Tuesday, February 27, 2007

Lontong Racing

Ada lagunya lho, semanggi Suroboyo lontong balap Wonokromo ….
(Tapi, sekarang di Wonokromo sudah nggak ada lontong balap, sudah jadi Darmo Trade Center)

Ke Surabaya rasanya kurang “Ngeh” gitu kalau nggak sampai mencoba lontong balap. Makanan ini sederhana sekali. Hanya, tauge, tahu goreng, lentho dan siraman bumbu petis yang sedep banget. Sebagai pelengkapnya ada sate kerang. Ukuran kerang tergolong imut –imut, jadi kalau order sama si penjual sudah diikatin 10 tusuk.
Di mana ada lontong balap, di situ pula ada orang jual es degan. Yah, jaga-jaga kalau tidak terbiasa dengan petis, es degan ini bisa jadi penawarnya.

Lalu kenapa namanya lontong balap ? Dulu, banyak penjual lontong balap keliling, nah mereka kalau dorong gerobak kayak orang tergesa-gesa, jadi mirip seperti orang lagi balapan.

Penjual lontong balap yang terkenal, di depan bekas bioskop Garuda di jalan Kranggang. Namanya Pak Gendut (believe or not, orangnya kurus banget lho ). Sampai malam hari juga masih rame jualannya. Dan yang nggak kalah ramai, yaitu lontong balap di jalan Indrapura, jalan Rajawali dan di jalan Raya Gubeng (samping bank BNI).

Ada juga di jalan Veteran deket kantor pos Kebon Rojo. Eh di sini ada kenangannya, dulu sempet demen ama anak SMU sekitar situ, nungguin si –dia , sambil makan lontong balap. Habis di ongkos sih ! soalnya nungguinnya ngabisin satu piring ama 15 tusuk sate, eh ketemunya nggak sampai 2 menit. Itupun cuma bilang “Heii..baru pulang ya ?” Ilang deh duit 5 ribu…
hehehe.

5 comments:

  1. Nah postingan kali ini Iko sukaaaaa..... banggeeeeettt.

    Maknyyyuuusss deh.

    ReplyDelete
  2. Bener2 jagoan makan hehehe,, lontong balap enak banget ya? belom pernah makan nih, kalau kupang lontong sempat makan waktu ke sidoarjo, atau lontong yang biasa itu di kampung namanya lontong apa gak tau, enak juga, ada tauge mentahnya juga, tahu sama kecap gitu deh, gak tau apa bumbunya.

    ReplyDelete
  3. Soul singer10:24 AM

    ..ngilerrr///

    ReplyDelete
  4. Kalau nggak salah aku sudah pernah tuh makan di Pak Gendhut Kranggan, elek-elek ngene aku pernah dadi wong suroboyo loh, nggak percoyo ta?
    Saking senengku sama petis, sampe tak rewangi nggowo petis sidoarjo ke India

    ReplyDelete
  5. Eh kalo yang makan ikut balap juga nggak :D Kalo di rumahku paling ada lontong sayur heheh

    ReplyDelete

Lactogrow Happy Wonderland ; Taman Bermain Impian

Happy bangets, pas ada undangan …. “Ajak anaknya ya….”  Wah, sudah kebayang wajah Si Mala, yang pasti sumringah. Undangan ini da...