Skip to main content

Kupang Lontong

Foto : Anton
Sebelum Puasa, saya dapat tugas dari Bos, liputan bandeng asap di Sidoarjo. Selesai liputan dan icip-icip. Pas pulang, saya mengajak Mas fotografer ini untuk mampir ke bursa kupang di pinggir jalan raya Waru-Sidoarjo. Sayangnya si Anton ini lagi puasa Senin- Kemis. Ajakan saya untuk mokel pun ditolak padahal saya bilang bakal mbayarin makan plus kerupuknya. Lagian, masih pukul 3, yang menurut ukuran saya lumayan lama nunggu buko-nya. Tapi Anton, meyakinkan saya bahwa dia tidak bakal kepengen liat saya makan. Oke deh sebagai gantinya, saya paksa dia motoin kupang yang bakal saya makan. :)

Duh, nggak tau yah. Saya kok sukaaaaaa sekali makan kupang . Makanan khas pantai yang terdiri dari lontong dan kuah bercampur kupang sejenis tiram atau kerang kecil, merupakan makanan khas Sidoarjo. Kupang adalah sejenis kerang laut yang direbus dan dihidangkan dengan lontong. Kupang yang digunakan adalah kupang putih, atau dikenal sebagai kupang beras. Petis digerus dengan bawang goreng, diberi sedikit perasaan jeruk. Diulek dengan sendok agar mencampur rata, kemudian disiram dengan kaldu rebusan kupang dan petis. Wueeehhhnak polll !!!!

Bagi orang yang memiliki alergi atau tidak tawar makan kupang bisa saja muntah-muntah dan murus. Bahkan ada teman saya, setiap makan kupang selalu murus alias sakit perut. Tapi Meski banyak yang bilang jorok-lah, jijay-lah, bikin mules perut-lah. Tapi saya tidak gentar tuh…
Kutukan itu nggak berlaku buat saya. Bukannya sakti, atau perut saya sudah terlanjur kebal dengan kuman.
sebab ada penawarnya yaitu air kelapa muda. Minuman ini bukan saja sebagai pelepas dahaga, tetapi juga berfungsi sebagai penawar racun yang terdapat di dalam kupang. Ini sebabnya setiap orang jual kupang pasti jual degan. Menikmati Kupang lontong jadi makin pas, ditambah dengan sate kerang. Penjual Kupang lontong selalu menyediakan sate kerang dengan sambal petis.

Penjual Kupang :
Bursa Kupang Sidoarjo – Jl Raya Waru-Sidoarjo
Pantai Ria Kenjeran
Atau pesen ke saya aja heheheh…


Comments

  1. Sampe detik ini aku blom pernah ngerasain :P Bukan karena jijik, tapi emang blom sempet aja *suer deh*
    Tapi aku seneng sate kerang, kalo makan lontong balap pasti borong sate kerangnya :D

    ReplyDelete
  2. tampaknya enak tuh walau kelihatannya seperti itu, mau dong

    ReplyDelete
  3. prei racun?? onok pr nang nggonku

    ReplyDelete
  4. Deuh Jeng....

    Bikin gw makin tambah lapar aja.
    Untung sekarang malam, jadi ga gitu bikin ngiler./ hehehehehe....

    Btw, kok lo mau2 aja disuruh ma bos lo??:D

    ReplyDelete
  5. Ketika dulu pertama kali menginjakan kaki di Surbejeh, ditantang makan lontong kupang dan sukses jaya tanpa murus tanpa sakit perut. Memang pancen perut karet. Tapi sing uenak dimana ya Ndol? di pantai ria kenjeran kan uakeh sih dodolan lontong kupang, sing endi sing eunak?

    ReplyDelete
  6. jarene wong wong sepuh, kupang dan kerang disini ndak sehat, karena lautnya sudah banyak tercemar mercury hihihi... tapi yokopo yo? ancen uenak hare :D

    ReplyDelete
  7. kalo gue termasuk golongan yg muntah2, gak bisa makan kerang kyk gituan.

