Friday, March 02, 2007

Seni A la Jepang

Masakan Jepang, sangat populer seperti tepanyaki, sashimi, sushi dan syabu-Syabu, kini dengan mudah ditemui di berbagai resto. Selain sehat - seimbang antara protein, karbohidrat dan sayur-sayuran, tidak berlemak, segar dan disajikan secara menarik. Berikut adalah istilah –istilah populer dalam menu negeri sakura.

Sashimi yaitu irisan ikan yang dimakan mentah. Dijamin tidak amis, asalkan ikannya masih segar. Sebagai bahan sashimi umumnya ikan salmon. Daging ikan ini sangat lembut di mulut. Daging ikan mentah ini terasa segar dan manis tanpa rasa amis. Di hotel bintang lima dan resto Jepang, umumnya ikan segar ini hanya berumur empat jam saja, setelah itu dibuang !

Sushi adalah nasi sekepal. Nasi agak lengket, yang membuat sushi lebih lengket karena nasi hampir matang dicampur dengan cuka arak beras, gula dan garam. Inilah yang membuat nasi Jepang lebih berbumbu dan gampang dikepal.

Syabu-syabu , jenis bahan direbus termasuk, biasanya begitu uap air sudah mendidih tinggal memasukkan bahan, rebus daging terlebih dahulu, lalu udang, abalon, cumi, oktopus, kepiting (semuanya direbus sebentar) dan terakhir adalah sayuran dan mie karena tidak perlu lama untuk memasaknya.

Yakiniku, sebutan untuk jenis dipanggang. Bahan-bahan seperti cumi dan daging direndam dalam saus kemudian dipanggang. Untuk menyantapnya baik syabu-syabu atau yakiniku terlebih dulu dicelupkan dalam saus. Kemudian dimakan bersama semangkok nasi dengan menggunakan sumpit. Hmm..nikmat.

Bila Anda baru pertama kali datang ke resto Jepang, tidak perlu bingung sebab pramusaji biasanya akan menjelaskan bahan apa saja yang digunakan. Meskipun pada umumnya makanan Jepang identik dengan ikan mentah tapi ada juga yang matang. Ada bisa memilih teriyaki, ikannya jelas matang karena dipanggang.

Sebagai pelengkap hidangan Jepang, ada irisan jahe dan wasabi, rasanya pedas mengigit. Si hijau ini dipercaya mengandung khasiat apalagi jika dimakan bersama sashimi, selain mampu meringankan sakit kepala juga dipercaya sebagai pembangkit gairah.
Ah.. jadi pengen !.

Saya lebih tertarik menikmati menu chicken teriyaki, grilled beef teriyaki, grilled salmon teriyaki, shrimp teriyaki, chickenkatsu, yaki udon, unagi udon dan tempura. Untuk menu ini paling nikmat disantap selagi hangat, rasanya masih renyah. Dalam jangka waktu lebih dari dua jam, tidak gurih lagi..

Di akhir acara santap, untuk minuman alkohol terdapat berbagai jenis sake, yang disajikan panas ataupun dingin. Buat Anda yang tidak bisa minum alkohol pilih saja, ogura ice cream atau macha ice cream, es krim kacang merah atau pilih hangatnya teh hijau yang segar. Mau mencoba ?

12 comments:

  1. Man.. kapan kau ajak aku makan jepang lagi... tapi aslinya aku gak suka,.. tapi pengen.. gmana ya ?? masak kamu yang makan aku yang nelan air liur ;))

    ReplyDelete
  2. sluuuurpppphhhh...... uenak. aku cuma pernah makan makanan jepang ngepop macam hokhokben dan segala fastfood jepang lainnya. blom pernah makan yang mentah2, kepingiiiin...

    ReplyDelete
  3. makanan jepang tuh menarik banget ya,, diliat udah menarik, dirasa juga enak...

    coba hayooo ibu-ibuuu...
    ita sering sering bikin makanan kaya gini,,, dijamin anak-anak pasti suka...

    tapi makanan jepang memborosan uang suhami,,,,

    ReplyDelete
  4. Halah, panganan opo iku? Sik enak baksone Wak Joooooo. Jos Gandhosssss.

    ReplyDelete
  5. nelen air liur lagi dah...
    cleguk...cleguk...

    ReplyDelete
  6. Nasi jepang buat sushi juga rada beda sih sebenernya ama nasi biasa. Lebih pendek2 bulet2, trus waktu dimasak biasapun (sebelum dicampur apa2) itu udah rada lengket, ga kaya nasi dari beras biasa.

    Dan menurutku di Indo ga banyak resto yg bener2 rasa masakannya Jepang asli. Terutama yg fast food2 gitu, rasa masakannya udah disesuaikan ama lidah org Indo, jd rasanya ga orisinil lagi. Kalo ke Jepang beneran deh baru bisa ngerasain bedanya... ehuheuhe...

    ReplyDelete
  7. Waaahhhh, inget jaman waktu alm. kakekku masih hidup.... hampir tiap hari makannya begituan truuusss.....

    Pernah makan di resto, rasanya beda sama buatan sendiri.... tp enak jg sih....

    Kalo mau yg murah, ada HokBen,... :D

    ReplyDelete
  8. Jadi inget sewaktu makan di Hanamasa & Hokben nih, emh..nyam-nyam,Chicken dan salmon kasian tuh, udah dimasak di teriaki lg, jadinya chicken teriyaki hihihi

    ReplyDelete
  9. pokoknya gw suka banget nih ama yang namanya makanan jepang.....

    ReplyDelete
  10. dari gambarnya kliatan enak.. :a yuumm.. jadi pengen nyoba

    ReplyDelete
  11. @novri : entar kalau ada undangan baru aku ajak mbak..sip yo
    @mina: he..he cobain dong
    @Angga : Aku makannya gratisan mbak..hihi* maluw
    @de : Yee..mbak dena dipadano pak Jo..nggak level yooo...
    @laksono: ojo ngono to pak
    @helen : bener tuh apalagi yang fast food rasanya beda banget..bangett
    @Iko : lho ada darah jepang beneran tokh ?
    @hery : diteriyaki wakaka...belon bayar kaleee
    @azhar: yemm.yyemm...
    @angel : bener kok yummy

    ReplyDelete
  12. makanan Jepang yang ga mentah tu uenak BGT...tapi itu bagiku...hehe....
    Coz ga semua orang suka...
    Memang harus disesuaikan dengan selera Indonesia

    ReplyDelete

Liburan ke Bali? Yuk, Kunjungi 7 Tempat Wisata Kuliner Terindah Ini

Bicara kuliner, masakan khas Bali menjadi salah satu yang paling digemari. Apalagi jika tempatnya diselimuti keindahan alam, tentu meng...