Friday, July 06, 2007

PECEL TERONG MAU DOONG !

Nyari tempat makan di Malang, dengan atmosfir yang berbeda ? Mampir aja ke Inggil lokasinya, di jalan Gajah Mada 4- Malang (Sebelah Timur Balai Kota) Inggil memang menghadirkan atmosfir berbeda dengan rumah makan lainnya, foto-foto malang Tempoe Doloe, terpajang rapi.

Masuk ke ruang tengah bagaik
an dipindah ke mesin waktu di jaman kerajaan. Ada wayang yang usianya 100 tahun, cetakan kayu batik cap yang dibuat tahun 1920. Artefak kuno jaman Majapahit yang berusia 700 tahun. Ada juga sejarah peninggalan benda-benda purbakala di Trowulan, Jawa Timur. Tempat makan yang asri, makin prima dengan suguhkan makanan khas tradisional yang lezat. Satu yang spesial yaitu PECEL TERONG, dalam penyajian tidak hanya terong, tetapi juga disertai tempe dan telur ayam rebus. "Rasanya sedap sekali, karena terasa betul bumbunya yang kaya rempah berpadu dengan santan kelapa. Pecel terong ini disajikan di atas cobek….ah benar-benar eksotik !"

Dan Surprise…aku ketemu MENDOL,. Ya, Mendol, olahan dari tempe diremet, diberi bumbu dan dibentuk bulat. Soal nama Mendol yang kusandang ini, juga ada kaitannya. Jadi Mendol ini makanan favorit embahku. Nah, Mendol buatan embahku ini guedeee –guedee kepelannya, dan sangat padat. Ceritanya, pas aku baru lahir, melihat badanku yang metekel, bulet super padet dan sawo mateng ini. Eyang kakungku keprucut bilang, ”Lho, arek iki kok koyok Mendol !” Dan… semenjak itulah aku dipanggil Mendol. Hihihi…

Sebuah catatan, buat Rey, yang mau ke Malang. Buat Mas Inos orang Ngalam yang belum pernah ke sini, dan buat Mas ini yang sering order pecel terong buatanku .

27 comments:

  1. pertamax..wah enak ni sarapan akhir minggu makan pecel terong..

    ReplyDelete
  2. wah lek pecel iki ben teko opo ae uenak, pecel kembang turi mbak mendol yo muanteb.

    moco asal-usul mendol pingin ngekek-ngekek :D

    ReplyDelete
  3. Anonymous11:34 PM

    Mendol = Lemu Metekel..!!!
    *Ngguyu kuekeelllll…sampe keselek

    Benew

    ReplyDelete
  4. Ceritanya, pas aku baru lahir, melihat badanku yang metekel, bulet super padet dan sawo mateng ini. Eyang kakungku keprucut bilang, "Lho, arek iki kok koyok Mendol !" Dan... semenjak itulah aku dipanggil Mendol.

    bwahahahaaa... fakta sejarah yg menarik kikikik :D

    ReplyDelete
  5. Nyam-nyam....di jakarta susaah nyari pecel terong nda, kirim paket donk ha..ha..

    ReplyDelete
  6. Deuh Jeng...
    kok ngomongin terong seh???
    Ga takut di demo FPI tuh?? wakakakakaka......

    ReplyDelete
  7. duh gak suka terong, ada alternatif lain gak?

    ReplyDelete
  8. terong itu diapain aja kok enak ya?

    ReplyDelete
  9. pantes kmrn sang guru mbahas ini sama gue, ternyata abis mbaca postingan ini tho?

    gue sbnrnya gak suka terong mbak, tp tempat makannya kok kayaknya enak dan berbau sejarah. Boleh lah utk dikunjungi. Thx mbak... :)

    ReplyDelete
  10. itu kalo pecel terong ala inggil malang...
    kalo pecel terong ala mendol dibuat untuk apa? aku tahu.... untuk nyogok si *tiiiiiiiiittt*
    kekekekek... tp enak mbak, sering2 aja nyogok biar aku ikut kecipratan incip2 jg

    ReplyDelete
  11. mendol gw kaga suka sayuran......

    pecel ayam ada kaga? :D

    ReplyDelete
  12. Pecel Terong gak perlu ke Malang..
    Manda paling jago tuh masaknya..
    Kapan bawa ke kantor lagi pecel lelenya ??
    Aku dah ngiler nih...
    ehmmm... nyam.. nyam...

