Skip to main content

Dawet Jabung (Jodoh ditangan Lepek)

Dawet satu ini, cukup sensasional. Bukan saja rasanya, tapi juga cerita menarik dibaliknya. Namanya, Dawet Jabung, lokasinya, di Desa Jabung arah ke Pondok Gontor, Ponorogo. Di perempatan jalan ini akan ditemui banyak penjual dawet Jabung.
Selain dawet, di meja akan terhidang berbagai aneka goreng-gorengan, seperti tetel, pisang, tahu, tempe, trimbil, dan pia-pia.
Penjualnya kebanyakan perempuan muda dan berparas ayu.
Ditemani dua orang berondong, Adam (co-driver) dan Anton (my fotographer), kita wira-wiri dulu nggak langsung masuk warung. “Nyari penjual yang puaaalinnnggg ayu,” alasan si Anton.

Penjual yang berparas ayu ini akan menyodorkan mangkok di atas lepek. Nah, dari cara mengambil mangkok ini, bisa dilihat apakah orang tersebut warga Ponorogo atau pendatang luar kota.
Bagi pembeli luar kota, lepek (piring kecil ) yang di bawahnya jangan diambil sebab menurut cerita, jika ada pembeli laki-laki yang mengambil lepek, dan si penjual membiarkannya berarti sang penjual bersedia “Menikah” dengan laki-laki tersebut, sebaliknya jika laki-laki tersebut sengaja mengambil lepek berarti ia “Naksir” terhadap penjualnya.

Entah kebetulan atau tidak, seorang pembeli dari luar kota, tanpa sengaja mengambil mangkok bersama lepeknya. “Mas, mangkoknya saja yang diambil,” ingat si penjual. Ketika ditanya alasannya, si Mbak hanya menyahut “Lepeknya buat tutup gula, nanti diserbu lalat,” tolaknya haluss. Ssttt…saya kasak-kusuk sama si Anton, “Mbak’nya jelas nolak, wong sudah tuwirr,” bisik saya.

Di saat lain, Adam temen saya iseng mencoba mengambil lepeknya, lalu si embak malah berjuang mati-matian menarik lepek. “Wakaka…itu artinya kamu ditolak tahu he..he..he,” komentar saya. Jelas ajalah ditolak ama si embak tuh si Adam modelnya, ngga jelas apalagi rambutnya petal..he..he ..sorry yo dam !

Faktanya : Penjual dawet jabung memang ayuuuuu ! tapi menurut Mbah Sumini pelopor dawet jabung, tidak ada critanya penjual dawet digondol sama pembeli cuman gara-gara lepeknya diambil..!huahaaa..jadi cuman gosip gitu lho!

Foto : by Anton Kusnanto

Comments

  1. hauhauhuahuha... what an interesting story :D

    Tp kalo yg beli cewe boleh ambil lepeknya kah? Ato bakal dijadiin sodara angkat? Huahuahuah...

    ReplyDelete
  2. mungkin gitu mbak, itu cuman gosip. Critane mbiyen ki akeh sing tuku nggowo lepek'e mulih barang, suwi2 sing dodhol anyel, lha sing dodhol ki sak jane rondho tur ra ayu sisan, lha ben lepek'e ra dipek, dheknen ndobos karo sing dho tuku: "anu mas, nek sampeyan mendhet lepek'e, sampeyan yo kudu mendhet kulo" (modyarr...).

    hehehe... aku kok soyo suwi soyo ra puguh ngene :D

    ReplyDelete
  3. Ada cerita jg di balik jualan Dawetnya,.. :D

    Tp memang bener yaa, mbaknya ayu2... manis.... semanis gula merahnya... :D

    ReplyDelete
  4. wah saya kira membahas dahsyatnya si dawet, ternyata malah membahas mbaknya penjual dawet..

    wekekek..

    tapi sip ini fotonya.. dengan cara candid ya? keliatan natural banget.. wekekeke...

    kalo emang ceritanya bener, mending saya beli lepeknya saja...

    wakakaakak

    btw, anti spam-nya bener-bener marai misuh!!

    ReplyDelete
  5. ayu tenan pancen..

    ReplyDelete
  6. ngambil fotonya pinter banget...
    pake kamera apa nih?

    ReplyDelete
  7. Kelingan pas ijek dodolan lombok aku, sabaku neng jabung golek dagangan hehehe

    ReplyDelete
  8. @helen: Kalo cewe..hmm wadooh aku b'lon nyoba tuh.
    @rey :Rey...penah jualan dawet ya, kok ngerti historisnya ?
    @pyuriko :iya.ayu plus menthek gitu hi..hi
    @Zam :Wah...mas Zam, hmm kemungkinan kecil kalo lepeknya dilepas buat panjenengan..wakakaka..!!!
    @de : Wuih..tertarikk
    @Tukang ketik : Nikon D 100, yang ngambil fotograferku kok
    @hery :golek dagangan opo..golek..ehemmmm!!!

    ReplyDelete
  9. waaaa.... aku suka postingan ini. lucu banget. urusan aneh2 di warung makan di sini ada juga ceritanya, terutama agak jauh dari kota. tentang lepas racun via piring n gelas. tar posting ah...

