Skip to main content

Coba-Coba Sambal Cengeh

Foto : Galeri-Imaji

Meski nggak doyan pedas...
Tapi, saya selalu mencari sambal. Lho ?!

Makan nasi berlauk ikan, memang nikmat. Apalagi jika ditambah dengan sambal yang pedas, membuat Anda tidak berhenti makan karena keenakan. Bagi penggemar sambal, Probolinggo punya sambal khas yaitu Sambal Cengeh.
Sambal ini, merupakan paduan dari mangga muda dan sambal orek.
Untuk mangga, dipilih jenis arumanis, atau manalagi yang kemudian diiris sebesar korek api. Mangganya sengaja dipilih yang masih muda dan asam.

Mangga yang telah diiris lalu dicampurkan bersama sambal orek. “Sambal orek itu gampang sekali membuatnya. Hanya cabe merah, terasi dan garam, lalu dicampur dengan irisan mangga muda,” ungkap Sri, chef Bromo View Hotel yang tak pelit berbagi resep.

Wuihh… gampang kayaknya ya ? *lari nyari cobek sama uleg-uleg.


Bromo View Hotel & Restaurant

Jl. Raya Bromo Km. 05 Triwung Lor - Probolinggo
Phone (0335) 434000, 427222, Fax (0335) 436000

Email : bromoview@telkom.net www.bromoview.com

Comments

  1. Wuik.. edian, pasti rasanya seger2 pedes nih.. aduh, jadi pengen makan ikan bakar pake ini.. huhu

    ReplyDelete
  2. keduaxx!
    inti dari sambel pasti terasi + cabe. modifnya terserah anda... :)
    hmm.. mangga muda... ngiler... serasa ngidam :P

    ReplyDelete
  3. Icha baru nyadar kalo kemarin waktu Icha pentas nari di Jember, Icha mampir makan di Bromo. Icha makan empal.. tapi empal nya ga lunak.. jadi ga seberapa memuaskan. teman2 makan bakso kayaknya enak.. trus ada yang pesen kare.. gatau gimana rasanya.. rawonnya kayaknya menggoda, tapi icha ga suka rawon.
    minumannya es jeruk manis.. wuih... enak dan segar.. manisnya pas dan ga terlalu asam.

    wakakkak.....

    ReplyDelete
  4. pake mangga yaa??
    ngomong2 soal mangga
    aku suka...
    apalagi yang masih muda
    rasanya kecut2 gimanaa...
    dipetiknya dari rumah tetangga,
    itu lho... mas Kemal yang duda,
    anaknya dua,
    semuanya belom sarjana.
    Eehhh ternyata dulu satu SMA.
    waktu itu dia pernah juara tiga
    lomba ngupas mangga
    saat perayaan hari merdeka.
    Hadiahnya piala
    sama se-kresek mangga.

    wakakakakakkk :D
    Kalo bisa gue mo jadi komentator paling ngawur yg pernah ada :D

    ReplyDelete
  5. Rey..kumatttttt ya ? obat cacingnya pasti belum diminum. Hhehehee..

    ReplyDelete
  6. duh mbak, sambil mbaca dan liat fotonya, ini rahangku kok gemeletukan nahan asem pedes segar dan air liur jadi keluar semuaaa........

    ReplyDelete
  7. Sambel Cengeh kalo dibaca bagi orang Madura agak aneh Jeung. Kalo setahu saya sambel itu diucap 'Cengii'. Atau emang itu kali nulisnya yee. Maklum g' ada pelajaran bahasa Madura sih. :D

    ReplyDelete
  8. lho sampean ra seneng pedhes to mbak?

    ReplyDelete
  9. angki :
    Bo..abooo, saya ini orang Malang, jadi tak ngerteh bahasa medurooo. Kalau buat sampiyan, saya buatkan sambel cengar -cengir ..taiyeeeee.

    Slamet :
    Saya nggak doyan kalau cuma makan sambal. Kalau ditemenin bakso, pangsit, sego bebek, martabak,yooo suenengggg mas.

    ReplyDelete
  10. postingan yang bikin berliur-liur

    tapi kok sambelnya banjir Ndol? memang seharusnya begitu ya?

    ReplyDelete
  11. waduuuhh... aku dulu jg sering bgt bikin sambel mangga dirumah...nyaaam..jd laper...
    udah ernah nyoba sambel pake buah gandaria belom??? wuuih rasanya gak kalah deh sama sambel mangga

    ReplyDelete
  12. wow..suka pedes2 juga bunda ini..

    ReplyDelete
  13. lho angki kok ngerti?? iyo orang madura nyebutnya cengi ( i ne siji ae ki) ngga harus mangga muda, kacang panjangpun bisa jadi sambal cengi. caranya gampang juga. kacang nya di potong2 halus dtrus di penyet ama sambelnya.

