Skip to main content

Bubur Manis Obelix



Mencari bubur manis di Surabaya orang pasti mengingat bubur Madura. Bubur ini mempunyai ciri khas, terdiri dari empat macam jenis, seperti ketan hitam, jenang grendul, sum-sum, mutiara lalu disiram larutan gula. Warna-warnanya menarik, diatur berlapis-lapis, di atasnya diberi santan serta gula merah beraroma pandan wangi.

Waktu masih imut-imut, saya masih sering menemui Mbok tukang bubur keliling. Buburnya diletakkan di dalam kendil kecil. Karena jenang grendulnya lengket, si Mbok bubur ini menggunakan sendok yang ujungnya dari karet ban sepeda.Wadoh...!! Bubur kemudian ditata di atas daun pisang, nggak perlu pakai sendok kalau menyantap. Cukup dari daun pisang yang ditekuk jadi dua. Karena bubur lembek, jadi gampang aja diserok dengan sendok daun lalu disantap..uhmmmm rasa manisnya mengugah selera.


Bubur sum-sum dipercaya oleh sebagian masyarakat Jawa sebagai syarat untuk mengadakan pesta atau syukuran. Bubur ini dimakan seusai acara, atau hajatan tersebut selesai.
Soal bubur sum-sum ini, dulu simbok saya pernah cerita, kalau saya pernah menjadi korban keganasan bubur.

Waktu saya kecil. Pas ada hajatan di rumah Eyang, di luar pengawasan simbok, iseng –iseng saya ngaduk-ngaduk bubur sum-sum di panci besar, tapi gagang erus-nya berat sekali digerakkan untuk mengaduk, saya pun nggak menyerah begitu saja.
Gara-gara keras kepala ini, saya malah nyemplung ke panci bubur. Dan gemparlah seluruh penghuni rumah. Satu hal, yang saya ingat waktu itu. Kalau simbok saya menyayangkan anaknya yang cantik *jgn protes kecemplung bubur.Eyang saya malah menangisi isi panci yang berisi bubur yang sudah berantakan ke mana-mana ..
*hu .hu..please dong Mbah..!!!.

Mungkin kejadian ini menjadi jawaban, kenapa badan saya kelewat montok *mencari pembenaran 
Yah, jika Si OBELIX, badannya gede gara-gara pas bayi kecemplung jamu buatan Dukun PANAROMIX, terus jadi jagoan. Kalau saya, gara-gara kecemplung bubur sum-sum inilah, badan saya subur dan makmur, lemak melimpah dan kendor dimana-mana*hu tragiss sekaliii !!!

Comments

  1. ooohhh... tak kira kamu kecemplung panci bakso yg ada kolor di dalemnya hahahaa :))

    ReplyDelete
  2. Waduh kok kecempulng Bubur seh, oH jadi itu yang bikin subur badan nya ya Mbok, kalau aku dulu kecempulng got jadinya sampai sekarang masih item kaya gini hehehe...(jadi cebong deh)

    ReplyDelete
  3. aku paling suka bubur ketan item....

    ReplyDelete
  4. sum-sum tuh apa? Sum-sumnya sapi ta? hehehehehehehe...

    ReplyDelete
  5. tapi kok gak manis Man?
    hiahiahia....

    ReplyDelete
  6. hmm... keliatannya manis tuh bubur,
    jadi laper

    ReplyDelete
  7. kekekek pancine sak piro?

    ReplyDelete
  8. kayaknya justru karet ban sepeda yg bikin tu bubur enak, coba kalo diganti karet kolor, mesti rasanya kyk makan celana (lho??)

    ReplyDelete
  9. jadi pengen bikin sendiri bubur ketan itemnya... gurih!

    ReplyDelete
  10. Santen-nya itu yg uenaakkkk... slurp2.. buburnya manis, ketemu santen yg gurih.. *drooling*

    ReplyDelete
  11. ga rela udah keduluan jiewa.
    kalimat itu juga yang udah ada diotakku...

    santene sing kuenthel iku lho... uenak tenan pasti!

    ReplyDelete
  12. aku jadi pengen makan nih bubur..tapi setiap hari penjual nih bubur selalu ada loh dan cempluk jarang nyicip..

    thanks mbak manda buat telepon nya pas di SSFM..

    hadir kan saat hari sabtu bsk..datang y mbak..

    ReplyDelete
  13. ya ampuunn bubur sum2..bubur ketan item...gak tau kapan terakhir kali makan2 bubur2 lezat itu....

    obelix..asterix... aku koleksi buku2 komiknya loh

    ReplyDelete
  14. setuju sama andibagus cempluk...

    ReplyDelete
  15. paling enak bubur kacang ijoh

    ReplyDelete
  16. wah,,wah,, mak nyus tenan...

    ReplyDelete
  17. evelyn10:42 PM

    Bubur ketan!
    Hmmmy yummy'
    jadi pengen pergi ke pasar atom beli bubur madura.
    Manda aku mau daftar jadi jurnalis di majalah Surabaya itu bisa nggak?
    Kalau iya, caranya?

    ReplyDelete
  18. Aduh enak banget yah keliatannya, saya paling ga tahan kalo liat yang manis-manis gitu...