    ReplyDelete
  8. Anonymous12:43 AM

    mbak mendol! aku juga suka kupang lontong!!! sayang di jakarta nggak ada hiks

    prabowo.blogdrive.com

    ReplyDelete
  9. Anonymous1:47 AM

    Batal gak yaaa :D

    Mending pas buka puasa, Iko main kesini lagi deh ...:D

    ReplyDelete
  10. cempluk juga pas awal september makan kupang mbak di suko sidoarjo..mantap y mbak..hehehe

    ReplyDelete
  11. sayur asem1:06 PM

    kupat lontong opo kupang lontot ya :P

    ReplyDelete
  12. kadang2 mari mangan kupang aku gatel2 mbak manda, piye yo... padahal enak opo maneh pedes2

    ReplyDelete
  13. pas iku duduk poso senen kemis mbak.
    tp poso jaluk enteng jodo...

    sampe saiki aku durung pernah makan. tiap kali ngajak arek2 gak pernah onok sing gelem..
    pas wingi nang kenjeran jare adam sing dodol nilepan. regane dilarangno (bener gak gosipe adam iku??)

    ReplyDelete
  14. aku pernah makan lontong kupang di pasuruhan...horeeee....
    jeng mendhol....ayo muat dunk ttg. "Tahu Campur Lamongan"......aku ben mbayangke makan tahu campur satu itu....klo bisa resepnya juga dimuat yah? biar lebaran nanti aku mbikin...:))

    ReplyDelete
  15. nyam nyam... jadi pengen ngicipi.. slrupz...

    ReplyDelete
  16. wah nek iki aku rung tau mbak..:P, tapi cara critamu itu lo bikin pengen tenan..hehehe

    ReplyDelete
  17. biarpun aku asli surabaya tetep aja gak doyan ma kupang. kalo pulang kampung ke surabaya aku milih nyari soto ayam yang tetep aja beda rasanya ma soto ayam di jakarta, trus di tandes deket rumah mbah-ku ada nasi bebek yang enak

    ReplyDelete
  18. aku ga doyan kerang Mbak... kalo dimakan lontongnya aja enak ga ya, hehe...

    ReplyDelete
  19. Paling enak bukan yang di Suka-Sidoarjo itu ya mbak? Setauku sih.. Deket rumah tuh

    ReplyDelete
  20. sate kerang rocksss , ,


    http://poce.wordpress.com

    ReplyDelete
  21. Kupang Lontong paling enak tu punya bang somad yang letaknya perbatasan sidoarjo - porong tu lho! kupang terenak ya disitu

    ReplyDelete
  22. ane salah satu yang eneg and muntah2 gan waktu makan kupang lontong.. menurut gw rasanya aneh bin ajaib

    ReplyDelete
  23. Anonymous9:15 PM

    satu rahasia,
    kupang tu ada 2: (boso'ne se) kupang potih & abang
    klo kupang abang / jawa tu enak & paling bergizi tp mahal biasanya klo di pinggir jalan tu campuran...
    aku kebetulan orang pindahan ke daerah balongdowo kebetulan tu t4 asli pengolahan kupang....
    coba dech yg suka kuliner ke sana, tnya aja desa balongdowo kec. candi kab.sidoarjo,
    ntr klo nyampek, kupang lontongnya Cak Duwan ato satu lg siapa ya? sory lupa,

    ReplyDelete
  24. Anonymous8:06 AM

    SEWAKTU AKU DI BEBEKAN (SEPANJANG)KIRA-KIRA TAHUN 1972, SUKA MAKAN LONTONG KUPANG, AKAN TETAPI SAMPAI KINI LIDAH INI PENGEN NYANTAP LONTONG KUPANG, MAKLUM AKU SEKARANG SUDAH LAMA DI BANDUNG, MUNGKIN ADA YANG TAHU LONTONG KUPANG DI BANDUNG DIMANA YA? amitzurin@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  25. Anonymous11:30 PM

    Barusan makan lontong kupang...

    dengan kuah yang anget, pedes, kecut dan manis...muantapp puollll

    apalagi ditambah sate kerang dengan bumbu nya...

    wuihhhhh

    minumnya....es degan !

    nyam nyammmm

    ReplyDelete
  26. di SUTOS (Surabaya Town square) juga ada gan...

