Friday, July 27, 2007

Sate Ponorogo Memang Tidak Ada Duanya








Gang yang satu ini memang sudah tersohor ke mana-mana, sebab di
Gang Lawu- di Kota Ponorogo ini hampir semua penduduknya berjualan sate ayam. Ada satu nama yang terkenal yaitu Sobikun. Inilah pelopor sate Ponorogo di gang ini. Ketiga anaknya kini yang meneruskan yaitu, Tukri, Selamet dan Nandi.

Sate ayam Ponorogo, rasanya gurih dan manis. Potongan dagingnya besar-besar, dan bebas lemak. Setiap irisan dipotong memanjang, dan inilah yang membedakan sate Ponorogo dengan daerah lain. Tidak cuma menyajikan bagian daging ayam saja, biasanya sate ayam Ponorogo, menyediakan kulit ayam, jeroan, dan telur. Sebelum dibakar, daging ayam ini dibumbui lebih dulu. Dan selama proses pembakaran, sate ayam ini dicelupkan dalam larutan gula merah dan kecap berulang-ulang kali sehingga rasanya meresap.

“Sate ayam Ponorogo bisa langsung disantap, rasanya gurih dan manis. Inilah yang membedakan dengan sate-sate lainnya,” jelas Selamet Sodikun.

Jika disantap bersama bumbu kacang, rasanya jelas tambah nikmat. Karena tidak ingin kehabisan, dan berharap dapat bonus hehehe..saya dan Anton pagi-pagi ke kampung ini. Semua penghuni kampung sibuk, ada yang asik merajang sate, memasukkan daging ayam ke tusukan. Sementara laki-lakinya membakar. Melihat saya yang bengong, Pak Selamet menyuruh saya mencicipi sate yang baru saja diangkat dari bakaran.
“Coba aja Mbak, kalau makan di sini gratis,” ujarnya.

Wah, nggak salah neh saya ditawarin …saya tak kuasa menolak (halah..halah),

“Saya ambil dua tusuk, kulit dan jeroan. Ya ampun,
wenak tenan. Pak Slamet turut tersenyum, ketika saya bilang rasanya mantap. “Coba lagi Mbak ?” tawarnya. Aiih…saya mengangguk cepat. Kali ini sate yang daging saja, dua tusuk. Huaah…dagingnya empuk sekali. Bumbunya meresap sampai di dalam daging, terasa sekali manis dan gurih. Sebenarnya saya berharap sate lagi, tapi apa daya nggak ditawarin lagi. Hehehe…
Saya akhirnya membeli satu besek, beserta lontongnya. Niatnya buat oleh-oleh pulang ke Surabaya, tapi nggak jadi, karena akhirnya saya habisin sendiri ..(Foto oleh : An. Berondong )

Sate Ayam Ponorogo
H. Tukri Sobikun
Jl. Lawu I/43 K
Gang Sate
Ponorogo
Telp. (0352) 482362

39 comments:

  1. wah aku ketinggalan berita nich...

    saiki dadi seleb to mbake? sepertinya pancen ono bakat nyeleb sampeyan mbak...:)

    ReplyDelete
  2. deuh... apa lagi nih coba??
    Sate ponorogo??

    Kenapa seh mesti pake nama daerah2?? Toh ujung2nya sama juga ma sate lain..

    Sama2 di tusuk pake lidi, sama2 dibakar. Daging ayamnya juga sama.

    Ada2 aja orang indonesia. wakakakakaka

    ReplyDelete
  3. Btw,

    Cie... mendodol sama anton ni ye....
    Suit... Suit....

    Jgn lupa undangannya 1 ke jogja ye.

    ReplyDelete
  4. Novri4:14 AM

    Man, aku gak arep satene.. arep wong ponorogo ae.. yo opo.. iso golekno gak ? ;)

    ReplyDelete
  5. di entekno sak besek e? weleh weleh...

    ReplyDelete
  6. Adduuhhh, malam2 gini jadi laper lihat blog mba La...

    ReplyDelete
  7. lapar..lapar..kapan mo traktir..lo..he.

    ReplyDelete
  8. Bumbu kacangnya kok ketok'e encer kayak bumbu pecel ya ?

    ReplyDelete
  9. jigur..

    isuk-isuk ngomongke sate..

    NGELEH!!!

    durung sarapan!!!

    ReplyDelete
  10. brapa harga nya se porsi mbak ?? hmm..enak tenan. di daerah pucang - surabaya juga ada tuh mbak, deket pos.

    ReplyDelete
  11. hmm... yummii..
    btw aku kurang suka makan sare

    ReplyDelete
  12. lapeeeeeeer
    duh blom makan ni ...
    tanggung jawab !!

    ReplyDelete
  13. @Mas Triadi : Iyo mas, bakat nyeleb beras hehehe..
    @Harris: Ini neh..contoh orang yang "sesat" dalam dunia kuliner.Mestinya kamu ke Ponorogo, kamu akan merasakn sate yang sebener-benernya. Sate yang laen mah rasanya kecap doang.
    @Harris lage: Dah dijelasin 100 X, kalau repoter, jalannya sama fotografer tauuuuu..., Nggak tegalah "makan" si Anton. Wong masih "Ijo"
    @Novri : Selain Anton, Sugeng jg dari Ponorogo loh..yo opo ??
    @de : Ponorogo - Suroboyo adohh mbak.. keroso luwe terus
    @Pyuriko& Radi : Hehee..saya pas posting sampai ngeces sendiri...
    Jie: Sorry pas ngencerin kebanyakan air..hehehe..
    Zam: Yo ngeleh kono ngolek Indomie
    @Cempluk ; Satu besek 50 ribu plus lontong
    @Aribowo: sate maksutnya ? walah enak padahal..:)

    ReplyDelete
  14. kl di pasaran skrg tiap tusuk sate ayam lbh byk gajih dan kulitnya ya mbak drpd dagingnya. sate kambing jg gitu. tp aku lbh suka sate ayam, empuk dan ga lebus :p

    ReplyDelete
  15. mendol mao satenya.........pake lontong dan ga pake lama ya minumnya teh botol aja

    *serasa mendol jadi penjual sate*

    ReplyDelete
  16. SeKa Y12:36 AM

    Sate ponorogo,sate madura, sate mana aja bhnny ayam jg kan? Kapan nih mo kreatif bkin sate orang?

