Sunday, May 06, 2007

Uji Perut di Festival Jajanan Bango

Kalau disuruh memilih uji nyali apa uji perut ? Jago makan milih yang terakhir aja.

Satu hari rasanya kurang menikmati semua hidangan enak yang ada di Festival Jajanan Bango. Rasanya saya terlalu memforsir kerja alat pencerna dan lambung saya. Lha biasanya, sehari hanya 6 kali, gara –gara FJB dalam sehari makanan yang masuk bisa dua kali lipat, dalam waktu yang sangat singkat.

Hmm… coba bayangkan, pesan menu, 10 menit menikmati, 10 menit istirahat, 10 menit nyari sasaran makanan yang enak, lalu habis…dalam waktu 10 menit, jalan lagi, pesan lagi, makan lagi ….
Perburuan tahap pertama, dimulai pukul 11.00 siang dan berakhir pukul 2 . Itu saja, saya hanya sanggup menyantap : Mi Mapan (Sayangnya, gorengan yang termasyhur enak, malah tidak dibawa ), Bebek Sambel Pencit Mas Yudi (Surprise… Cak Yudi masih ingat saya lho, dan berujung dengan bonus sepotong daging bebek), Tahu Pong Bu Rudy yang biasa, tapi rasa petisnya luar biasa.
Lontong Balap Pak Gendut, ( Sekarang sudah “sedikit langsing” gara-gara sakit ungkapnya), rasanya masih nendang, seperti jaman saya SD. Karena cuaca yang panas sekali, niat saya untuk makan Rawon Setan dan Bakso Bakar Malang, saya urungkan dulu. Wah.. bisa matang luar dalam saya nantinya.

Sebagai penggantinya, saya mencicipi
ketan durian yang legit. Soal jajanan yang satu ini, saya sempat terkecoh, saya pikir tergolong jajanan ringan, hanya sekotak ketan dan olahan durian dalam gelas kemasan. Tapi begitu dimakan, wuahh ... kenyang banget, ternyata ketannya biar mungil tapi padat sekali.

Sorenya, acara wisata kuliner tahap kedua saya mulai :
Tepat, pukul 4 sore, saya datang lagi ke FJB. Kali ini sasaran saya sudah jelas yaitu Rawon Setan. Wah, ramai sekali pembelinya, saya pun harus sedikit berjuang. Untunglah, saya memiliki fisik lebar, sehingga tenaga saya cukup mampu menyingkirkan 3 sampai 4 orang di depan saya. Ternyata, Bu Sup pemilik Rawon Setan yang saya jumpai tadi pagi sudah pulang. “Ibu capek mbak,” jelas seorang pegawainya.
Saya bertanya, memang ada maksudnya. Bu Sup sangat mengerti sekali selera rawon khas saya. Sedikit nasi, banyak kuah, sedikit daging, gajihnya yang banyak…hehehe… tapi tak apalah, rawon yang saya nikmati, plus satu butir telor asin sore itu benar-benar nikmat, dan untuk sementara waktu, saya harus sedikit berjuang saat berdiri…
ya olloh berat bangetttttt !!!

Sore itu juga, saya akhirnya menuntaskan rasa penasaran terhadap Bebek Kayu Tangan, yang tidak kalah ngetop itu (maklum-lah saya kadung “Bebek Cak Yudi minded”, jadi sedikit susah berpaling). Secara penampilan, sudah memancing air liur. Potongannya gede, ada rempahan di atasnya.
Buat Anda penyuka Ayam kremes, bebek kremes ini juga bisa jadi pilihan. Ada Sambal, lalapan dan paling sip.. lagi pakai dong Kecap Bango…rasanya mantafffff.

