaaa..mentang-mentang sudah ketemu, trus wani ngenyek aku.

    Slamet
    hehehe..gegerku sak lapangan Rampal Mas. Puassss !!!

    Mbak Judith
    Jari Mbak Judith segitu donk. Soalnya terampil masak tuh.


    mbak wieda
    wakakaka...terong jepang..lak boncel gitu yacccchh.

    tu2tut
    hehehe... enak banget

    harapan diri
    asikk ditraktir ustad lageee

    ReplyDelete
  14. mbak.....sumpah aku ngiri karo sampeyan.....dadi luwe reeeek...!!!

    ReplyDelete
  15. meski segede gedang klutuk, tp lak rasane gedang rojo :D

    ReplyDelete
  16. sak gedhang kluhtuk itu apaan ya????

    ReplyDelete
  17. hahahahaha... walah walah ono tho driji sak gedhang pisang!!

    tapi manda.... serabi solo kok pake saon kinca ya... prasaan seh kalo serabi solo thu kering deh!!

    ReplyDelete
  18. ndol, ayo bantai anang rame2!!!

    ancen aneh koen iki, wong ndelok acara cooking class kok malah merhatiin jari2...

    ReplyDelete
  19. Anonymous4:11 AM

    Mbak Mendol sing ayu. Aku isok ngeces ndelok sampeyan eh...maksutku ndelok foto serabine

    rino

    ReplyDelete
  20. mbak endang
    Ngiri ? ngiri sama jari tangan saya yach

    Lady
    aku sih doyan gedhang Ambon ;)

    Azhar
    hehehe..dodol dasar betawi asli!
    Gedhang Kluthuk = pisang kepok !

    Mbak Prima
    Ini serabi "gaul" mbak

    Det
    Setuju....!! Anang dibantai trus dikasih bumbu rica-rica. Hoekkkkk

    rino
    hehehe..kamu orang ke 1500 yang bilang aku ayuuuu *jingkrak-jingkrak jumpalitan

    ReplyDelete
  21. Nyebut jari sebesar gedhang kluthuk, jadi ingat mengapa simpanse memiliki lubang hidung besar... ya karena jarinya sebesar gedhang kluthuk alias gedhe-gedhe.. pas banget untuk ngupil hallaah

    ReplyDelete
  22. Mb Manda, Kalau benar gedhang kluthuk itu artinya pisang kepok, aku perhatikan, jarinya bu Siska gak ke sana deh arahnya. Lebih mirip mirip ke sosis, gitu. Pasti kuat banget ngaduk-ngaduk adonan kue kali ya?

    ReplyDelete
  23. kapan mbak nraktir kita smuaa?? suwer bikin ngiler halaman ini :)

    ReplyDelete
  24. Jadi setelah ditanyakan apa bener tuh ada hubungannya jari gedhang kluthuk sama makanan enak ??
    Soalnya dengan jari saya yang hampir mirip sama punya bu Sisca, kok ya gitu loh makanan saya belum bisa enak sampe sekarang ;p

    ReplyDelete

Lactogrow Happy Wonderland ; Taman Bermain Impian

Happy bangets, pas ada undangan …. “Ajak anaknya ya….”  Wah, sudah kebayang wajah Si Mala, yang pasti sumringah. Undangan ini da...