    ReplyDelete
  19. mbak, kan seng mesti di tulis di blog iku seng enak2 terus kadang pingin mbak manda bikin rekomendasi soal makanan seng gak enak atau warung yang gak pantas di kunjungi ngonoloh mbak piye?
    koq dadi penasaran aku :D

    ReplyDelete
  20. Gw udah cicicpin tuh Jeng..

    Ga manis ah.. pahit!!!

    ReplyDelete
  21. setelah gw pikir2, manisan gw keknya. hehehehehe

    ReplyDelete
  22. pertanyaan pertama, sampeyan itu sebenernya bisa masak juga ato cuma "bisa" ngicipi :)

    pertanyaan kedua, perbedaan bobot sampeyan sejak belum jadi pencicip sampe setelah jadi aktivis pencicip berapa? saya ga nanya bobotnya lo, cuma perbedaannya aja hehehe

    ReplyDelete
  23. kalo di sini kadang disebut dengan JENANG SUMSUM..

    :D

    di sini, bubur sumsum bisa djiadikan penggnati nasi. maksudnya tu jenang dikasih kuah dan laut sayur terik.. :D atau kadang cuma dikasih juruh pun sudah nikmat.. :D

    ReplyDelete
  24. @Evelyn :Di sini menerima anak magang. Kalau tertarik ikut aja.

    @Mas Laks: Wah oke tuh. Next saya coba deh.

    @Mas Tri : Pertanyaannya SARA huhuhu..nyangkut berat badan !!!!

    ReplyDelete
  25. wahahahahaha.......

    ga kebayang kalo ada bubur rasa mendol???

    ReplyDelete
  26. wah...aku paling hobby beli bubur2 gitu...di pasar gg. pinggir ada oma2 tua yg juwalan bubur aneka warna...rasanya......paling enak sedunia......yuhuiiiii....

    ReplyDelete
  27. andre tpi1:11 AM

    Mbake!
    warga wonorejo rungkut mau panen buah api-api utk dimasak jadi kolak. kabarnya, buah ini ampuh untuk mendongkrak mobil. eh, maksudku ndongkrak libido.

    tanaman api2 menurut penduduk setempat biasanya tumbuh di pesisir delta dan di daerah tambak.

    klo Mbake tertarik liputan, ayo bareng ke sono. TKPnya di Wonorejo Rungkut (ngono thok alamate)
    ancer2nya, masuk lwt STIKOM terus nyasak sampe natap gardu induk PLN. klo dah ketatap gardu induk, belok kiri cari rumahnya pak Soni. ditunggu di sono hari Minggu 18/11/ jam 10 pagi.

    ReplyDelete
  28. wakz!! badan melar gara-gara kecemplung bubur?!! hihihihi

    ReplyDelete
  29. Pengalaman makan kweni kok sama yahh sama aku. Tenggorokan serikk

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rejekine Wong Lemu

Memory Gubeng Pojok

Kisah Cinta Sharukhan dan Spring Bed


Tempat makan lawas, dengan harga ramah di kantong ini salah satunya, Gubeng Pojok. Saya punya memori indah dengan depot satu ini. Ya masa-masa jaman pacaran sama my sharukhan, masa-masa habis nonton bioskop di Mitra, dah gitu kelaparan nyari makan. Ke sini tempatnya. Alasannya, murah bangets, masuklah buat my sharukhan yang pacarnya sekali makan bisa 2-3 piring…hihihi

Seporsinya dulu cuman Rp 8 ribu-an, ngga beratlah kalau saya nambah 2 kali, masih masuk akal. Hihihi..
Tidak ada yang berubah di gubeng pojok, kursi meja suasananya tetep. Yang berubah harganya. Sekarang sudah Rp 11.000,- tapi masih murah seh nurut saya. 


Dari dulu sampai sekarang my sharukhan seleranya tetep. Krengsengan, sama jeruk anget. Wis!. Kalau saya juga tetep, kare ayam, nasi goreng, rawon. Maksutnya habis makan rawon, nambah nasi goreng, kadang kare ayam. Ya maksutnya pancetnya nambah 2 sampai 3 piring getoooo.


Pilihan kita duduk di pojokan, sambil mengenang masa pacaran…cieee c…

Makan Enak, Nyantai di Hotel Berbintang dengan Pemandangan Indah Luar Biasa

Yuks, bro and sis.. tandai kalender kalian, buat bisa berlibur ke sini. Pesan online bayar mudah Pake Traveloka aja, pesan tiket pesawat, booking hotel, perjalanan, traveling. ... Ngga pake mumet, cukup satu ketukan, pembayaran beres….duh, senangnya.

 Bali yang indah seakan tak ada satukata yang bisa melukiskan keindahannya. Bali yang memesona membuat wisatawan selalu datang kembali untuk menikmati pesonanya. Bali yang menawan membuat siapapun akan datang dan membuktikan sendiri cantik dan mengagumkannya sebuah pulau kecil di timur Indonesia ini.
Salah satu keindahan alam yang menjadi magnet wisatawan adalah Pantai Nusa Dua yang berada di ujung selatan Pulau Dewata ini. Pantai ini dikenal dengan pantai terbersih dan cukup nyaman karena tidak secrowded Pantai Kuta. Juga tidak seeksklusif Pantai Seminyak yang memiliki berbagai macam resor dengan harga fantastis.
Di Pantai Nusa Dua ini kamu bisa memilih Grand Nikkosebagai penginapan di Bali. Lokasinya berada di Jl. Nusa Dua Selatan, Benoa, …