Oh iya, ada satu menu yang bikin saya gedek-gedek (padahal saya anti mengkonsumsi narkoba), yaitu Nasi Gila. Serudak sini-serudak situ, akhirnya berhasilah saya di depan penggorengan. “Mana..mana yang gila?” tanya saya antusias. Si penjualnya sambil tertawa ngakak, menunjuk ke penggorengan. “Yang gila ini,” jelasnya. “Apa !” jerit saya sambil memegang pipi saya yang tembem (hiperbola banget ya…). Di dalam penggorengan tampak, sosis, telur, daging yang diaduk-aduk jadi satu., kemudian disajikan dengan nasi. “Ooooh….”komentar saya.
Nasi Gila ini menyedot banyak perhatian pengunjung di Surabaya, maklum saja nasi gila ini merupakan wakil dari kota Bandung. Sayangnya perut saya sudah benar-benar penuh, sehingga saya membatalkan niat untuk membeli, walaupuni saya ngilerrr banget melihatnya.

Kejutan di FJB :
Terima kasih buat Mas Radityo , yang memberi kesempatan saya nampang masuk tipi, dan naik pangkat sebagai moderator di milis. Terima kasih juga, Mamuk yang senantiasa menunggui saya makan, dan mengabadikan semua menu yang saya makan.
Dan Mimi, temen blogger yang terbengong-bengong yang berjumpa di arena ini. Yang sudah saya wanti-wanti “Awas, saya jangan di foto ya, apalagi diposting!” tapi tetep nekat dan gemes mengambil foto diriku.

26 comments:

  1. teman curhat11:54 PM

    Seru banget liputannya....

    Lebih2 foto2 makanannya, bener2 pinggggiinnnn.....

    ReplyDelete
  2. Kalo di Ngalam, 'Nasi Gila' tuh sejenis nasi goreng yang ditambahin macem2 spt mie, seafood n sayuran yg dipotong kecil2. Nama laennya 'Nasi Mawut'...:D

    ReplyDelete
  3. bidadari ngeces1:26 AM

    hadoohhh... wis suwi ra mangan rawon setan, pingiiinnn...
    Semua rasanya pasti enak2 ya mbak... slurrpp jadi pengen, mana lagi puasa lagi... haduhh :((

    Mbak, salam buat mas Mamuk (lho?) :)

    ReplyDelete
  4. waaaa.... mandaaa.... untung bangeeeet! kok kecap bango gak singgah di sini seeeeh? wah, tadi barusan komen di blognya fahmi, nanya apa dia ketemu dirimu. ternyata... hehehehe :D

    manda, pic makanannya kurang, sis, kurang!

    ReplyDelete
  5. Anonymous2:12 AM

    Wah nongol di Televisi, jadi bintang iklannya Bango...selamatt.yaa

    nisa

    ReplyDelete
  6. waa... kalian bedua gantian dong traktir akyuh :) benernya pengen banget belok dari bandung ke surabaya, tapi dah dikejar2 jadwal hiks hiks, kalo nemeni temenku aja mau gak :D dia hobi makan dan minggu depan mau ke surabaya tuh *gak nyambung*

    ReplyDelete
  7. Nasi gila ga tau? haduuh... dijakarta bejibun tuh yang dagang nasih gilah...
    **ngileerrr... kepengenn**

    ReplyDelete
  8. bonus sepotong daging bebek???
    wah nek gitu mesti ngajak medol kalo mau makan bebek cak yudi, moga2 dapet dua potong daging bebek :D

    ReplyDelete
  9. hueeeh temenku masuk tipi..
    hore²...

    *pantes TVku skarang rusak smua..*
    oiya mana nih jatahku dari Ngiklan Bango kemaren?? dikorupsi mbak mendol yaa??
    MALING MALING !!!

    ReplyDelete
  10. Mbak kalo pengen sekul obong atau nasi bakar tempatnya di Kedai Koboi, sengkaling (posisi tepatnya sy blom tau) cuman ada telpnya nih 0341-464176.

    ReplyDelete
  11. edan... sehari makan dua kali lipat dari biasanya ? hehe...
    mlebu TV pisan...
    TV opo? pingin liat koyok opo mbak lamendol :D

    ReplyDelete
  12. @temen curhat : Khan di JAkarta sudah.. tungguin aja FJB tahun depan .

    @sam inos: sego resek = nasi mawut

    @Bidadari : Rawon Setan mo buka di Bandung. Salam sendiri dong ama Mamuk !