    ReplyDelete
  14. enakan sambel terasi tetep mbak mendol, iku lek aku loh

    ReplyDelete
  15. hihihi.......emang enak makan sambal ngga make teman2 nya??? wuahhhhh...ngiler aku mbayanginnya...makan sambel sama ikan dan teman2 nya

    ReplyDelete
  16. mbak, di tempatku ada yang model begitu.. di daerah manukan, ada depot namanya depot devi, nasi bebeknya itu pakai sambel pencit seperti yang sampean tulis.. mhhhhh.. rasanya.. top abis..

    ReplyDelete
  17. Walah, cik adohe rek! Kapan mendol ajak2? Ojo dolan dw lah.. Ndak asik itu namanya :P

    ReplyDelete
  18. @de:
    YO ngrti toh mbok De. Ibuku musti nggawe kok, soal'e wong Meduro sih. Tapi sayang anak'e ora mahir boso meduro :D.


    Meduro bajakan aku iki :lol:

    ReplyDelete
  19. Aku lihat sambalnya ngilu sendiri mbak... apa lagi ada campuran mangga mudanya. :D

    ReplyDelete
  20. probolinggonya kok cuman satu mba.. masih kurang nih..
    ntar nyoba yang lain ya.. kalo ke kraksaan (pusat pemerintahan kabupaten probolinggo sekarang dipindahkan kesini secara bertahap), mba harus coba soto pak koya. Ini soto ayam khas kraksaan, dengan santan dan koya (bukan koya kaya surabaya yang dari kerupuk, tapi koyanya murni dari kelapa), soto ini pernah memenangkan lomba kuliner se indonesia pas jaman pak harto dulu. Tempatnya didepan penjara kraksaan dan belakang alun2.

    ueeeenak tenan

    ReplyDelete
  21. chypi_rily9:16 PM

    enyak enyak.... tp aku blum rasa sieehhh;)



    chypi_rily

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rejekine Wong Lemu

Memory Gubeng Pojok

Kisah Cinta Sharukhan dan Spring Bed


Tempat makan lawas, dengan harga ramah di kantong ini salah satunya, Gubeng Pojok. Saya punya memori indah dengan depot satu ini. Ya masa-masa jaman pacaran sama my sharukhan, masa-masa habis nonton bioskop di Mitra, dah gitu kelaparan nyari makan. Ke sini tempatnya. Alasannya, murah bangets, masuklah buat my sharukhan yang pacarnya sekali makan bisa 2-3 piring…hihihi

Seporsinya dulu cuman Rp 8 ribu-an, ngga beratlah kalau saya nambah 2 kali, masih masuk akal. Hihihi..
Tidak ada yang berubah di gubeng pojok, kursi meja suasananya tetep. Yang berubah harganya. Sekarang sudah Rp 11.000,- tapi masih murah seh nurut saya. 


Dari dulu sampai sekarang my sharukhan seleranya tetep. Krengsengan, sama jeruk anget. Wis!. Kalau saya juga tetep, kare ayam, nasi goreng, rawon. Maksutnya habis makan rawon, nambah nasi goreng, kadang kare ayam. Ya maksutnya pancetnya nambah 2 sampai 3 piring getoooo.


Pilihan kita duduk di pojokan, sambil mengenang masa pacaran…cieee c…

Makan Enak, Nyantai di Hotel Berbintang dengan Pemandangan Indah Luar Biasa

Yuks, bro and sis.. tandai kalender kalian, buat bisa berlibur ke sini. Pesan online bayar mudah Pake Traveloka aja, pesan tiket pesawat, booking hotel, perjalanan, traveling. ... Ngga pake mumet, cukup satu ketukan, pembayaran beres….duh, senangnya.

 Bali yang indah seakan tak ada satukata yang bisa melukiskan keindahannya. Bali yang memesona membuat wisatawan selalu datang kembali untuk menikmati pesonanya. Bali yang menawan membuat siapapun akan datang dan membuktikan sendiri cantik dan mengagumkannya sebuah pulau kecil di timur Indonesia ini.
Salah satu keindahan alam yang menjadi magnet wisatawan adalah Pantai Nusa Dua yang berada di ujung selatan Pulau Dewata ini. Pantai ini dikenal dengan pantai terbersih dan cukup nyaman karena tidak secrowded Pantai Kuta. Juga tidak seeksklusif Pantai Seminyak yang memiliki berbagai macam resor dengan harga fantastis.
Di Pantai Nusa Dua ini kamu bisa memilih Grand Nikkosebagai penginapan di Bali. Lokasinya berada di Jl. Nusa Dua Selatan, Benoa, …