Wednesday, January 03, 2007

Klepon Gempol Tergusur Lumpur

Semenjak kasus melubernya lumpur Lapindo, para pedagang klepon mulai gigit jari.

Dulu, saat tol Surabaya – Malang begitu lancarnya. Begitu keluar dari pintu tol Gempol, tampak berderet bedak-bedak penjual jajanan. Ada kerupuk pasir, tape dan aneka makanan lainnya. Di beberapa bedak juga terdapat papan yang tertulis, di sini sedia klepon, cenil, jongkong dan lupis. Kawasan Gempol kemudian lebih dikenal sebagai pusat klepon.

Klepon Gempol bentuknya lonjong seperti buah jambu berwarna hijau muda, bentuknya yang unik menggoda orang untuk mencicipi. Di sini para pembeli bisa menyaksikan proses pembuatan, sambil menunggu pesanan kleponnya matang.

Waktunya juga tidak lama hanya lima menit saja sebab penjual biasanya klepon sudah dibentuk dan tinggal memasukkan kedalam air mendidih. Paling enak memang selagi hangat, tapi harus hati-hati sebab gulanya kalau sudah pecah di mulut, Wah panasnya bukan main.

Klepon gempol rasanya pun juga berbeda. Karena manisnya seperti madu. Rahasianya, kalau klepon biasa, umumnya diisi irisan gula merah, maka klepon gempol diisi campuran gula merah dan gula pasir yang sudah dicairkan terlebih dahulu.
Warna hijaunya juga berbeda, terlihat lebih muda, sebab menggunakan air perasan daun pandan.


Melihat sekilas cukup mudah membuat klepon, adonannya dibuat dengan mengaduk tepung ketan, dengan air daun pandan sedikit demi sedikit. Setelah diuleni adonan dibulatkan sebesar kelereng. Lalu, diisi cairan gula. Setelah itu dimasukkan dalam panci berisi air mendidih. Tunggu sampai klepon mengapung, lalu digulingkan dalam parutan kelapa.

Sekarang, lebih dari 7 bulan, penjual klepon meratapi seretnya rejeki. Yah, semenjak bobolnya tanggul dan melubernya lumpur. Para pengendara memilih mencari jalan alternatif. Dan legitnya klepon gempol mulai hilang terbenam dalam lumpur.

8 comments:

  1. Mudah2an bisa segera pulih yah dan si pedagang kelepon itu bisa dikasih rejeki yang barokah lainya sebagai ganti. (Amin!)

    Wah ini kelepon bikin ngiler aja nih...disini mah mana ada kelepon..

    ReplyDelete
  2. wah jadi semangat postingnya... wes gak mlorot soale he..he..

    ReplyDelete
  3. waddduuuhhh kleponnya menggiurkan,...

    ReplyDelete
  4. Kriiiiiiing.... ada kelepon tuh, angkat dong :D :D :D

    Jadi pengen nih, tar sore abis pulang kerja mampir dulu ah cari kelepon.

    ReplyDelete
  5. main donk ke sini
    http://www.the-outcasts.com/forum/viewforum.php?f=38&sid=8638a3d33d2f7ba8632c2bfe4010d06f

    ReplyDelete
  6. kepanjagan ya , ok tak pendekin url nya menjadi:

    http://tinyurl.com/yctvnk

    ReplyDelete
  7. KLEPOOOONNN...nyam..nyam.. bikinin aku klepon dunk mbak, hehehe ^_^

    ReplyDelete
  8. judulnya kok sedih gethu say. kek pengsuran2 para PKL di Jakarta

    ReplyDelete

Lactogrow Happy Wonderland ; Taman Bermain Impian

Happy bangets, pas ada undangan …. “Ajak anaknya ya….”  Wah, sudah kebayang wajah Si Mala, yang pasti sumringah. Undangan ini da...