Skip to main content

Bikang Peneleh ke Amerika

Jika berkesempatan main ke Surabaya, singgah juga ke jalan Peneleh. Daerah ini terkenal dengan kue bikang. Datanglah pagi-pagi maka Anda bisa melihat langsung cara pembuatannya, dengan sumba warna warni bikang terlihat menarik, aromanya sangat harum.

Panggangan bikang ini dipajang di depan pintu masuk, jadi begitu masuk langsung tercium bau harum.Seni membuat bikang ternyata pada saat "menjuntik" alias mengangkat dari panggangan.Inilah kunci bikang terlihat merekah bak bunga mekar. Menurut Yuwono Halim, pemilik toko kue Kartiko, membuat bikang tidak bisa ditinggal-tinggal atau disambi dengan pekerjaan lain, karena salah-salah bisa gosong, tidak hanya itu saja, jika kurang piawai mengangkat bikang dari panggangan maka bentuk bikang menjadi tidak karuan-karuan sehingga tidak merekah.

Masih di jalan Peneleh, ada satu toko yang merupakan pelopor bikang di daerah ini, tepatnya di jalan Peneleh 32-34 yaitu Lie Bie Kwan. Awalnya hanya berjualan di pinggir jalan, itu pun hanya menyediakan meja kecil untuk memajang barang dagangan. Kue andalan saat itu adalah bikang dan lapis. Sekarang ada sekitar 30 jenis kue yang dijual di toko ini tapi bikang tetap paling dicari pembeli.

Nah...sedikit membuka rahasia, gurihnya bikang terletak pada santan. Diambil dari kelapa tua, santan kental inilah yang digunakan. Inilah yang membuat rasa bikangnya terasa gurih. Harganya Rp 2 ribu per buah, dengan dua tawaran rasa yaitu cokelat dan pandan. Kue bikang asal Peneleh ini juga sudah melancong hingga ke Hongkong dan Amerika. Aiiih…saya aja b’lon ke sana mau dong jadi bikang hihihi…

Comments

  1. Lho... komet ku koq ilang,.. kemana???

    ReplyDelete
  2. Oala.... ke amerika???
    Gw aja yang manusia blom juga mengarasin hirup udara marik.

    Masa' gw jadi bikang dulu, cuman ke amrik??

    ReplyDelete
  3. Ternyata, hanya kue itu aja udh melancong kemana2...

    Daku kapan ke Amerika na... :(

    ReplyDelete
  4. Anonymous1:46 AM

    Ndolll ..kamu mo jadi bikang ? Jumbo bikang dong..he..he...he

    *guyon Ndol(ampun-ampun) eh..kapan berburu bebek goreng lagi?

    -Benedicth-

    ReplyDelete
  5. bulan mei saya DL di surabaya, thanks infonya.

    Tapi kalo ga enak awas yah...
    hehehe.. becanda-becanda-becanda

    ReplyDelete
  6. kok gue lebih suka klepon ma lupis yaa? soalnya bikang kegedhen sihh...

    ReplyDelete
  7. @Iko dan harris : mo ikutan jadi bikang juga ? sini gw santenin
    @bene : awasss yo !! biar jumbo gini khan lincah..halahhhh!!! "opo to yo"
    @Tukang ketik : wuahh kalo momakan bikang tmbah enak kalo ngajak aku mas, ntar saya bantuin ngabisin !
    @rey: gede lebih mantepp (makan tempat kata si Ronn)rey..kayak aku hi..hi

    ReplyDelete
  8. weh... Bikang..

    kapan saya terakhir memakannya..

    eh, pas saya masih SD keknya.. :(

    iya, biasanya beli bikang Surabaya di sebuah daerah pertokoan di Solo..

    huhuuh... baca postingan ini jadi kedereng makan bikang...

    slrrp..

    ReplyDelete
  9. jadi pengen makan bikang...mo coba bikin bikang ahh...disini ada yang jual cetakannya gak yahh...