    @nisa: he..he..he

    @Mina: kalau kamu datang ke sby, ntar aku kontak si fahmi biar traktir kita berdua. Soal Pic..yang bagus mo diikutin lomba sama mamuk.

    @Tukang Ketik : uhmm Nasi Gila..emoh takut ketularan he..he

    @Fahmi: Kamu khan milih soto Betawi khan ? Habis makan mi mapan, aku terus lanjut makan bebek..eh kamu menghilang ke mana ya waktu itu ?

    @Sky : Tipimu memang asli rusak..kamu harus lemu sek ..baru pantes gantiin ikon Bango. Lho !

    @Sam Inos: thx wah lengkap sama telp-nya ..segera ke sana

    @mas laks: Acara Kuliner Cap Bango, wawancaranya tayang hari Sabtu tgl 12 Mei Mas, tapi iklan pendek (filier) nya sudah tayang mulai senin ini...*jadi maluw

    ReplyDelete
  13. endi potone fahmi? hehehe

    ReplyDelete
  14. eh mak
    pulang dari FJB
    nimbang badan ndak ???









    *kabur*

    ReplyDelete
  15. Rey......
    Kok ga ngajak2 gw seh?? Kejam lo!!

    anak kost neh, sengasara ga ada makanan.

    Btw, lo masuk TV ya?? hahaha... jadi pengen liat tampang lo kayak gmn??

    ReplyDelete
  16. Eh... Jeng. Salah nama gw. hahaha... Coz tadi abis dari blognya si Rey. hehehe... Sorry ye Dol. hahaha.....


    Sama kayak Ndah
    KABUR.......................

    ReplyDelete
  17. sayang nya saya tidak punya cukup energi buat ngelawan panas yang gila2an itu.
    sempet posting juga sih di multiply saya http://ninien.multiply.com

    ReplyDelete
  18. Ampun.... bikin ngiler... gambar nasi gorengnya menggiurkannnnn.....

    ReplyDelete
  19. saya juga sudah tentu ngntil jeng mendol ikutan uji nyali perut hihihihi....

    biar badan kurus beginih....boleh diadu urusan makan huahahahaha

    * ni mulut dah ngeces dari tadi hhheegghh*

    ReplyDelete
  20. sampe skr ngga' bisa ngebedain antara "nasi goreng" dan "nasi gila". kayanya sama aja dicampur bermacam bahan dan...digoreng (iya g?)

    hehehe...lam kenal juga d sesama pecinta makanan XD~

    ReplyDelete
  21. Waaaks... gw n keluarga trauma dateng ke Festival Jajanan Bango yang di Lapangan Banteng.

    Kayaknya salah tempat deh, masa bikin acara makan2 yang dikunjungi oleh ribuan orang diselenggarakan di sebuah lapangan yang debunya bertebaran dimana2... serasa lagi operasi Badai Gurun... jadi ilfil mo makan.

    Tapi ada hikmahnya, gagal disitu akhirnya kita pesta seafood di Muara Karang trus pulangnya mampir ke Es Krim Ragusa. Yummy!

    ReplyDelete
  22. Anonymous10:36 PM

    ronn, lapangan banteng kan kisah lama.....
    bulan juni ini festival jajanan bango bakal digelar di senayan driving range cing....dijamin nggak ada debu dan no jablay pulak!

    ReplyDelete
  23. Siapa saja nih yang mau ikutan lomba video, nulis, blog dan foto di ajang Festival Jajanan Bango 2008?

    ReplyDelete
  24. yahuuuuuuddddd makananya bo, lezaaaaato, ajiiiiib, mau dong, sedaaaaapp ...........

    ReplyDelete
  25. berat badan up to 2 kg setelah FJB :3visit my site too
    ST3 Telkom
    and follow my social media instagram please :
    Jalin Atma

    ReplyDelete
  26. thanks for the information and I really like this website blog (greetings)

    ReplyDelete

Lactogrow Happy Wonderland ; Taman Bermain Impian

Happy bangets, pas ada undangan …. “Ajak anaknya ya….”  Wah, sudah kebayang wajah Si Mala, yang pasti sumringah. Undangan ini da...