    ReplyDelete
  10. madhang10:27 AM

    jan..jan...sing dodol ancen ayu tenan...ce.ce..ce

    alamate ngendi kuwi, mengko tak parani!hee

    ReplyDelete
  11. lepek itu kalo bahasa betawi artinya "BASAH"....

    akhirnya bisa komen jg setelah sekian lama hehee...

    ReplyDelete
  12. Anonymous12:32 AM

    lho itu hanya isapan jempol ta mbak? Wah,aku pikir beneran cuman aku memang belum punya kesempatan membuktikan. - Fik-

    ReplyDelete
  13. lha trus dawet'e enak ga?

    *mbayangin makan es dawet siang-siang.....yummy.....*

    ReplyDelete
  14. wah yo wajar akeh seng rebutan lepek lah seng dodol ayu :)
    yak opo lek seng tuku nggowo lepek dewe? terus di kek no nang send dodol dawet :) hehehe...

    ReplyDelete
  15. wah beli dawet, sekalian ngecengin yang jual..hehehe.bcanda ding..
    *kaburrr*

    ReplyDelete
  16. wakakak...lucu juga sejarah lepek, yo pantes nek seng tuku rebutan, lha wong seng dodol uaye jee...

    ReplyDelete
  17. doohh kangen ponorogo niyyy :(

    ReplyDelete
  18. Huehuehue....
    Dawet'e Laris Masnis tanjung kimpull oii

    ReplyDelete
  19. Anton Kusnanto....
    nama yang gak asing lagi di jagad dawet indonesia :) he..he...
    sejak smp dulu doi suka maksa pulang-pergi dari kota ponorogo sampai perempatan jabung, hanya untuk minum dawet. Dulu warung dawet gk sesepi sekarang, ruame dan banyak pilihan, entah kenapa sekarang jumlahnya dah banyak yang berkurang. Klw pun yang tetep survive dari dulu sampai sekarang mungkin ya hanya warung dawetnya bu Sumini yang pojok sebelah selatan itu..tu..itupun gara2 pelebaran jalan jadi kena pengaruh juga sama pelanggan2nya.
    Klw mau yang agak luas parkirnya...coba jalan ke timur arah Pondok Gontor, tepatnya di depan Pasar Gandu ada warung dawet Bu Yati, wihh gak kalah rasa sama saudara-saudara dawetnya di daerah perempatan.
    Habis minum dawet, bayar trus pulang...

    ReplyDelete
  20. Anton Kusnanto right
    Kalo Dawet yang asli setauq cuman 3 diantaranya Dawetx Lek Yati deket pasar gandu

    ReplyDelete
  21. hahahahhaaa.... udah masuk disini ternyata topik Dawet Jabung...

    salam kenal.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rejekine Wong Lemu

Memory Gubeng Pojok

Kisah Cinta Sharukhan dan Spring Bed


Tempat makan lawas, dengan harga ramah di kantong ini salah satunya, Gubeng Pojok. Saya punya memori indah dengan depot satu ini. Ya masa-masa jaman pacaran sama my sharukhan, masa-masa habis nonton bioskop di Mitra, dah gitu kelaparan nyari makan. Ke sini tempatnya. Alasannya, murah bangets, masuklah buat my sharukhan yang pacarnya sekali makan bisa 2-3 piring…hihihi

Seporsinya dulu cuman Rp 8 ribu-an, ngga beratlah kalau saya nambah 2 kali, masih masuk akal. Hihihi..
Tidak ada yang berubah di gubeng pojok, kursi meja suasananya tetep. Yang berubah harganya. Sekarang sudah Rp 11.000,- tapi masih murah seh nurut saya. 


Dari dulu sampai sekarang my sharukhan seleranya tetep. Krengsengan, sama jeruk anget. Wis!. Kalau saya juga tetep, kare ayam, nasi goreng, rawon. Maksutnya habis makan rawon, nambah nasi goreng, kadang kare ayam. Ya maksutnya pancetnya nambah 2 sampai 3 piring getoooo.


Pilihan kita duduk di pojokan, sambil mengenang masa pacaran…cieee c…

Makan Enak, Nyantai di Hotel Berbintang dengan Pemandangan Indah Luar Biasa

Yuks, bro and sis.. tandai kalender kalian, buat bisa berlibur ke sini. Pesan online bayar mudah Pake Traveloka aja, pesan tiket pesawat, booking hotel, perjalanan, traveling. ... Ngga pake mumet, cukup satu ketukan, pembayaran beres….duh, senangnya.

 Bali yang indah seakan tak ada satukata yang bisa melukiskan keindahannya. Bali yang memesona membuat wisatawan selalu datang kembali untuk menikmati pesonanya. Bali yang menawan membuat siapapun akan datang dan membuktikan sendiri cantik dan mengagumkannya sebuah pulau kecil di timur Indonesia ini.
Salah satu keindahan alam yang menjadi magnet wisatawan adalah Pantai Nusa Dua yang berada di ujung selatan Pulau Dewata ini. Pantai ini dikenal dengan pantai terbersih dan cukup nyaman karena tidak secrowded Pantai Kuta. Juga tidak seeksklusif Pantai Seminyak yang memiliki berbagai macam resor dengan harga fantastis.
Di Pantai Nusa Dua ini kamu bisa memilih Grand Nikkosebagai penginapan di Bali. Lokasinya berada di Jl. Nusa Dua Selatan, Benoa, …