Monday, February 11, 2008

Iga Bakar Mak Prulll


Badan sudah masuk kategori obesitas.
Tapi tawaran makan Iga bakar, di Mango Teracce tidak akan saya lepas.

Ohh..Iga..Iga. Beberapa bulan terakhir, Surabaya kok lagi booming Iga Bakar. Dalam seminggu ini, tiga kali saya diundang untuk mencicipi menu ini. Pertama, iga bakar di jalan Diponegoro depan toko roti bumper bread (sayang sekarang sudah pindah), Kedua, iga bakar di Nonyas, resto peranakan di daerah Jemursari. Dan yang terakhir di Mango Teracce, yang kebetulan lagi promo Iga Bakar Penyet. Bersama Mas ini, saya dihadapkan menu yang sangat memancing selera.

Sebelum saya makan, pesan mas ini hanya satu, “kamu makan, trus kamu komentari ya!” haduuuhhh…..diberi tugas seperti ini siapa bisa menolak. Hanya makan..terus beri komentar. “tambah juga boleh kok !” kata Mamuk. Haduuuhhh..sukaaaaaa !!! Awalnya, saya yakin pasti tambah. Eiitt..bukannya kemaruk. Tapi berdasar pengalaman sebelumnya, kalau porsi Iga bakar itu nggak begitu besar.

Pas pesanan datang, saya cukup kaget juga. Ternyata disajikan tradisional, bersama nasi, tempe kremes, telor ceplok , semangkuk sayur asam. Dan Iga bakar yang lumayan besar. Sementara, nasi putih saya cuekin dulu. Iga bakar yang harum dan masih hangat itu tentu lebih menggoda. Nggak perlu table meneer, tangan ini pun ikut ambil bagian. Hmm.. rasanya gurih. Berdaging tebal dan empuk. Yem..yemmm. Nikmat bener.
Pas makan ini, saya jadi ingat mbah sangkil dan yayank-nya si kliwon, yang katanya paling suka steak dan kwetiau di Mango Terrace. :)

Kalau saya suka banget bagian iga, karena pas menyantap ada sensasi tersendiri. Jadi kalau kita makan steak, tinggal daging tok unyel. Lah, kalau bagian Iga, ada tulangnya. Nah, di sini lah seni menyantap. Di mana ada urusan grogot mengrogoti daging yang menempel di tulang iganya. Rongga di sela-sela tulang ini memberi ruang untuk bumbu meresap ke dalam daging. Bagian Iga, juga menghasilkan aroma sedap yang khas.


Yah, sajian Iga khas Mango Terrace ini, bumbunya meresap ke dalam. Dagingnya empuk sekali. Mak prulll begitu digigit. Bagi yang suka sambal, iga bakar ini juga nikmat dicocol dengan sambal tradisional.

Saya bener-bener kenyang, bahkan baru sekali dalam sejarah, perut saya sudah nggak muat untuk menyantap telor ceplok. Full sudah. Untuk seporsi komplit Iga Bakar, harganya tidak sampai Rp. 30 ribu. Hmm kalau nggak salah Rp 27.500.
Untuk beberapa saat, saya liyer-liyer karena sudah nggak kuat berdiri.
*Saatnya donor lemak, ada yang minat ?


Mango Terrace Resto Jl. Ngagel Jaya 14

36 comments:

  1. pertamax!

    aku kok lebih suka iga goreng ya Ndol. Lebih mrotol walau cuma dicocol cocol garpu. Lebih berminyak, soale digoreng. Lebih gak sehat sih pastinya.

    duh, aku kangen makan kamu ndol.. eh makan bareng kamu

    ReplyDelete
  2. herru aku kangen jhitak kamu. hahahaha.

    ReplyDelete
  3. sumbangan lemak???ohohoohoho...thank you so mucuch..secara punya u mau disedot2 ajah keluarnya susah banget...kekekkekkek...
    btw ... mangnya Iga bikin ndut yah???
    kamu harus nyobaik iga panggang madu buatan aku...pasti keranjingan deeeeh

    ReplyDelete
  4. jurnalis kuliner? hiks.. i want to be like you.. :D
    ini nyobain semua gratis kan? dan dibayar kan?
    *kalo iya.. makin sirik*

    ReplyDelete
  5. wuahhhhh ndoll..aku seneng banget makan iga...BBQ ato di oven sama wae enake..wong lemake uakehhhh tenan....he he he
    mo donor lemak? bisa tah? aku ikutan doner lemak klo ada yg maooooo........hiks podho2 ngut e ndol

    ReplyDelete
  6. makan iga, ditemenin sama Iga Mawarni....walaaaaaaaah...