    ReplyDelete
  17. pekerjaan impian banget sih.

    mau dong direkrut. hahahaha.

    eh aku udah liat femina! hehehe. kya mirip. jangan2 kita sodara.

    wahahahaha,,,,

    ReplyDelete
  18. slruppp cegluk cegluk...
    duhh, tiap ke sini bawaannya laper terussssss... hiks. cobain ahhh sate ponorogo enak juga dari tulisannya

    ReplyDelete
  19. kok disini nggak keliatan fotonya?

    ReplyDelete
  20. whaaa... lagi puasa ni gue, gak tahan banget pas baca ini, pengen nelen ludah, hehe.

    Kpn2 ke ponorogo ahh... cuman buat makan sate (niat banget gak sehhh...)

    ReplyDelete
  21. Huahuahuahua.. bikin ngiler.

    Btw, Rey niat bgt sih. Ke ponorogo cuman buat beli sate. Lebih asik lagi kalo sama sang kekasih Rey.. *teteup ngegosip*

    ReplyDelete
  22. Mau dong satenya, kalo sate ayam sih aku mau....

    ReplyDelete
  23. ayo rey ke ponorogo
    aku juga mendadak rindu kampung
    rindu sate-ne pak sobikun
    (sate ponorogo di surabaya gada yang asli)
    rindu es dawet jabong juga

    ReplyDelete
  24. mbok'e, itu kuahnya encer banged yak..?
    mungkin akan lebih sedep kalo agak kentalan dikit..

    btw, aku menemukan FS mu... ;)

    ReplyDelete
  25. puancet ae... oleh2 mesti dipangan dewe

    ReplyDelete
  26. piye ganti formasi template, kok ilang SBne...

    ReplyDelete
  27. awas
    nanti dipatenkan sama pemerintah malaysia sebagai makanan resmi kerajaan

    ReplyDelete
  28. Artikel di blog ini bagus dan berguna bagi para pembaca. Agar lebih populer, Anda bisa mempromosikan artikel Anda di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di seluruh Indonesia. Telah tersediaa plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com
    http://www.infogue.com/makanan_minuman/sate_ponorogo_memang_tidak_ada_duanya/

    ReplyDelete
  29. Daging dada ayam diiris memanjang .. tanpa lemak jadi bagus utk kesehatan ..
    mantap .. mak legen der

    Best Regards

    Inu Arya A
    http://www.butik-ceria.com
    Butik Sprei-Handuk Online

    ReplyDelete
  30. chimong3:04 AM

    sate ponorogo emang buat ngiler ancene
    ngomong2 soal sate satu ini, ternyata ada sate ponorogo di surabaya tercinta
    kemarin aku baru ketemu cabangnya di jalan jemursari,rasanya muantep oi :-)
    PKL sih, tenda di pinggir jalan gitu, tapi bersih tempatnya, meski yang paling kecil tendanya dibanding PKL-PKL sebelahnya
    namanya warung sate Barong

    rasa satenya persis kaya rasa sate yang di ponorogo, seminggu ini aku sampe udah 2 kali kesana hehe...

    so, bagi kalian yang doyan, kayanya perlu nyoba yang satu ini emang

    dan sate ponorogo setau aku emang beda dibanding sate daerah lain, kalo ga percaya coba aja amati, daging satenya biasanya utuh-utuh, bukannya potongan2 yang ditusuk.
    Dan sambelnya juga khas, gitu deh... hehehe.. kok malah jadi laper lagi :-D

    ReplyDelete
  31. http://barucaem.blogspot.com/

    ReplyDelete
  32. pernah sih sekali coba dan emang enak tapi di jakarta gak ada yang jual masak harus ke ponorogo dulu

    ReplyDelete
  33. saya kira dulu sate ponorogo pak siboen di kediri dan sate ponorogo cak seger di pucang, sby sudah paling top. ternyata kalah jauh sama satenya pak sobikun ini. tenan, mbak !!!

    btw, katanya ada cabangnya pak sobikun dekat kombes m duryat/kedungdoro. mbak mendol ngerti alamatnya tah ? orang pemkot biasa pesan langsung ke ponorogo dikirim via travel kalau ada acara.

    ReplyDelete
  34. Jadi rindu kampung halaman neich, kepingin cepet2 pulang..................

    ReplyDelete
  35. mengenai sate ponorogo ada 2 nama setahuku selain pak sobikun, yaitu sate pak Bagong (deket terminal bus yang baru/seloaji) dan sate pak Sarnu (di Jl. Ahd. Dahlan depan apotik Bakti).

    ReplyDelete
  36. web nya bikin ngiler .sialan :D visit my site too
    ST3 Telkom
    and follow my social media instagram please :
    Jalin Atma

    ReplyDelete

Lactogrow Happy Wonderland ; Taman Bermain Impian

Happy bangets, pas ada undangan …. “Ajak anaknya ya….”  Wah, sudah kebayang wajah Si Mala, yang pasti sumringah. Undangan ini da...