Sunday, February 25, 2007

Akhir Sebuah Donat

Tahu nggak nasibnya donat yang sudah tidak laku ...?


Saya tergolong pemuja berat roti yang bolong di tengah ini. Nggak itu donat pasar yang cuman limaratus perak atau donat gaya Amrik yang harganya nyaris enam ribu sebijinya ! Tapi donat yang disiram cokelat cair, atau isian bluberry selalu menjadi pilihan saya …teteupppp !

Ah, lupakan sejenak. Kali ini saya dapat tugas untuk interview dengan pemilik toko donat. Ada JCO donut, Dunkin Donuts, Twins Donut, Primadona Donat, dan tiga gerai lokal donat lain.Yang justru menarik dari liputan donat ini, justru bagaimana mereka “menghabisi” donat yang sudah nggak laku.
Sekedar berbagi cerita, daya tahan donat tidak lama, meski tetap layak dimakan, tapi tekstur rotinya sudah tidak empuk lagi. Setiap gerai mempunyai kebijakan tersendiri, semua tergantung juga dengan kualitas bahan yang dipakai, semakin berkualitas daya tahannya juga tidak lama. Yah, karena itu tadi, kalau fresh from oven dan sudah nginep sehari, pasti beda rasanya. (Jadi nggak heran kalau donat ecek-ecek di pasar makin lama, makin keras, makin siang, makin murah harganya he..he..he).
Ssstt...
kini, saya akan membagi rahasia tentang bagaimana nasib donat yang tersisa.



Nah, di JCO cukup tegas, dengan perhitungan yang rigit dari bahan yang dipakai dan melihat barang yang dijual dapat dikalkulasi berapa donat sisa penjualan. Bahkan donat yang rusak (sedikit peyang gitu), diletakkan tersendiri dan tidak boleh diambil. Pas melongok dapurnya di Pakuwon Trade Center iseng-iseng saya pernah bertanya.

“Khan sayang tuh dibuang, misalnya ada yang mo ngambil boleh nggak ?”
“Nggak boleh mbak, kita benar-benar menjaga mutu ! Barang yang rusak tidak boleh sampai keluar apalagi kalau dijual lagi !” Si manager ini bahkan menuturkan tentang nasib karyawannya yang nekat ngambil lima biji langsung dipecat.
“Lalu bagaimana dengan nasib donat yang tidak laku ini ?"
“Kita setor di kantor pusat, dihitung lalu kita musnahkan ?"
“Bagaimana ?”
“Langung direndam dengan air!” (Mimpes kayak bubur)

Nah, kalau di Dunkin Donuts lain lagi. Sisa donat yang tidak laku ini dipotong –potong kecil lalu dijadikan pakan ternak. Kalau tidak salah, pakan ayam dan pakan ikan lele. (Wuahh…mau dong jadi ikan lele-nya- hiks).
Masih ada cara lain lho. Ada toko yang melelang donat pada dinihari, tepatnya jam 2 pagi ! Donat ini dijual dengan potongan 70 persen. Meski dilelangnya di depan toko tapi toko ini tidak mau menyediakan kota dus atau kresek yang ada label tokonya. Hanya ditempatkan di tenong lalu pembeli yang kebanyakan embok-embok itu memilih dengan sesuka hati. Donat yang berwarna-warni meriah itu lalu diletakkan dalam kotak isi satuan. Nah, paginya walllahhh….siap deh ditemui di pasar Tradisonal.

Saya pernah nggak sengaja menghabisi nyawa donat. Pas pulang liputan, ownernya bawain dua kotak donat. Di tengah jalan hujan deras, dan kebetulan pas bawa sepeda motor. Donatnya kena air hujan, eh terhadang banjir lagi, akhirnya pas di kantor donatnya dah kayak bubur tape…yah apesss'e !.

11 comments:

  1. mau maem dunkin donuts mesti nunggu oleh2 papa rafi dulu :(
    nasib tinggal di desa, hiks

    ReplyDelete
  2. Wah coba kalo donat yg rusak dikasihin aku, bakalan buka warung donat dirumah aku, ditulis toko blacklabel donat hwahaha

    ReplyDelete
  3. Waaahhh, eman2 rek... donat sisanya dibuang, coba kasihin Iko.. mau deh nampungnya, hehehehe....

    ReplyDelete
  4. hahahaha, sama niy postingan kita Jco jugah.. haduh betapa saya sangat menggilai donat yg satu itu.. lembut membelai lidah *halah*.. sayang dsini blum ada gerai Jco, musti nunggu bbrp lama lg ya??

    dl waktu ke sby, bela2in deh menuju pakuwon demi si j.co.. bleh, perjuangan demi mendapatkan jco jauh juga.. hehehehe

    ReplyDelete
  5. Anonymous1:30 AM

    Pantesan..di pasar donat yang colour full itu rada-rada berantakan bentuknya. Asik nih infonya???

    - Nidya-

    ReplyDelete
  6. Aduh emane donat Jco iku...aku gelem nyem..nyem..nyem...

    ReplyDelete
  7. pengumuman,
    saya: ANGGAUZZ
    menerima limpahan donat
    baik yang produk gagal ataupun asli
    yang di restoran atau di pasaran
    dijamin langsung dimakan,,,,
    heheheh
    daripada dikasihin ke ikan lele mendingan buat ngegemukin saya,,,

    ReplyDelete
  8. donat koq biasa wae... aku lebih seneng bakso...nyam..nyam...

    ReplyDelete
  9. aku malah suka donat yang gak bolong, yang tripel coklat punyanya Dunkin (habis gak pernah ke JCo sih).
    btw, liat gbr kotaknya JCo, mereka mengemasnya horisontal gitu ya? kalau Dunkin kan nyusunnya vertikal gitu, jadi nempel2 toppingnya :(

    ReplyDelete
  10. Bener emang biasa dibuang kalo sisa... temenku dulu pernah kerja di toko donat di amrik, trus pas sisa pikirnya sayang kan dibuang. Dia ambil bbrp untuk dikasihin ke gelandangan2 gitu, ealah kena marah dah dia...

    Dipikir2 sayang juga ya, wasting food kaya gitu... tp ya memang kalo dr business perspective, kalo ga dibuang, nanti org2 pada ga mau beli, cuma pada nunggu sisa2 yang gratisan... Apalagi mengingat budaya org Indo yg ga mau rugi. Bisa2 ga ada customer beneran, nunggu sisa doang semua. hauhauhua.. serba salah deh

    ReplyDelete
  11. pengen JCO... pengen JCO.. pengen JCO... Gajian masih lamaaaa... Hiks!

    ReplyDelete

Lactogrow Happy Wonderland ; Taman Bermain Impian

Happy bangets, pas ada undangan …. “Ajak anaknya ya….”  Wah, sudah kebayang wajah Si Mala, yang pasti sumringah. Undangan ini da...