    ReplyDelete
  13. weeew
    terongnya ajeeeeb
    :)) sebenernya kemaren mo ke malang sih cuman takut maceet L(

    ReplyDelete
  14. @Mas Laks: sampeyan lek ketemu aku dijamin ngguyu sampe kepuyuh-puyuh..hehehe
    @arij: pake TIKI, hahaha..berat di ongkos kirim
    @Harris : Terong yang satu ini halal
    @aribowo: tempe, tahu, telur rebus wenak juga
    @Mina : "terong itu diapain aja kok enak ya?" Iiih...jorok.

    @Galeri Imaji : ojo mbuka aib-ku tah ! Melet lewat terong...Sssstt..
    @Novri: Ah..Novri jadi maluw *buka pesenan pecel terong yo opo ?

    ReplyDelete
  15. Hikss.. ke Inggil kok ga ajak2 seh Jeng.. Kalo ke sana lagi kontak saya ya Jeng.. Itung-itung ber-wisata kuliner bersama pakar-nya..:D

    ReplyDelete
  16. bener Ndol, aku pernah marasakan pecel terongmu. wenak tenan pancen...
    paling mergo nggawene dicampur kringet sing netes2...

    ReplyDelete
  17. weks..namanya sama, untung beratnya gak sama :))

    ReplyDelete
  18. wah, di malang emang masakannya unik2. yg namanya mendol aku ngefans bgt. sampe2 dulu waktu kecil ada tetangga suka manggil aku dg sebutan mendol karena tau saya suka mendol, termasuk mendol yg masih mentah (blm digoreng) yg tersa bgt rempahnya.

    ReplyDelete
  19. gw juga udah pernah makan pecel terong. Tapi aslinya seh pecel lele, cuman lalapnya ditambahin terong. Eh... bukan terong ding, tapi mentimun. hehehehe... beda yah?? wakakakaka.......

    ReplyDelete
  20. wahhh jangan pecel terong dong, kalo pecel lele aku sukaaa

    ReplyDelete
  21. @Mas Inos: hayuuuuukk
    @Mbak Dena : huahauahua..tapi yo entek toh..
    @manda: eh.siapapun yg punya nama manda kalo cewek pasticantik, kalau cowok pasti cakep ..setuju khan!!
    @Harris: loe ngga bisa bedain mana timun ama terong ?
    @lirih: hehe..wenak juga tuh pecel ale eh..pecel lele

    ReplyDelete
  22. ga suka terooong....

    ReplyDelete
  23. wahahhahaha...cara ngece awake dewe ki lo jan....salut lah mbak manda..

    hehehe...

    eh aku bikin lagu di site ini, tulung direview ya..nek elek omong ae elek..jenenge gek ajar gawe lagu...

    ReplyDelete
  24. Klo di solo ada juga tuh PECEL SOLO yang atmospher nya kunooo bgt..si Jl. Dr Soepomo klo ga salah..pake bangku n meja kau jati yang jadul bgt, trus ornamen2x kuno kaya' setrika yang masih pake areng, trus kluntungan sapi guede2x di gantung2x gtu deh...yang special ada NASI BERAS MERAHnya trus semua sayurannya organik..cobain deh klo ke Solo..

    ReplyDelete
  25. *pletaks* buat manda :D

    ReplyDelete
  26. sepakat ama oM iNos,
    kpn2 ksh kbr kita2 ya Jeng klo ke Malang, itung2 kopdar gt deh ^_^

    ReplyDelete
  27. denger3 terong ga baik buat kesehatan :V visit my site too
    ST3 Telkom
    and follow my social media instagram please :
    Jalin Atma

    ReplyDelete

Liburan ke Bali? Yuk, Kunjungi 7 Tempat Wisata Kuliner Terindah Ini

Bicara kuliner, masakan khas Bali menjadi salah satu yang paling digemari. Apalagi jika tempatnya diselimuti keindahan alam, tentu meng...