    ReplyDelete
  7. iga itu mirip ama buntut ya mbak? sop buntut itu saya suka bgt :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wiihh iya kliatan mantab banget itu iganya xD

      Delete
  8. aku taunya iga mawarni yang penyanyi itu,
    yang suaranya merdu,
    mendayu-dayu,
    tatapan matanya sayu,
    membuat suasana semakin syahdu.
    Kapan itu...
    dia dateng ke rumahku,
    tiba2 berdiri didepan pintu,
    tersenyum dengan wajah ayu,
    lalu masuk rumah dengan copot sepatu,
    lha kok malah minta tanda tanganku
    aahh aku kan jadi malu... :)

    wakakakakakkk gue lagi kumat...!!! :D

    ReplyDelete
  9. *Timpukkk Rey..pakai Igaaaaaa

    ReplyDelete
  10. beuh....berganti makan makanan yang berlemak..hohoho..kira kira gendutan cempluk deh bunda.. :D

    ReplyDelete
  11. wooo... ada menu barbekyu ditabrak ceplok sama sayur asem. fusion yg menarik! kapan2 kalo ada tamu tak ajak andok ndek situ ah ;)

    btw aku berminat itu donor lemaknya, minta sak iris bagian dengkulnya ya hahahaa.

    ReplyDelete
  12. sumbangan lemak?? maksutnya lemak Icha dioper ke la mendol? mau..mau.... lumayan sekaligus mengurangi lemak tubuh wakakka...

    ReplyDelete
  13. opo bedane karo konro bakar?

    ReplyDelete
  14. aku juga masih mencari tulang iga ku yg hilang....

    belom ketemu yg cocok wahahahaha

    ReplyDelete
  15. lha??? aku moco adlib e bolak-balik kok ra di jak???

    ReplyDelete
  16. mbak.. demi dirimu daku akhirnya membuat rumah di negaramu hehehehehehe. Dari kemaren mau komeng gak bisa-bisa huhuhuhuhuh

    diet mbak diet... jgn terlalu berlemak, kasian kalo organ-organ di dalam dipaksa kerja berlebihan

    ReplyDelete
  17. devita :
    aku ini kebanyakan lemak, lah kok mau ditambahin lagi !!!

    Mas Laksono :
    Uhmm belon ada undangan makan konro bakar neh..hehehe*ngarepp

    Azhar :
    Tulang iga-mu yang di Monas itu loh, yang barengan sama aku dan sandy ..ehemm..ehemm

    Mbak de:
    hahahaha..mesaknooooo moco tok! aku mangan tok.

    mbah sangkil :
    Terima kasih, sampai segitu-nya *terharu...
    mbah, organ tubuh saya sangat....sangat fleksibel untuk menerima berbagai jenis makanan. Paling fatal paling melebar ke samping ..hehehehe

    ReplyDelete
  18. wakakkakakkakakkaakkakakka..... waduh.. brarti mesti oper ke lain nya nih... iga bakar memang uenaakkk... tenan.. wakkaakka

    krucuk...krucuk...

    waduh... perutku jadi lapar.... udah nyanyi nih... makan ahh....

    ReplyDelete
  19. Aku kurang suka sama Iga niey, secara selama ini makan Iga yang bikin asin semua *protes*

    ReplyDelete
  20. Anonymous5:30 AM

    Mendol. Aku sudah ke Mango Terrace. Postinganmu bikin nafsu. Bener enak, persis kayak di foto itu.

    Sayur asam-nya suger. Iganya lumayan kok. Mestinya makan sama kamu ya, pasti heboh. Habis kalau cerita bikin ngiler berat.

    rif

    ReplyDelete
  21. Termasuk murah juga yaa harga seporsi Iga bakarnya.

    Kalau aku makan Iga bakar terus dan dijamin bisa gemuk, aku mau deh mbak :D....

    ReplyDelete
  22. Anonymous10:45 AM

    untung saja dah baca postinganku...
    jadi gak koluuuu makan....
    hahahahahaha....

    ReplyDelete
  23. sori, internet lagi lelet, yang diatas tuh komenku lho!

    ReplyDelete
  24. kalo di solo baru adanya iga kambing untuk tengkleng... tapi penampakannya menggugah gairah...




    gairah makan maksudnya

    ReplyDelete
  25. hai mbak..menggiurkan..
    namanya sama..
    *saingan di google rank*

    ReplyDelete
  26. Anonymous12:32 AM

    ndol...ini nurul temen smp..tetangga juga...:)
    ndol ak barusan makan di rumah makan nonyas yg jemursari itu..dan manda ngerti apa yg terjadi..ak makan sop jaoto kan..dan ada bonus rambut..kmdn temenku makan nasgor ayam..bonus binatang kecil yg keluar dari tomat dan masi hidup...tidak ada permintaan maaf dan kompensasi hny discount 10 rb...

    nurul

    ReplyDelete
  27. Anonymous12:35 AM

    eh revisi..hanya discount 10% yg kalo kita nominalkan hny 7000 rupiah dari bon kita...

    nurul

    ReplyDelete
  28. Nurulll..halowwwwww. Halah kok ngeri gitu yah.

    ReplyDelete
  29. Kuliner yang sangap mantap dan boleh di coba tuh..

    ReplyDelete

Liburan ke Bali? Yuk, Kunjungi 7 Tempat Wisata Kuliner Terindah Ini

Bicara kuliner, masakan khas Bali menjadi salah satu yang paling digemari. Apalagi jika tempatnya diselimuti keindahan alam, tentu meng...