Tuesday, June 19, 2007

Godaan Sate Kelopo

Sesuai janji, saya datang pagi-pagi. Ya, harus datang pukul enam pagi. Tetep semangat sih, masalahnya saya janjian mo ketemu bakul sate kelopo yang paling ngetop di Surabaya. Di mana lagi kalau bukan Sate Kelopo Ondomohen. Lokasinya berada di pinggir jalan Walikota Mustajab, sebagian besar masyarakat Surabaya menyebut jalan Ondomohen. Bu Asih, rupanya sudah menanti-nantikan kedatangan saya. “Lho, mbak ini khan yang sering makan di sini ?,” kata Bu Asih. Ketika saya berniat mau wawancara. Wah, kaget juga ternyata dia tau pelanggan setianya..hehehe. “Iya Bu, tapi sekarang disuruh kantor buat liputan,” jawab saya.
Saya pun ngobrol, ditengah kepungan asap (maklum disambi ngipas), kadang-kadang mata saya melirik nakal, ke arah panggangan sate yang sedang membakar. Ada sate usus, sum-sum dan daging, atau daging campur gajih.

Tugas kali ini, benar-benar berat buat saya, bangun pagi, belon sarapan sudah digoda bakaran sate kelopo
.
Nggak konsentrasi, karena sesekali ngelek idu, dan menahan nafas, gara-gara aromanya merangsang banget.

Sate kelapa atau kelopo, memang berbeda dengan sate jenis lainnya, karena potongan daging sapi itu, ditaburi parutan kelapa baru dibakar. Inilah yang membuat aroma harum dan rasanya gurih.

Selesai ngobrol, akhirnya saya memesan satu porsi, lima sate daging plus gajih, dan lima, sate sum-sum. Sate kelopo ini, dicampur irisan bawang merah dan bumbu kacang lalu nasinya disiram poya, atau kelapa sangrai yang dtumbuk halus. Pas dimakan, wah anjen enak tenan, dagingnya empuk, rasanya gurih, berpadu dengan bumbu kacang. Duh, rasanya perjuangan bangun pagi, dan ngga sempet mandi ini tuntas sudah.

Nah, Bu Asri ini juga menolak, ketika saya mau membayar. “Wah, kali ini gratis mbak!” katanya. Saya sudah memaksa, ngga enak dilihat orang, Wong lemu mangan’e akeh, kok gratisan…" itu mungkin batin pembeli laen. Tapi tetep dia ngga mau nerima uang saya, padahal saya khan mo pesen lagi, buat di foto taking di kantor sama si mas ini, dan saya pun dibungkus,….eh maksutnya saya dibungkusin sate, buat di foto sama mamuk di kantor. Foto : MATANESIA.COM

17 comments:

  1. pertamaaa...!!! yeaahhh...!! :D

    ada sih yg jual sate pagi2?! kalo disini yg jual sate biasanya malem, paling nggak siang lah...

    Iki mesti liputane wis suwi ki, wong fotografer e sak iki nang kene kok... :)

    nitip dong... sate thok tanpa gajih, hmmm sate ususnya jg boleh tuh, bungkuusss...!! :D

    ReplyDelete
  2. Hore!!
    Gw yang pertama koment.

    Tunggu, gw baca postingannya dulu :P

    ReplyDelete
  3. AKH..... Sial.
    Beda 2 menit dari Rey.

    Yo wis lah.

    ---------------------------------
    What??
    emang ga ada bahan lain apa, sampe2 kelapa di bikin sate?? Aneh2 aja orang indonesia. Gmn mo sehat2, klo makanannya kek gini. Akh.....
    Nasib... nasib....

    Btw, Jeng. Kapan gw dibeliin rumah??

    ReplyDelete
  4. Apaan seh si Rey ama si Ale,rebutan jadi yang Pertamax, wong aku pake Premium..hehehe..

    @Rey: Ojo buka kartu toh ! iki kenangan terindah sama Sang Guru, jadi sah-sah aja diposting.

    @Ale: payah ya kalo pikiran jorok mulu : Baca dong "Sate kelapa itu artinya, sate daging sapi yang dilumuri parutan kelapa, trus dibakar" ini bukan makanan sehat..tapi MENGENYANGKAN huehuee!

    Loh khan kemarin dah gw ajak di pameran properti, tapi lo malah minta dibeliin DVD "Cepu Bergoyang" Duh...tape banget deh ..

    ReplyDelete
  5. Sekarang ada yang baru loh, Jeng.
    SMU_KARIMUN 1 & 2. wakakaka...
    ga hot2 banget. Cuman kissing. Akh... nyesal gw lama2 nunggu download. taunya cuman kissing doank. sama yang cowok pamer body. WHUEK!!!

    emang, yg jual sate itu kehabisan kecap/sambel kacang apa?? knp mesti pake kelapa?? ntar cacingan lagi.

    ReplyDelete
  6. heh kamu *nunjuk ale*
    komen makanan malah komen yang saru saru
    sini sini aku dikasi :p
    bwakakakaka

    ReplyDelete
  7. Uhmm, saya kan dari luar pulau. Pas pertama kali ke Sby, bingung dimana mau cari sate daging. Kebanyakan sate ayam & kambing.

    Dulu gw kira sate kelopo itu daging kelapa dibakar, eh ternyata terbuat dari daging sapi toh.. *ndeso*

    ReplyDelete
  8. Mba La,... pagi ini udh mandi blom???


    Maaauuu donk makan2 gratis nya...
    Mau sate daging aja, gak pake usus, jeroan.... sama gajih :D


    Biar lemu awakku... hehehe

    ReplyDelete
  9. wah, iki yo langganane mamaku nek lagi males masak sarapan. mamaku ngantri sate ndek buk asih, aku keluyuran ndek taman surya, hunting foto2 candid :p

    btw durung nemu reinkarnasi sang mamuk? mosok mesti aku sing turun tangan? *halah* lha aku iki sopo? :p

    ReplyDelete
  10. mesakke sing dodol. sing tuku durung adus :D

    *pingin sate*

    ReplyDelete
  11. minggu ngarep bakalan tak cobain semua masakannya di Indonesia:)

    ReplyDelete
  12. kok ada jualan sate pagi2 sih, disini biasanya sore menjelang malam. tapi kapanpun jualannya saya pesen satu porsi ya...

    ReplyDelete
  13. sing gajih marai tambah lemu loo..ning jelas sedeeepppp...kalo dibakar kayanya baunya itu yang bikin ngelek idu deh

    ReplyDelete
  14. ehhh..mantap sekali satenya..pernah coba sate kelopo juga deket unair ?? lesehan tempat nya tapi antri nya bukan main..hehehe

    ReplyDelete
  15. sate kelopo pancen enak...
    opo mene lek di bakar ambune...wehh..wehh... huenak tenan

    nang endemohen iku pancen sing paling enak, tapi perna makan nang pertigaan kupang-banyurip iku yo uenak mbak

    ReplyDelete
  16. Mendodol....
    Bilangin ma rey tuh. Gw masih 'bersegel' kok.
    hehehehe......

    ReplyDelete
  17. ya ampyun, saya lom sarapan nih...mbak nulisnya keren banget, beneran saya juga ikut2an ngelek idu :P

    ReplyDelete

Lactogrow Happy Wonderland ; Taman Bermain Impian

Happy bangets, pas ada undangan …. “Ajak anaknya ya….”  Wah, sudah kebayang wajah Si Mala, yang pasti sumringah. Undangan ini da...