    ReplyDelete
  27. di kawasan tlogomas, Malang ada yang jual gak yaa...?? :)

    ReplyDelete
  28. kupang lontong pancen joooossss....uenak pollll...

    ReplyDelete
  29. Coba Lontong Kupang Mbah Yo di Jalan Jambangan Kebon Agung No.1 Surabaya 0858-5228-0255.....maaaaknyuuuus....nyesel kalo nggak nyoba....lihat ulasan : http://arrohman.blogspot.com/2012/03/wiskul-lontong-kupang-mbah-yo.html

    ReplyDelete
  30. Anonymous12:24 AM

    Buat rekan yang di jakarta... bisa beli di depan RS Fatmawati Jakarta....di tempat kantor Pos...tapi buka habis Magrib...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rejekine Wong Lemu

Makan Enak, Nyantai di Hotel Berbintang dengan Pemandangan Indah Luar Biasa

Yuks, bro and sis.. tandai kalender kalian, buat bisa berlibur ke sini. Pesan online bayar mudah Pake Traveloka aja, pesan tiket pesawat, booking hotel, perjalanan, traveling. ... Ngga pake mumet, cukup satu ketukan, pembayaran beres….duh, senangnya.

 Bali yang indah seakan tak ada satukata yang bisa melukiskan keindahannya. Bali yang memesona membuat wisatawan selalu datang kembali untuk menikmati pesonanya. Bali yang menawan membuat siapapun akan datang dan membuktikan sendiri cantik dan mengagumkannya sebuah pulau kecil di timur Indonesia ini.
Salah satu keindahan alam yang menjadi magnet wisatawan adalah Pantai Nusa Dua yang berada di ujung selatan Pulau Dewata ini. Pantai ini dikenal dengan pantai terbersih dan cukup nyaman karena tidak secrowded Pantai Kuta. Juga tidak seeksklusif Pantai Seminyak yang memiliki berbagai macam resor dengan harga fantastis.
Di Pantai Nusa Dua ini kamu bisa memilih Grand Nikkosebagai penginapan di Bali. Lokasinya berada di Jl. Nusa Dua Selatan, Benoa, …

Memory Gubeng Pojok

Kisah Cinta Sharukhan dan Spring Bed


Tempat makan lawas, dengan harga ramah di kantong ini salah satunya, Gubeng Pojok. Saya punya memori indah dengan depot satu ini. Ya masa-masa jaman pacaran sama my sharukhan, masa-masa habis nonton bioskop di Mitra, dah gitu kelaparan nyari makan. Ke sini tempatnya. Alasannya, murah bangets, masuklah buat my sharukhan yang pacarnya sekali makan bisa 2-3 piring…hihihi

Seporsinya dulu cuman Rp 8 ribu-an, ngga beratlah kalau saya nambah 2 kali, masih masuk akal. Hihihi..
Tidak ada yang berubah di gubeng pojok, kursi meja suasananya tetep. Yang berubah harganya. Sekarang sudah Rp 11.000,- tapi masih murah seh nurut saya. 


Dari dulu sampai sekarang my sharukhan seleranya tetep. Krengsengan, sama jeruk anget. Wis!. Kalau saya juga tetep, kare ayam, nasi goreng, rawon. Maksutnya habis makan rawon, nambah nasi goreng, kadang kare ayam. Ya maksutnya pancetnya nambah 2 sampai 3 piring getoooo.


Pilihan kita duduk di pojokan, sambil mengenang masa pacaran…cieee c…