    ReplyDelete
  10. hehe... bikang yo...
    saya seneng seng rodo gosong :)

    ReplyDelete
  11. bikang itu apaan ya.......

    mendol mao dong dikirimin... :d

    ReplyDelete
  12. Waaaaa.... bikang penelehhhh... dah lama ga makannnnnn....

    Bungkus 5 biji dong mbak, kirim ke sini... hihihi....

    ReplyDelete
  13. @zam : wih lama amirrrr jaman masih SD ..
    @bintang : wadooh bikin sendiri
    @laksono : gosong sukanya ? wah selera anehhh
    @azhar : bikang itu makanan hihihi..(soalnya suseh mo jelasin) ayo barter ama kerak telor
    @dung2X: 5 biji...boleh tapi kirimnya lewat kantor pos..dijamin nyampenya baru tahun depan gimana ? :))

    ReplyDelete
  14. wah kayaknya enak tuh..
    nyam²...

    *padahal ngliat bikang di dunia nyata blon pernah, di solo ada ngga si ya???* hehe

    ReplyDelete
  15. wah bikang...mo bikin nggak punya cetakan, emang bikangnya udah ada yang nyampe sini ya... kuper juga nih aku...nggak ketemu ama si bikang

    ReplyDelete
  16. sekay admirer8:39 AM

    hayoh.. next penganan...
    pokoke tak tunggu sampe maeman dari solo kluar

    *hohoho*

    ReplyDelete
  17. bikang oh bikang..nyemmm..nyemmm.nyemm

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Rejekine Wong Lemu

Memory Gubeng Pojok

Kisah Cinta Sharukhan dan Spring Bed


Tempat makan lawas, dengan harga ramah di kantong ini salah satunya, Gubeng Pojok. Saya punya memori indah dengan depot satu ini. Ya masa-masa jaman pacaran sama my sharukhan, masa-masa habis nonton bioskop di Mitra, dah gitu kelaparan nyari makan. Ke sini tempatnya. Alasannya, murah bangets, masuklah buat my sharukhan yang pacarnya sekali makan bisa 2-3 piring…hihihi

Seporsinya dulu cuman Rp 8 ribu-an, ngga beratlah kalau saya nambah 2 kali, masih masuk akal. Hihihi..
Tidak ada yang berubah di gubeng pojok, kursi meja suasananya tetep. Yang berubah harganya. Sekarang sudah Rp 11.000,- tapi masih murah seh nurut saya. 


Dari dulu sampai sekarang my sharukhan seleranya tetep. Krengsengan, sama jeruk anget. Wis!. Kalau saya juga tetep, kare ayam, nasi goreng, rawon. Maksutnya habis makan rawon, nambah nasi goreng, kadang kare ayam. Ya maksutnya pancetnya nambah 2 sampai 3 piring getoooo.


Pilihan kita duduk di pojokan, sambil mengenang masa pacaran…cieee c…

Makan Enak, Nyantai di Hotel Berbintang dengan Pemandangan Indah Luar Biasa

Yuks, bro and sis.. tandai kalender kalian, buat bisa berlibur ke sini. Pesan online bayar mudah Pake Traveloka aja, pesan tiket pesawat, booking hotel, perjalanan, traveling. ... Ngga pake mumet, cukup satu ketukan, pembayaran beres….duh, senangnya.

 Bali yang indah seakan tak ada satukata yang bisa melukiskan keindahannya. Bali yang memesona membuat wisatawan selalu datang kembali untuk menikmati pesonanya. Bali yang menawan membuat siapapun akan datang dan membuktikan sendiri cantik dan mengagumkannya sebuah pulau kecil di timur Indonesia ini.
Salah satu keindahan alam yang menjadi magnet wisatawan adalah Pantai Nusa Dua yang berada di ujung selatan Pulau Dewata ini. Pantai ini dikenal dengan pantai terbersih dan cukup nyaman karena tidak secrowded Pantai Kuta. Juga tidak seeksklusif Pantai Seminyak yang memiliki berbagai macam resor dengan harga fantastis.
Di Pantai Nusa Dua ini kamu bisa memilih Grand Nikkosebagai penginapan di Bali. Lokasinya berada di Jl. Nusa Dua Selatan, Benoa, …