Monday, January 15, 2007

Ya Rujak....Ya Soto

Upss…lama nggak posting, yah maklumlah lagi dikerjar deadline. Masih ada hutang empat tulisan soal cafĂ© dan resto baru, tiga liputan kuliner dan satu majalah golf ( ini panjang critanya…) Well, menginjak tahun babi kok kerjaan makin gemuk aja. Udah..ah ini ada rujak soto...

Bagi orang Surabaya rujak cingur tentu bukan makanan asing di lidah. Makanan ini sepertinya sudah menjadi identik dengan kota pahlawan ini. Demikian juga dengan soto, sangat mudah ditemukan. Rujak cingur memang enak, soto babat juga tidak kalah nikmat. Lalu bagaimana jika kedua hidangan ini menjadi satu ? Jadilah rujak soto, makanan khas kota paling timur Pulau Jawa, Banyuwangi.


Di negeri Blambangan, rujak soto kebanyakan dijual di warung-warung. Warung yang terletak di depan Stadion Diponegoro di bilangan Jaksa Agung Suprapto Banyuwangi adalah salah satu yang terkenal. Rujak soto merupakan paduan rujak cingur dan soto babat, tapi rujaknya berbeda dengan rujak cingur Surabaya. Selain tidak memakai cingur perbedaan lain terletak dari petis yang digunakan. Petisnya terasa keset dan lebih nikmat dibandingkan petis biasa. Untuk sotonya, mirip soto Madura tapi hanya menggunakan daging babat saja. Saat disajikan, rujak soto tak jauh ubahnya seperti rujak yang disiram soto. Ditambah taburan kerupuk mlinjo dan kerupuk udang menjadi makanan ini makin gurih. Hmm….

Soal kombinasi makanan menjadi satu, rujak soto bukan satu-satunya, karena masih ada hidangan campur-campur khas Banyuwangi lainnya yaitu : Pecel Rawon, Pecel Kare, dan Rujak Bakso (ngga kebayang deh bakso maem ama petis ). Ayo..ayo sempatkanlah mencicipi hidangan two in one ala Banyuwangi ini.

Foto : An Kusnanto
Penjual Rujak Soto di Sini Tempatnya :
Warung Mbok Ida
Jl. Jaksa Agung Suprapto (depan Stadion Diponegoro) Banyuwangi
Depot Prima Putra, Jl. KH Agus Salim Banyuwangi
Warung Mbok Mus, Jl. Musi Banyuwangi
Warung Mbok Yayah, Jl. Musi Banyuwangi
Depot Prima Rasa, Jl. KH Asyari Banyuwangi

10 comments:

  1. Pecel Rawon, Pecel Kare, dan Rujak Bakso (nggak kebayang deh bakso maem ama petis ). Ayo..ayo sempatkanlah mencicipi hidangan two in one ala Banyuwangi ini.
    Sing iki rung tau nyoba, traktir po'o

    ReplyDelete
  2. bener wis. pokoknya kalau ada pembunuhan gara-gara imajinasi tak terbendung, maka korban pertama adalah kreator blog ini. mboh, gak eruh!!!

    ReplyDelete
  3. wwoow, pokoke mak yuuus, rasane!
    apalagi kalo dimakan pake sambel/lombok gerus pedes banget, wuih sampe doeh/ doble/ memble ato bahasa Banyuwangene (Using)"Bengoren" uenak tenan!
    thanks yo Mba La Mendol

    eh iya ada satu lagi msakan campur Banyuwangi, yg mungkin cuman satu2 di BWI yaitu Bakso soto terkenal dgn bakso setan solae sing dodol jengene Pak Syaiton, penasaran?... ntar kalo aku pulang ke banyuwangi (omabe Embah)coba tak liput yo, n tak posting!

    ReplyDelete
  4. Koq aku jadi laapppeeerrr yaaaa???

    ReplyDelete
  5. enak gak mbak ? lek di campur gitu opo gak eneg mbak?
    lek ditraktir gelem aku :D

    ReplyDelete
  6. mbak, rujak di buat soto??? emang enak mbak?? jadi pengen nyobain... ^_^

    ReplyDelete
  7. Kalo aku ke Surabaya mau kontek dikau ah biar bisa jalan2 sambil makan hehehe.

    ReplyDelete
  8. la aku meh bukak rujak es krim di surabaya wis akeh rung mbak manda? ning jogja soale akeh tenan je, ning bdg belum ada sih

    ReplyDelete
  9. Aduh bener-bener deh - tiap kali mampir ke warung yang ini - gua bener2 "ngacai" (baca: Ngiler sampe ngeces) liatin foto makanan itu..

    Udah sih nyoba bikin - masak sendiri kok rasanya tetep bau kelek yah?

    udah deh nunggu mudik aja dan makan jajanan sepuasnya..

    Nuhun pisan buat artikel2nya biar nggak lupa kampung halaman...
    -------------
    Hugs and kisses from West Africa, indeed!

    PS: My old blogsite, I decided to be active again, feel free to pass by..

    ReplyDelete
  10. Untuk

    dena: traktirnya jauh dong ke Banyuwangi
    kartun Indonesia : Bos'e ampun..ampunn.
    Iko : bawaannya kok laper terus ??
    laksono : awalnya emak aneh tapi enak juga seh..he..he
    execute : kontek aku ? boleh..boleh
    triadi : rujak es krim ? gimana modelnya
    Luigi : yang dimasak keleknya siapa ? kok bau kelek ?

    ReplyDelete

Lactogrow Happy Wonderland ; Taman Bermain Impian

Happy bangets, pas ada undangan …. “Ajak anaknya ya….”  Wah, sudah kebayang wajah Si Mala, yang pasti sumringah. Undangan ini da...